Meminimalkan Kematian Ikan Saat Pemadaman Listrik

Terjadinya pemadaman listrik sampai sekarang masih menjadi momok yang menakutkan untuk kita para penghobi ikan hias. Oleh karena itu jika suatu saat terjadi kamu harus bisa untuk meminimalkan kematian ikan hias agar bisa diselamatkan.

Sebagai penghobi ikan hias tentu ini menjadi masalah yang serius, karena jika listrik mati alat filter air dan aerator pun tidak bisa bekerja sehingga ikan akan kekurangan oksigen dan bisa mati.

Meminimalkan Kematian Ikan Saat Pemadaman Listrik

Ikan hias memang sangat rentan jika kekurangan oksigen, memang ada beberapa ikan yang bisa bertahan namun kebanyakan jenis ikan hias tidak akan bertahan hidup jika listrik mati melebihi 2 jam.

Kita juga tidak dapat menghindari kematian ikan saat terjadinya pemadaman listrik yang lama, kecuali kalau kita mempunyai pembangkit listrik sendiri seperti dari sel surya.

Namun kita bisa setidaknya untuk meminimalkan kematian ikan saat terjadi pemadaman listrik yang secara tiba-tiba, nah untuk itu disini penulis akan memberikan beberapa tips jika terjadi pemadangan listrik yang tiba-tiba

Merawat Ikan Hias Saat Terjadi Pemadaman Listrik

Siapkan Aerator DC

aerator dc untuk listrik mati

Untuk meminimalkan kematian ikan saat listrik mati kamu harus memiliki aerator dc, jika belum punya lebih baik kamu siapkan sekarang agar nanti jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba kamu sudah mempunyai alatnya.

Aerator DC adalah alat yang dapat menghasilkan oksigen melalui gelembung-gelembung udara yang memakai tenaga battery, jadi saat listrik mati alat ini tetap dapat berkerja dengan baik.

Namun karena hanya memakai battery, alat ini juga hanya bersifat sementara saja. Jika pemadaman listrik cukup lama maka kamu harus melakukan beberapa hal dibawah ini.

Pindahkan Ikan Ke Ember

merawat ikan saat pemadaman listrik

Pada pemadaman listrik akuarium yang dihuni banyak ikan pasti akan kekurangan oksigen karena butuhkan oleh semua ikan dan makhluk hidup disana, jadi solusinya adalah pindahkan ikan-ikan tersebut ke dalam ember supaya ikan bisa bertahan. Untuk satu ember lebih baik dikasih satu ikan saja agar tidak terjadi rebutan oksigen seperti pada akuarium.

Jangan Memberinya Makan

Saat terjadi pemadaman listrik, jangan memberi makan ikan kamu karena saat ikan kenyang sudah lemas jadi tambah lemas dan juga kalau ada sisa-sisa makanan itu menjadikan air tidak sehat dan berbahaya bagi ikan kamu.

Tambahkan Es Batu

Untuk menjaga agar suhu di akuarium atau di ember tetap terjaga kamu bisa menambahkan es batu jika kamu punya. Karena ikan senang dengan suhu air yang rendah, selain itu panasnya suhu dapat membuat oksigen dalam air semakin cepat melepas ke udara.

Sediakan genset

Ini adalah cara terakhir, namun mungkin tidak semua orang memiliki genset. Tetapi buat kamu penghobi ikan hias yang harga ikannya mahal jutaan bahkan bisa sampai ratusan juga saya sarankan untuk membeli alat ini.

Genset sekarang juga sudah banyak yang portabel jadi mudah digunakan walaupun tidak ahlinya, harganya pun bisa dibilang terjangkau.

Nah itulah beberapa tips untuk meminimalkan kematian ikan saat terjadi pemadaman listrik yang secara mendadak.

Beri Komentar