Makanan Untuk Ikan Discus Agar Sehat dan Cepat Besar

Memelihara ikan discus memang harus diperhatikan. Sebab ikan hias ini ialah salah satu tipe ikan yang sensitif serta gampang sakit dan stres. Stres pada ikan satu ini dapat sebab keadaan akuarium yang kurang bersih ataupun bisa jadi kurang besar.

Sebab ikan discus ini hidupnya berkelompok yang memerlukan ruangan yang cukup luas. Tidak hanya disebabkan oleh kondisi akuarium tersebut, tak jarang juga masalah yang terjadi dalam memelihara ikan discus adalah masalah tentang makanan untuk ikan discus.

ikan discus

Makanan untuk ikan discus ini tidak boleh sembarangan, baik dari segi tipe makanannya, ataupun metode pemberian makanannya. Makanya bila kita mau memelihara ikan hias discus, lebih baik kita ketahui dahulu makanan yang cocok untuk ikan hias ini.

Jenis Makanan Untuk Ikan Discus

Setidaknya ada 2 jenis makanan untuk ikan discus ini, yaitu makanan alami dan makanan buatan yang di buat manusia dengan kandungan tertentu untuk menyukupi kebutuhan nutrisi dari ikan discus.

Daftar Makanan Alami Untuk Ikan Dicsus Yang Baik

Insuforia dan rotifera ialah hewan mikro organisme yang wujudnya sangat kecil yang cocok dijadikan makanan buat ikan discus yang fisiknya mungil dan mempunyai mulut yang kecil. Makanan ini sangat cocok untuk ikan discus yang masih kecil.

Kudu Air, untuk jenis makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi pastinya, karena hampir semua jenis ikan hias sangat menyukai makanan kutu air ini.

Kamu tidak perlu mencari kutu air ini di selokan, di sungai dan sebagainya karena kutu air sudah mudah kamu beli di toko penjual ikan hias harganya pun juga cukup terjangkau.

Cacing Sutera, selain kutu air makanan yang populer untuk ikan hias adalah cacing sutera. Selain bentuknya yang kecil dan mudah dicerna oleh ikan discus, kandungan protein dan lemak dari cacing sutera juga bagus untuk pertumbuhan dari ikan discus sendiri.

Cacing Darah, cacing darah adalah larva lalat yang mengalami pembusukan yang gagal pas mengalami proses metamorfosis sehinggal mengeluarkan cacing. Kandungan dari cacing darah ini juga sangat bagus untuk ikan discus kamu, dan sudah banyak juga yang menjual cacing darah ini. Kamu bisa membelinya dalam bentuk fresh masih hidup ataupun yang sudah dibekukan.

Telur Udang / Lobster, kamu juga dapat memberi makan ikan discus kamu dengan telur udang atau lobster. Biasanya telur ini dijual dalam bentuk yang sudah dibekukan dikarenakan telur mudah sekali busuk.

Kebanyakan yang dijual adalah telur udang galah, selain untuk proses pertumbuhan ikan discus kandungan dari telur ini juga dapat membuat warna ikan discus kamu lebih bagus dan lebih cerah.

Daftar Makanan Buatan Untuk Ikan Discus

Tak hanya makanan alami yang bisa kamu berikan ke ikan discus kamu, ada juga makanan buatan untuk ikan discus. Banyak juga yang memilih lebih suka pakai makanan buatan dikarenakan lebih tahan lama serta mudah disimpan.

Tetapi saya sarankan untuk tidak memberinya terlalu sering, makanan buatan hanya cocok sebagai makanan selingan karena makanan buatan dalam menghambat pertumbuhan dari ikan discus kamu.

Burger ikan discus, ini adalah jenis makanan yang diolah dari beberapa bahan yang bernutrisi, vitamin, protein, mineral, sedikit karbohidrat.

Perlu diketahui bahwa ikan discus tidak boleh diberi makanan yang mengandung banyak karbohidratnya, karena bisa gemuk dan memperpendek umur dari ikan discus kamu. Biasanya burger ikan discus ini terbuat dari bahan seperti jantung sapi, ikan tuna atau salmon, udang dan sebagainya.

Tips Memberikan Makanan Ikan Discus

Dalam memberi makanan untuk ikan discus disarankan untuk dicampur atau dikombinasikan dengan makanan alami, hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan dari ikan hias ini tetap terjaga.

Selain itu juga waktu memberikan makan ke ikan discus juga tidak boleh terlalu banyak, untuk jenis makanan yang baru dan belum pernah dikasih ke ikan discus sebaiknya diberi sedikit demi sedikit. Usahakan dalam makanan jangan sampai banyak sisa lebih bagus lagi jangan sampai sisa dan dalam memberi makan juga harus teratur jangan sampai telat dalam memberikan makanan untuk ikan discus kamu.

Beri Komentar