Cara Memelihara Ikan badut (clownfish)

ikan badut air laut

Ikan Clownfish atau yang sering disebut ikan badut ini adalah salah satu jenis ikan hias air asin. Namanya semakin terkenal karena lewat film Finding Nemo, film yang menceritakan tentang kehidupan ikan di dalam laut dan yang menjadi tokoh utamanya adalah ikan badut ini yang sedang mencari anaknya.

Berkat film tersebut ikan badut juga sering dijuluki sebagai ikan nemo, meskipun film tersebut sudah lewat beberapa tahun yang lalu efek dari film tersebut masih bisa dirasakan sampai sekarang.

ikan badut berpasangan

Kebetulan saya tinggal di sekitar pasar PASTY di Yogyakarta yang menjual berbagai jenis fauna yang salah satu contohnya adalah ikan hias. Setiap saya ke pasar PASTY pasti ada saja anak yang membeli dan ini memelihara ikan badut ini, karena memang film tersebut sampai sekarang masih sering diputar di TV nasional kita.

Memang jika dilihat dari fisik ikan ini sangat menarik untuk dipelihara dikarenakan mempunya bentuk yang lucu seperti badut hal ini yang membuat banyak sekali anak-anak hingga orang dewasa yang menyukai ikan hias badut ini.

Ikan badut ini mempunyai warna yang cerah seperti orange,jingga,kuning kemerah-merahan, putih dan hitam dan memiliki panjang tubuh sekitar 8-12 cm. Kalau dihabitat aslinya ikan badut ini tak lepas dari anemon laut dan terumbu karang yang menjadi tempat tinggalnya sekaligus untuk berlindung dari pemangsanya.

ikan badut warna orange

Termasuk dalam golongan ikan omnivora, ikan badut ini biasanya memakan seperti crustacea,parasit dan alga yang berada disekitar terumbu karang.

Nah untuk kamu yang berniat untuk memelihara ikan badut ini sekarang sudah mudah untuk mendapatkanya tanpa harus menyelam ke laut untuk mencarinya, sekarang sudah banyak yang menjual ikan badut ini bisa kamu temukan diberbagai tempat yang menjual ikan hias di daerah kamu

ikan badut warna hitam putih

Dan disini saya akan membagi tips untuk kamu yang ingin memelihara ikan badut ini dirumah agar ikan bagut kamu selalu sehat dan bertahan hidup lebih lama

1. Siapkan Akuarium Untuk Tempat Tinggal Ikan Badut

Pertama-tama yang harus kamu siapkan adalah akuarium untuk tempat tinggal ikan badut yang akan kamu pelihara, untuk ukuran akuarium memang kalau lebih besar lebih baik tapi sesuaikan dengan ruangan dan budget kamu. Karena ikan badut ini lumayan kecil maka dengan akuarium tidak terlalu besar pun sudah ideal untuk hidup ikan badut ini.

2. Siapkan Air Laut Untuk Ikan Badut

Seperti yang diketahui, ikan badut adalah ikan hias air laut. Ini yang menjadi kendala untuk kamu yang ingin memeliharanya dirumah apalagi jauh dari laut. Kamu memang bisa membeli air laut di penjual ikan hias yang menjual ikan air laut ini namun harga air laut pun lumayan mahal. Cara yang lain adalah kamu mengambil sendiri air laut di pantai dengan gratis, sambil juga bisa berlibur disana.

3. Atur Akuarium Hingga Mirip Habitat Aslinya

Setelah kamu sudah menyiapkan air lautnya, sekarang kamu bisa mengatur akuarium hingga mirip dengan habitat aslinya, yang seperti ada batu-batu kecil, terumbu karang untuk tempat bersembunyi dan sebagainya. Tehnik menata akuarium ini disebut aquascape. Dan juga jaga suhu air diakuarium dikisaran 24-27 derajat celcius.

4. Ganti Air Akuarium Secara Rutin

Untuk waktu berapa harus ganti air akuarium ini tergantung dari alat filter air kamu, jika filter air kamu bagus maka bisa mengganti air beberapa bulan sekali. Namun jika filter air kamu kurang bagus dan baru sebulan saja sudah kotor maka kamu wajib mengganti air dengan air laut yang bersih. Dikarenakan ikan badut ini hidupnya jika di air yang selalu bersih.

Nah itulah beberapa tips untuk memelihara ikan badut, memang perlu sedikit perhatian jika dibanding dengan ikan hias air tawar namun semua itu adalah tantangan yang seru untuk memelihara sebuah ikan hias.

Leave a Reply