Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Ikan Platy (Ikan Pedang)

Ikan Platy merupakan ikan hias air tawar dari keluarga Poeciliidae dengan nama ilmiahnya Xiphophorus helleri, banyak yang memelihara ikan platy karena mudah untuk perawatannya.

Ikan platy ini mempunyai sifat tempramen dan bisa sangat agresif ketika ada ikan lain yang mengganggunya terutama untuk yang jantan. Tapi ikan platy juga bisa menjadi ikan yang jinak dan pemalu, di Indonesia sendiri termasuk populer karena banyak yang memelihara ikan platy ini dikolam maupun di akuarium.

memelihara ikan platy

Amerika Tengah adalah kawasan asli habitat ikan pedang ini, terutama di daerah dekat pantai seperti Atlantik, Honduras, Meksiko, dan Guatemala. Ikan pedang ini banyak ditemui di sungai yang alirannya kuat dan makanan alami ikan ini adalah tanaman atau ganggang dan bisa juga memakan serangga kecil, ikan pedang tergolong mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Bentuk dari ikan pedang ini seperti dengan ikan kecil-kecil lainnya, yang sangat membedakan adalah ekornya yang memanjang dan menyerupai pedang. Untuk warna dari ikan platy ini bermacam-macam, ada merah, orange, putih, hitam dll.

Tergolong ikan yang mudah dalam perawatannya, serta tidak memerlukan wadah/tempat yang luas. Dan ikan platy ini termasuk ikan yang harganya murah bisa dijangkau dari semua kalangan. Ikan ini cocok untuk dipelihara di kolam maupun di akuarium karena memiliki warna-warna yang bagus dan bisa di campurkan dengan ikan hias lainnya.

Memelihara Ikan Pedang di Akuarium

Untuk memelihara ikan pedang dalam akuarium sangatlah mudah, pertama kamu pastinya harus menyiapkan akuarium yang diberi air bersih. Dan pastikan letak akuarium kamu berada dalam tempat yang sejuk agar temperatur airnya sekitar 22-25 derajat celcius.

Sebelum memasukkan ikan pedang ke akuarium pastikan dulu perbandingannya seperti 2 ekor jantan 3 ekor betina, harus lebih banyak yang betina dikarenakan jika perbandingan 1:1 nanti si betina akan dikejar-kejar terus sama ikan platy jantan hal ini dapat menyebabkan stres untuk ikan betinanya.

Jika akuariumnya tidak terlalu luas maka ikan platy yang jantan jangan terlalu banyak karena bisa saling berkelahi. Jika di kolam kamu tidak perlu terlalu sering mengganti airnya, tapi jika di akuarium kamu bisa mengganti air nya jika sudah mulai kelihatan kotor dan gantilah air sekitar 20% saja.

Akan terlihat lebih indah jika akuariumnya kamu tambahkan tanaman air serta batu-batuan untuk bersembunyi dengan memakai metode aquascape , selain akuariumnya akan terlihat lebih natural dengan menambahkan tanaman dan tempat persembunyian akan membuat ikan platy lebih merasa nyaman.

Selain itu juga bisa mempercepat proses pemijahan, karena tempat yang nyaman pastinya proses pemijahan bisa lebih cepat dan bisa untuk tempat bersembunyi dari anak ikan platy nantinya.

Makanan Ikan Pedang

Untuk makanan, kamu bisa memberikan pelet ataupun makanan hidup seperti serangga kecil atau kutu air, cacing. Selain itu kamu juga dapat memberinya makanan nabati seperti alga atau lumut. Tapi memang kalau diakuarium memberi makan nabati agak sulit karena memang bisa membuat penampilan diakuarium kurang bagus, solusinya kamu dapat membeli suplemen sayuran di penjual pakan ikan hias bentuknya menyerupai pelet ikan seperti biasanya.

ikan pedang jantan dan betina

Membedakan Jenis Kelamin Ikan Pedang

Menentukan ikan pedang yang jantan atau betina sangatlah mudah, bisa kamu lihat perbedaaanya yaitu yang betina biasanya perutnya lebih besar dan ekornya tidak memanjang. Sedangkan yang jantan tubuhnya lebih ramping serta memiliki ekor yang memanjang seperti pedang.

Beri Komentar