Mengenal Ikan Arwana, Naga Merah dari Air Tawar

Posted on

Scleropages formosus itulah nama latin dari ikan air tawar asal Asia Tenggara yang mempunyai bentuk dan warna yang indah sehingga banyak orang yang terpesona akan keindahan yang dimilikinya. Masyarakat asia umunya menyebut ini iklan arwana dan ada juga yang menyebutnya sebagai “Ikan Naga” hal ini karena dikaitkan dengan kisah naga dari Mitologi Tionghoa. Bentuk ikan ini agak unik yaitu memiliki badan panjang dengan sirip dubur terletak jauh di belakang badannya

Tak sedikit masyarakat juga mempercayai ikan arwana ini sebagai pembawa hoki, terutama mereka yang mempunyai keturunan Tionghoa. Dan karena itulah banyak masyarakat yang mencoba mencari atau membudidayakan ikan ini, entah itu benar atau tidak tapi tak bisa dipungkiri bahwa ikan ini mempunyai bentuk yang indah sehingga banyak pecinta ikan hias menyukainya. Dan dikarenakan ikan ini sulit untuk di budidayakan dan mempunyai bentuk yang indah sehingga ikan arwana ini juga memiliki harga yang tidak murah, apalagi ikan arwana yang berjenis Super Red. Seekor bisa di hargai dengan puluhan juta rupiah, apalagi kalau ikan tersebut sudah menang kontes harganya akan semakin mahal hingga ratusan juta rupiah.

Untuk Anda yang baru mau mulai mencoba membeli ikan arwana ini, saya sarankan untuk jangan langsung membeli yang harganya fantastis karena dengan harga puluhan juta itu tidak menjamin ikan arwana ini bertahan hidup lama. Untuk memelihara ikan ini memang perlu perawatan spesial, jadi anda harus mencari informasi sebanyak mungkin cara dan tips memelihara ikan arwana dengan benar agar ikan anda tetap sehat. Dan kebetulan di website ikanhias.id ini akan membeberkan cara memelihara ikan arwana lengkap, jadi anda tidak perlu bingung lagi harus cari informasinya karena di website ini akan kita share semua informasi cara memeliharanya berdasarkan pengalaman admin sendiri.

Ikan arwana sebenarnya ada beberapa varian yang tersebat di sungai-sungai Asia Tenggara ini,yaitu :

  • Warna Hijau, sering di temukan di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Birma
  • Warna Emas yang ekornya merah banyak di jumpai di Indonesia
  • Sedangkan yang warna emas biasa ditemukan di daerah Malaysia
  • Untuk ikan arwana yang berwarna merah ini juga di temukan di Indonesia

Dan perlu anda ketahui bahwa International Union for Conservation of Nature and Natural Resources disingkat IUCN, atau World Conservation Union yaitu organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam telah mengeluarkan status ikan arwana “terancam punah” pada tahun 2004 khususnya ikan arwana yang di bagian Asia Tenggara. Karena jumlah spesies ini makin menurun dikarenakan minat masyakarat semakin meningkat dan sulitnya membudidayakan ikan ini, dan ini juga yang membuat harga ikan arwana semakin mahal dari waktu ke waktu.

Arwana juga sebenarnya yang termasuk jenis ikan purba yang sampai sekarang masih bisa bertahan walau memang dunia sudah mengeluarkan status hampir punah pada ikan tersebut, ciri fisik yang dimiliki ikan ini secara garis besar adalah kepada dan badan agak padat dengan tubuh pipih dan punggungnya datar serta bentuk mulut ikan ini mengarah keatas disertai dengan sungut pada bibir bawah membuat ikan ini mirip liong atau naga.

Nah buat anda yang memang tertarik untuk membeli ikan ini selain perlu informasi cara untuk memeliharanya, anda juga saya sarankan beli di tempat yang terpercaya karena dengan harga jual ikan arwana yang tinggi ini tak sedikit orang yang nakal dan menipu para calon pembelinya, sebagai contoh bilangnya varietas super red ternyata bukan maka disarankan sebelum membeli konsultasi dulu pada teman yang sudah memelihara ikan arwana atau pada ahlinya serta banyak-banyak untuk cari informasi di internet sehingga anda tidak mudah tertipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *