Mancing Ikan Lele dengan Jitu dan Umpan Terbaik

Bagi sebagian orang memancing tidak hanya sekadar hobi. Aktivitas ini menjadi salah satu penghilang stres paling ampuh, meskipun tidak jarang pemancing menjadi emosi jika gagal menangkap buruan.

mancing ikan lele

Namun perasaan senang ketika berhasil menjebak ikan yang memakan umpan sungguh mengasyikkan. Salah satu jenis ikan yang sering dijadikan sasaran memancing adalah ikan lele. Berikut serba-serbi mancing ikan lele yang perlu diketahui oleh para pecinta mancing.

Trik Handal Mancing Ikan Lele

Ikan lele adalah jenis ikan yang nokturnal, yakni lebih aktif pada malam hari. Apalagi jika hidup di habitat alaminya, ikan lele menjadi agresif dalam mencari makan saat malam hari. Justru sebaliknya, ketika siang, ikan lele lebih suka bersembunyi di balik tempat yang gelap dan teduh. Namun kondisi ini tidak akan ditemui pada lele di tempat-tempat pemancingan. Ikan lele hasil budidaya akan gesit mencari makan baik saat siang maupun malam. Berikut trik khusus dalam memancing ikan lele secara handal.

Perhatikan Umpan Lele

Faktor paling utama yang berpengaruh terhadap hasil pancingan adalah jenis umpan. Lele bukanlah ikan yang pilih-pilih dalam hal makanan, sehingga lebih mudah untuk memilih umpan. Yang paling sering digunakan biasanya cacing tanah, telur semut, serangga, atau ulat. Selain itu bisa juga membuat umpan secara sendiri dengan bahan yang bervariasi. Jika ingin yang praktis, dapat pula menggunakan pelet lele yang telah dicampurkan dengan bahan lain.

Perhatikan Peralatan Memancing

Tidak hanya umpan jitu ikan lele, pancing yang digunakan pun harus diperhatikan. alat pancing yang baik dapat menangkap sasaran dengan cepat dan handal. Anda dapat menggunakan alat pancing modern ataupun membuat sendiri. Jika membuat sendiri, jangan memilih benang pancing yang warnanya terlalu terang. Hal ini agar ikan lele tidak terganggui sehingga enggan memakan umpan.

Pilih Tempat yang Potensial

Sekalipun Anda akan memancing pada tempat budidaya, pilihlah spot yang tepat. Ikan lele biasanya senang bersembunyi pada lubang-lubang di pinggiran kolam. Selain itu, ikan lele biasanya bersembunyi pada gundukan lumpur. Spot tersebut memang paling tepat jika lele ingin melarikan diri dari ancaman. Oleh karena itu, pilihlah tempat-tempat yang dirasa potensial, agar bisa mendapatkan banyak tangkapan.

Rahasia Umpan Jitu Ikan Lele

Agar bisa menjerat banyak sasaran ikan lele, ternyata ada rahasia di balik umpan yang digunakan. Tidak sembarang umpan bisa dipakai, karena harus mengedepankan apakah ikan lele tertarik dengan umpan tersebut atau tidak. Umpan rahasia ini dapat berupa makanan alami ikan lele, bisa juga berupa kombinasi bahan yang diolah sendiri. Berikut beberapa jenis umpan yang ampuh digunakan dalam memancing ikan lele.

Cacing

Cacing adalah umpan alami yang paling banyak dipakai untuk memancing. Hewan kecil satu ini menjadi favorit ikan-ikan, sehingga paling sering digunakan oleh para pemancing. Terdapat beberapa jenis cacing yang diyakini menjadi kesukaan ikan lele, di antaranya cacing merah, cacing kobra, serta cacing lur. Cacing yang dikaitkan pada ujung kail kemudian bergerak-gerak di dalam air akan menjadi pemandangan indah yang menarik ikan lele mendekat.

Kecebong

Umpan mancing ikan lele lain yang banyak digunakan adalah kecebong. Katak kecil ini merupakan makanan alami ikan lele. Jadi ketika Anda memasang kecebong pada ujung kail, secara otomatis ikan lele akan tertarik mendekat. Bentuk kecebong yang unik pun akan memikat ikan lele secara alamiah. Pemancing pun meyakini untuk bisa menangkap ikan lele jumbo lebih mudah menggunakan umpan kecebong daripada umpan lain.

Reptil Bakar

Reptil kecil seperti kadal dan cicak ternyata juga bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan lele. Pilihlah reptil yang masih berukuran sangat kecil. Anda bisa mengumpankan secara langsung ataupun membakarnya. Pemancing meyakini bahwa reptil yang dibakar lebih mampu menarik ikan lele, sehingga olahan bakar reptil pun semakin banyak dipakai sebagai umpan.

Daging

Sejatinya, ikan lele termasuk predator yang tergolong karnivora. Oleh karena itu secara otomatis menyukai daging. Apapun jenis daging bisa Anda gunakan sebagai umpan, mulai dari daging ayam, kambing, bahkan sapi, ikan lele akan menyukainya. Jika menggunakan umpan daging lebih baik dalam kondisi masih segar, agar lele semakin tertarik dengan aroma yang menguar.

Ikan Kecil

Umpan jitu ikan lele selanjutnya adalah ikan kecil. Pada habitat alaminya di kolam, ikan lele akan memakan ikan-ikan yang berukuran lebih kecil. Ikan lele memang kanibal, saat Anda mengumpankan ikan kecil segar pada ujung kail dengan senang hati lele akan menyambar dan menyantapnya. Umpan ini pun dipercaya bisa menarik keluar ikan lele yang berukuran lebih besar. Contoh ikan kecil yang digunakan seperti ikan kali.

Usus Ayam

Tidak hanya manusia yang suka dengan olahan usus ayam, ikan pun demikian. Nyatanya usus ayam juga dapat digunakan sebagai umpan pancingan lele. Namun tidak semua orang berkenan memberikan usus ayam hanya untuk diberikan kepada ikan, kecuali jika memang mancing mania. Usus ayam mempunyai aroma dan kandungan yang sangat memikat indera lele, sehingga mendekat ke arah kail.

Serangga Kecil

Serangga kecil yang umumnya dijadikan sebagai umpan lele seperti orong-orong atau jangkrik. Anda hanya perlu mengaitkan serangga kecil pada ujung kail atau menjeratnya dengan tali agar tidak lepas. Pilihlah serangga yang ukuran tubuhnya masih kecil agar lebih mudah ditangkap. Ikan lele pun akan lebih tertarik jika ukurannya tidak terlalu besar, sehingga bisa langsung disambar.

Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Lele Secara Mudah

Jika Anda ingin membuat umpan mancing ikan lele, bahan-bahannya cukup mudah dan bisa didapatkan di sekitar. Jenis-jenis umpan ini berbeda sesuai sasaran tangkapan. Misalnya, jika Anda ingin menangkap lele galatama, maka racikan umpan yang bisa dibuat berasal dari kuning telur, pelet lele, tepung ikan teri, serta bawang putih dengan tambahan esens lain yang diperlukan. Campurkan seluruhan racikan bahan itu dengan komposisi seimbang, kemudian jadikan satu menjadi umpan utuh.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan racikan lain. Ada pula yang menggunakan bahan usus ayam, pelet, dan campuran esens. Cara membuatnya hampir sama, hanya perlu tambahkan bungkus indomie sebagai tempat adukan.

Umpan ini akan beda lagi jika sasarannya lele bias di kolam pemancingan. Anda bisa mengaitkan langsung umpan hidup yang masih segar pada ujung kail. Lele pemancingan lebih suka dengan umpan segar daripada olahan. Namun ada kalanya, umpan ini diolah terlebih dahulu dengan cara dibakar agar menimbulkan bau menyengat. Ikan lele dipercaya lebih tertarik pada aroma umpan yang menyengat. Itulah serba-serbi seputar mancing ikan lele yang wajib diketahui oleh para mancing mania. Aktivitas memancing butuh kesabaran, sehingga tidak bisa dilakukan dengan gegabah. Pada dasarnya, memancing adalah persoalan taktik. Siapa yang akan terkecoh lebih dulu, ikan atau pemancingnya. Oleh karena itu, sebelum memancing pastikan Anda telah mempunyai langkah jitu agar bisa mendapatkan hasil tangkapan berlimpah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *