Cara Cepat Memanjangkan Ekor Ikan Cupang

Cupang hias memiliki beberapa kelebihan, salah satunya dari ekornya. Maka dari itu banyak orang yang menjaga dan memanjangkan ekor ikan cupang agar terlihat indah.

Buat kita para pecinta ikan hias khususnya ikan cupang pasti sangat penting menjaga ekor ikan cupang agar tetap bagus. Apalagi kalau ekor ikan cupang panjang dan saat ikan dalam mode menyerang bentuk indah dari ekor ikan akan terlihat jelas. Namun untuk merawat agar ekor ikan cupang bisa panjang dan tetap bagus harus dengan perawatan yang tepat.

ekor ikan cupang serit yang indah dan bergoyang
Ikan Cupang Serit

Ada banyak faktor ekor ikan cupang menjadi rusak selain karena di adu dengan ikan cupang lainnya ekor ikan cupang juga bisa rusak karena banyak hal seperti saat kita memindahkan ikan ke tempat lain menggunakan tangan, atau bisa juga jika ikan cupang sangat lapar dia juga suka menggigit ekornya sendiri sehingga bisa sobek ekornya.

Memanjangkan Ekor Ikan Cupang Dengan Mudah

Maka dari itu kamu harus memberi makan ikan cupang secara rutin setidaknya 3 kali dalam satu hari, tapi jangan terlalu khawatir kalau ekor ikan cupang kamu rusak karena ekor ikan cupang bisa tumbuh lagi apalagi kalau kamu tahu beberapa cara untuk mempercepat pertumbuhan ekor ikan cupang kamu.

Nah pada kesempatan ini saya akan share beberapa tips untuk mempercepat pertumbuhan ekor ikan cupang kamu yang lagi rusak, sebenarnya gampang kok caranya asal kamu mengikuti cara ini dengan benar.ekor ikan cupang robek

Cara Cepat Memanjangkan Ekor Ikan Cupang

  1. Gantilah air ikan cupang kamu setiap hari, hal ini bertujuan karena air yang bersih akan memancing pertumbuhan ekor ikan cupang kamu lebih cepat, selain itu saat ekor ikan cupang sedang rusak rawan sekali terkena jamur dengan mengganti air setiap hari juga bisa mencegah ikan cupang dari serangan jamur.
  2. Berikan Endapan daun ketapang pada wadah ikan cupang kamu, tentunya endapan daun ketapang sudah diproses dahulu. Jika kamu belum tahu kamu bisa baca di (Cara Proses Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang Yang Benar) jika daun ketapang belum di proses maka efeknya kurang begitu sempurna.
  3. Tambahkan sedikit garam pada wadah ikan cupang, garam ini berfungsi sebagai penyeimbang osmosis dalam tubuh ikan cupang. Cukup dengan menambahkan garam sedikit saja jangan terlalu banyak
  4. Berilah makanan yang banyak gizinya, agar proses pertumbuhan ekor ikan cupang lebih efektif saran saya berilah makan ikan cupang dengan kutu air atau jentik nyamuk karena sudah terbukti bahwa makanan alami itu mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh ikan kamu.
  5. Selain dengan cara alami kamu juga bisa membelinya obat di toko ikan hias, kamu bisa memberinya metil biru dan sebagainya.
  6. Untuk proses pertumbuhan secara maksimal biasanya sekitar 1 sampai 2 minggu tapi itu juga tergantung dari tingkat kerusakan dari ekor ikan cupang kamu.
ekor cupang halfmoon yang mengembang

Ikan cupang hias dan ikan cupang aduan itu berbeda, jadi tips dari saya jika ingin mengadu ikan cupang maka belilah yang memang khusus untuk ikan cupang aduan, jadi jangan mengadu ikan cupang hias karena selain sayang nantinya ekor ikan cupangnya menjadi rusak juga dalam kekuatan juga berbeda, bentuk ikan cupang hias cenderung lebih kecil dari ikan cupang yang memang untuk aduan.

Mungkin itu saya beberapa cara yang bisa saya share untuk mempercepat pertumbuhan dari ekor ikan cupang, semoga bisa membantu kamu yang lagi bingung karena ekor ikan cupang kamu lagi rusak.

Beri Komentar