Memilih Anakan Ikan Louhan

Umumnya, memilih anakan ikan louhan yang berkualitas dapat dimulai dari indukannya. Jika indukan louhannya bagus, maka besar kemungkinan peranakannya juga demikian. Lalu, adakah cara lain untuk memilih anakan louhan yang bagus? Tentu ada!

anak louhan kamfa v8

Tahukah kamu, louhan yang khas dengan bentuk kepala jenong ini disebut juga flowerhorn, karena memiliki corak yang warna-warni seperti bunga. Uniknya lagi, di sebagian besar bagian tubuhnya terdapat corak seperti huruf Arab dan china.

Sekalipun kamu menemukan banyak ikan louhan yang menawan, tapi harus tetap teliti sebelum membeli. Baik itu untuk dibudidayakan ataupun sekedar koleksi, sangat penting untuk memperhatikan kondisi ikan agar tidak mengecewakan.

Cara Memilih Anakan Ikan Louhan Kualitas Unggul

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara memilih anakan louhan yang unggul, kamu bisa memulainya dari berikut!

memilih anakan louhan kamfa
  1. Cek kondisi kesehatan

Anakan louhan yang sehat dapat terlihat dari pergerakannya yang aktif dan fisiknya yang sempurna. Kamu juga harus memilih louhan yang tidak punya bercak-bercak putih di badannya, karena itu disebut juga dengan jamur.

  • Bentuk tubuh

Louhan, identik dengan postur tubuh tebal, cenderung bulat dan memanjang. Oleh karena itu, hindari ikan dengan badan yang kurus ataupun terlalu panjang. Selain itu, hindari ikan yang punya cacat fisik seperti sirip rusak atau jelek, tubuh bengkok dan lainnya.

  • Bentuk mata

Ikan dengan mata berwarna merah merupakan salah satu ciri louhan yang bagus.

  • Pilih yang agresif

Louhan yang agresif cenderung tidak mudah stres ataupun sakit. Untuk mengetahui agresif tidaknya ikan tersebut, kamu bisa arahkan tangan kemudian digerakkan ke kanan dan iri. Jika ikan jenong tersebut mengikuti pergerakan tangan dengan bagus, bisa dipastikan itu agresif.

  • Jenong

Bukan louhan namanya jika kepalanya tidak jenong. Meski baru anakan, ikan ini memiliki bakal jenong, dan terdapat di antara kepala dan hidung. Bentuknya seperti ada gundukan atau lengkungan. Malahan semakin besar ukuran jenongnya, semakin layak untuk dipilih.

  • Warna dan mutiara

Seperti julukannya, ikan flowerhorn ini punya corak mutiara yang memenuhi sebagian besar tubuhnya. Warnanya pun beragam dan terlihat indah. Umumnya, louhan dengan insang, sirip atas dan perut berwarna merah yang paling banyak disukai.

Itulah enam cara yang bisa kamu terapkan untuk memilah dan memilah anakan louhan berkualitas. Dengan anakan yang unggul, diharapkan ketika besar nanti memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda.

Cara Memelihara Ikan Louhan Yang Tepat

Setelah mendapatkan ikan louhan yang berkualitas, selanjutnya harus diimbangi dengan pemeliharaan yang tepat. Jika tidak, ikan bisa sakit, stres bahkan mati. Berikut adalah tata cara memelihara louhan yang mudah.

  • Pemilihan ukuran akuarium

Akuarium untuk louhan idealnya berukuran besar, agar si ikan bisa bergerak dengan leluasa. Rekomendasi ukuran yang tepat adalah 90 cm x 40 cm x 50 cm. Kemudian lengkapi pula dengan filter agar air di dalamnya senantiasa bersih dan jernih.

Berikan juga lampu sebagai penerangan dan nyalakan sekitar 10 jam per hari agar bisa menghangatkan suhu di dalam air. Agar tidak stres, suhu air kolam ikan louhan yang bagus sekitar 29-30 derajat Celcius

  • Pemberian pakan

Pemberian pakan ikan louhan harus yang berkualitas agar bisa tumbuh dan berkembang dengan bagus. Kemudian pemberian pakannya harus ditakar agar tidak kebanyakan maupun kurang.

  • Kualitas air

Hindari terlalu sering mengganti air kolam, karena bisa menyebabkan ikan jadi stres dan bahkan warnanya bisa berubah. Setidaknya 2 minggu sekali sudah cukup.

  • Skala ph air

Jumlah skala ph air yang direkomendasikan untuk louhan adalah sekitar ph 7 sampai ph 8.

  • Tambahkan dekorasi

Dekorasi akuarium seperti batu koral, pasir dan tanaman dapat menciptakan lingkungan akuarium seperti habitat aslinya.

  • Pilih tempat yang tenang

Posisikan akuarium di tempat yang sepi dan tenang, agar louhan tidak kagetan (mudah kaget) dan penakut!

  • Ajak berinteraksi

Bagaimana caranya? Mudah, cukup masukkan tangan ke dalam akuarium. Bisa juga dengan menempelkan cermin ke dinding akuarium sebelah luar. Interaksi ini ditujukan agar merangsang pertumbuhan jenong di  kepalanya.

Itulah beberapa cara merawat louhan di akuarium, agar tumbuh menjadi ikan yang sehat dan menawan. Sebelum itu, pastikan kamu memahami betul bagaimana cara memilih anakan ikan louhan yang bagus terlebih dulu. Kemudian diimbangi dengan pemeliharaan yang tepat agar si ikan bisa tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *