Makanan Ikan Neon Ini Bikin Ikanmu Sehat Dan Cepat Besar

Kalau kamu masih pertama coba memelihara ikan, maka memang ikan yang tepat untuk kamu pelihara adalah ikan Neon. Apalagi ikan ini punya warna yang mempesona, berbeda dibanding ikan air tawar yang lain. Supaya ikan neon yang kamu pelihara bisa sehat dan hidup untuk waktu lama, maka kamu perlu memperhatikan makanan ikan neon tersebut. Jangan diberi sembarangan.

rombongan ikan neon di akuarium

Makanan utama

Kalau kita kilas balik semasa ikan neon di habitatnya, ikan ini memakan serangga. Memang serangga merupakan makanan utamanya.

Ikan ini adalah jenis omnivor.

Contoh makanan yang dapat kamu beri yakni lalat buah yang tanpa sayap, cacing darah kering beku, cacing darah hidup juga boleh.

Kamu pun harus beri alga untuk makanan tambahannya, baik alga yang masih hidup ataupun alga yang sudah dikeringkan, pelet ikan, dan artemia. Boleh artemia yang hidup ataupun yang sudah kering beku.

Kalau ada waktu luang kamu bisa cari makanan ini sendiri di alam bebas. Tetapi kalau tak mau repot ya langsung saja beli di toko pakan ikan atau toko hewan.

Makanan untuk membantu proses pencernaan ikan

Juga jangan lupa memberikan makanan ikan neon yang dapat membantu proses pencernaan ikan. Jadi tidak berhenti dengan makanan-makanan di atas itu aja.

Belilah kacang polong beku untuk kamu beri ke neon tetra. Jangan lupa kacang polong beku itu harus yang sudah dikupas dan dicairkan. Jadi bukan kacang yang edamame dengan kulitnya itu.

Pelet serbuk ikan hias

Nah untuk kamu yang senang instant-instant boleh nih membeli pelet serbuk. Pelet serbuk untuk makanan ini dijual secara bebas di toko online.

Selain toko online, juga banyak dijual di toko hewan. Harga pelet serbuk ini murah sekali, kurang lebih 4100 Rupiah saja / botol kecil.

Sebenarnya tidak hanya cocok untuk ikan neon saja. Tetapi pakan ini juga cocok untuk ikan kecil yang lain.

Jadi semisal kamu juga memelihara ikan cupang contohnya. Tidak usah beli pakan lagi. Cukup pakai pakan yang sama ini. Lebih hemat dan praktis kan.

Oh iya, informasi untuk kamu yang memutuskan membeli pakan ikan jenis ini. Jadi kamu beri pakannya jangan banyak-banyak. Sesuaikan berapa jumlah ikan neon yang kamu pelihara.

Pastikan pakan yang diberikan habis dalam waktu 3 hingga 5 menit. Supaya pakan tidak bersisa dan tidak menyebabkan air aquarium jadi kotor. Karena kalau sudah kotor mau tidak mau harus kamu kuras supaya ikan tidak mati.

Pakan selingan – Cacing Sutra

Kalau yang ini memang merupakan makanan ikan neon yang sangat disukai oleh ikan Neon. Apalagi termasuk pakan hidup.

Tetapi kelemahan dari menggunakan pakan cacing sutra yakni musiman.

Kalau musim hujan tiba cari cacing sutra sangat susah. Karena itu cocoknya dijadikan pakan selingan saja. Kalau sudah tiba musimnya dan banyak yang jual baru deh ikanmu dikasih cacing sutra ini.

Seller online biasa menyebut cacing sutra ini dengan nama “Casut” dan dijual plastikan atau per gelas plastik. Harganya kurang lebih 10 ribuan / gelas atau per plastik.

Artemia

pakan alternatif ikan neon ikan amazon ikan kecil aquarium

Selain dikasih cacing sutra. Pakan yang lain yang juga kami rekomendasikan adalah Artemia.

Apaan sih artemia ini? Buat kamu yang belum tahu, jadi Artemia ini adalah sejenis organisme berupa udang renik. Kalau dalam bahasa Inggris disebut dengan “Brine shrimp”

Sama seperti cacing sutra. Artemia juga dijual online dan di toko hewan terdekat di kota kamu.

Yang paling laris untuk kategori produk Artemia adalah merk Supreme Plus. Tapi biasanya dijual dalam ukuran besar.

Jika kamu masih tidak punya duit untuk beli yang ukuran besar, beli saja yang repack tuh. Ada juga kok tetapi harganya kalau ditotal ya lebih mahal. Cuma enaknya kan bisa beli sedikit-sedikit.

Untuk harga repack yang 10 gram itu Rp 25.000,- dan ini belum termasuk biaya ongkos kirim ya.

Tambahan informasi

Berapa kali sebaiknya kamu memberi neon tetra pakan?

Idealnya supaya tumbuh kembang ikan tidak terganggu adalah 2 – 3 Kali / Hari.

Mengapa neon tetra kamu tidak mau makan?

Terkadang di permukaan air aquarium sudah ada makanan. Tetapi kamu penasaran mengapa ikannya tidak ada yang mau makan dan makanan tersebut dibiarkan saja? Apa ikan-ikannya tidak merasa lapar, atau sedang sakit?

Bukan! Ternyata neon tetra itu termasuk jenis ikan yang penakut. Mereka terlalu takut muncul di permukaan air, walaupun untuk makan.

Selain karena takut bisa juga karena ikan tak melihat makanan di permukaan air aquarium.

Lalu solusinya bagaimana? Masa harus disuapin ikannya? Hehe. Kamu cukup memakai jaring makanan. Gunakan jaring tersebut untuk membawa makanan supaya dekat dengan ikannya.

Beri Komentar