Makanan Lobster Air Tawar

Selain untuk di konsumsi ternyata ada beberapa jenis lobster air tawar yang cocok untuk dipelihara di akuarium karena memiliki warna yang cerah dan bagus. Agar tetap sehat maka perlu makanan lobster air tawar yang sesuai dengan kebutuhannya.

makanan lobster air tawar

Lobster ini pada dasarnya tergolong bersifat Omnivora jadi pemakan segala dan dapat memakan semua jenis makanan yang berada di daerah sekitarnya.

Namun ada beberapa makanan yang di rekomendasikan agar lobster tetap tumbuh dengan sehat dan juga memiliki warna yang bagus.

Makanan lobster air tawar

Dan berikut ini adalah 4 makanan lobster yang patut kamu berikan untuk lobster kamu :

Sayur dan umbi-umbian

Kamu dapat memberi kan makanan dari unsur nabati seperti sawi, wortel, toge, singkong, ubi jalar, jagung muda, daun ketela, ketela pohon dan lain sebagainya.

Untuk yang tidak bisa tenggelam bisa kamu rebus dahulu dan di potong atau di iris tipis agar lobster kamu mudah untuk memakannya.

Seperti yang kita ketahui , tumbuhan dan umbi-umbian memiliki kandungan yang bagus untuk pertumbuhan lobster.

Tanaman Air

Lobster air tawar juga doyan dengan tanaman air seperti enceng gondok, selada air, dan tanaman air lainnya. Untuk mendapatkan tanaman air ini menurut saya cukup mudah.

Karena suka memakan tanaman air jangan masukkan lobster di wadah aquascape yang ada tanaman air nya nanti malah habis dimakan semua.

3. Daging

Selain dari unsur tumbuhan lobster juga menyukai makanan yang dari daging-dagingan seperti contohnya kutu air, jentik nyamuk, cacing darah, keong mas, cacing tanah, udang, ikan mati dan lain sebagainya.

Hampir semua daging bisa kamu berikan ke lobster kamu. Namun untuk ukuran daging yang besar sebaginya dipotong kecil-kecil dahulu.

4. Pakan buatan / pelet

Ada juga pakan buatan khusus untuk lobster air tawar ini . Bentuknya seperti pelet ikan hias pada umumnya.

Disarankan dalam memberikan makanan untuk lobster jangan satu jenis saja, bergantian dari tumbuhan, daging, pelet . Hal ini di maksudkan agar lobster tidak bosen dengan satu jenis makanan saja.

Tips dalam pemberian pakan lobster :

  1. Berikan beberapa jenis pakan diatas dengan bergantian agar lobster mendapatkan semua kandungan dan gizi dari berbagai makanan.
  2. Jangan terlalu banyak memberi pakan, takaran dalam pemberian pakan di sesuaikan dengan jumlah dan ukuran lobster.
  3. Sehari cukup 2x saja dalam pemberian pakan. Pagi dan malam, untuk malam hari pemberian pakan porsinya lebih banyak dibanding dengan pagi hari.
  4. Jangan sering memberi pakan pelet karena makanan yang paling baik adalah pakan alami.

Makanan untuk benih lobster

Benih lobster biasanya di pelihara di dalam kolam pertumbuhan. Untuk tips pemberian pakan sebagai berikut :

  1. Karena masih kecil, cukup berikan cacing sutra. Karena sangat bagus untuk pertumbuhannya.
  2. Jangan memberikan pakan buatan untuk benih lobster
  3. Pemberian pakan juga 2 kali sehari, pagi dan sore menjelang malam. Untuk porsi sore 2x lebih banyak dari yang pagi karena lobster lebih aktif di malam hari.

Nah itulah beberapa makanan lobster air tawar dan tips dalam pemberian pakannya. Bisa diterapkan untuk lobster konsumsi ataupun lobster untuk dipelihara sebagai ikan hias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *