Inilah Cara Memelihara Ikan Hias Dalam Toples Yang Benar

Ikan hias adalah ikan yang memang dikembangbiakkan untuk dipelihara bukan untuk dikonsumsi. Dan ternyata memelihara ikan hias juga bisa dengan media kecil yaitu didalam toples.

Menurut penelitian orang yang mudah stres, dapat diterapi dengan memelihara ikan hias karena pada saat melihat ikan berenang dengan warna-warna yang indah dapat memberikan ketenangan.

memelihara ikan dalam toples

Ada 2 jenis ikan hias yang dikelompokkan berdasarkan tempat hidupnya, yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan, tetapi orang lebih memilih untuk memelihara ikan hias air tawar karena lebih mudah untuk memeliharanya terutama mereka yang jauh dari sumber air laut.

Ikan hias air tawar biasanya dipelihara di kolam maupun akuarium, tetapi yang akan menjadi masalah jika kamu hanya mempunyai rumah kecil. Memelihara ikan di kolam dan akuarium pasti tidak memungkinkan dan malah dapat membuat rumah menjadi semakin sempit.

Cara memelihara ikan hias dalam toples

Tapi jangan khawatir, kamu tetap dapat meneruskan hobi kamu dengan memelihara ikan hias dalam toples ataupun wadah kecil seperti akuarium yang kecil. Tetapi memang tidak semua jenis ikan hias dapat dipelihara dengan cara tersebut.

Karena kebanyakan ikan hias memerlukan alat tambahan seperti filter air, aerator yang tidak mungkin kamu masukkan ke dalam toples yang ukurannya kecil. Namun ada beberapa jenis ikan yang dapat dipelihara di toples, seperti ikan guppy, neon tetra, ikan cupang hias dan ikan lainnya yang mempunyai tubuh yang kecil.

ikan di toples

Jika kamu sudah mengetahui ikan hias yang dapat dipelihara toples, sekarang saya akan memberikan sedikit tips untuk cara memelihara ikan hias dalam toples. Yaitu yang perlu diperhatikan adalah ;

Memilih toples yang sesuai

Untuk dapat memelihara ikan hias didalam toples maka pilihlah toples bening yang mempunyai bentuk vertikal atau tinggi keatas, jangan memakait toples yang bentuknya horizontal seperti toples roti lebaran.

Percantik dengan hiasan

Meskipun dengan tempat yang kecil namun toples juga bisa diberi tambahan hiasan agar terlihat cantik, kamu bisa menambahkan pasir atau batu-batuan di dasar toples serta bisa menambahkan sedikit tumbuhan air.

Jika memungkinan bisa juga ditambahkan alat untuk membuat gelembung udara, tetapi jika kamu memilih memelihara ikan cupang tidak perlu menambahkan alat ini.

Masukkan air yang berkualitas

Kualitas air ini sangat penting, jika sumber air kamu dari air PDAM atau PAM kamu bisa menambahkan anti kaporit dahulu sebelum ikan hias kamu masukkan, dan untuk yang memakai air sumur bisa kamu endapkan dulu sekitar 1 hari. dan jangan lupa untuk mengganti air 1 atau 2 kali dalam sebulan

Bijak dalam memberi makanan

Karena tempatnya yang kecil, jangan memberi pakan yang banyak karena nantinya toples akan cepat kotor karena banyak kotoran ikan. Saat memberi pakan usahakan yang sampai makanan bersisa.

Jauhan dari sinar matahari

Jangan meletakkan toples ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung, seperti di balik jendela. Karena hal itu dapat membuat tumbuhnya alga atau lumut serta juga dapat membuat tanaman air cepat tumbuh dan memenuhi seluru toples.

Jangan terlalu banyak ikan

Karena ukurannya yang kecil jangan terlalu banyak ikan yang dimasukkan kedalam toples, jika ikan cupang cukup satu saja dan untuk jenis ikan lainnya cukup 3 atau 4 ikan saja. Karena jika terlalu banyak ikan dapat membuat kandungan oksigen di air bisa kurang dan membuat ikan cepat mati.

Beri Komentar