Mengenal Ikan Pari Leopoldi, Si Pari Air Tawar Yang Eksotis

Seperti yang diketahui, ikan pari termasuk jenis ikan yang hidup di perairan air asin atau laut. Tidak banyak yang mengetahui bahwa, ada ikan pari eksotis yang tinggal di perairan air tawar yang bernama Pari Leopoldi.

Ikan pari satu ini, nampaknya sangat dikenal di kalangan pecinta ikan hias air tawar. Walaupun memiliki keindahan pada tubuhnya, anda perlu mengetahui bahwa ikan ini termasuk ikan predator. Yuk kenali lebih lanjut mengenai ikan pari air tawar tersebut.

memelihara Ikan Pari Leopoldi di aquarium

Ulasan Mengenai Ikan Pari Air Tawar

1. Memiliki Bentuk Tubuh Unik

Ikan pari air tawar ini, memiliki bentuk yang sangat untuk, yaitu berbentuk lingkaran dan diikuit dengan adanya ekor yang memanjang. Pada bagian ekornya, terdapat beberapa duri yang  berfungsi untuk menyengat mangsanya ataupun menghindari dari ancaman predator lain. Oleh karena itu, anda perlu berhati hati ketika memelihara ikan predator satu ini, terutama untuk bagian ekornya. Apabila tertusuk duri tersebut, akan fatal bila tidak diberikan pertolongan utama.

Ikan Pari Leopoldi

Agar tidak terkena durinya, anda bisa mencegahnya dengan cara menutup bagian duri tersebut menggunakan sedotan yang dipotong sesuai dengan ukuran duri ikan pari. Dengan begitu, anda bisa menghindari dari seragan Pari Leopoldi ketika merasa terancam. Sedangkan untuk bentuk tubuhnya, predator ini memiliki corak warna yang istimewa dan eksotis. Hal ini terlihat dari warna dasarnya yang berwarna hitam dihiasi dengan totol putih atau kekuningan.

2. Habitat Asli dan karakteristik Ikan Pari Air Tawar

Ikan predator ini lebih senang jika tingaal di daerah sugai berpasir, anak sungai yang memiliki arus gerak lambat dengan substrat pasir atau lumpur, hingga sungai besar yang dangkal. Anda juga bisa nemenukannya di danau ataupun di dalam kolam yang terbentuk dari air banjir yang surut, sebab mereka berpindah ke daerah hutan banjir jika memasuki musim hujan. Mereka sangat menyukai lumpur atau pasir lantaran dapat digunakan untuk bersembunyi.

Ikan Pari Leopoldi di aquarium

Apabila anda berniat untuk memeliharanya, ada baiknya memberikan dekorasi berupa pasir agar sang ikan merasa nyaman ketika bersembunyi. Sebab, habitat asli pari leopoldi memang berada di wilayah yang berpasir. Namun tidak dianjurkan untuk menambahkan dekorasi seperti kayu ataupun batuan tajam lainnya. Sebab, dekorasi tersebut bisa saja melukai atau menggores tubuh ikan yang lunak.

3. Temperamen Ikan Pari Air Tawar

Walaupun termasuk ikan predator, namun ikan ini termasuk ikan yang jinak dan ramah dengan ikan lainnya. Bahkan ada kecenderungan bahwa ikan satu ini yang perlu dilindungi dari ikan lainnya, sebab tubuhnya yang mudah terluka. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk menggabungkan ikan pari ini dengan kura kura atau ikan Palmas, karena ikan tersebut memiliki bentuk tubuh yang tajam.

4. Makanan yang Diberikan

Jika di habitat aslinya, ikan Pari Leopoldi akan memakan invertebrata ataupun ikan kecil lainnya. bahkan ikan predator satu ini perlu makan setidaknya 2 kali dalam sehari, sebba memiliki tingkat metabolisme tinggi. Ketika dipelihara dalam aquarium, anda bisa memberikannya pakan berupa udang, cacing darah, potongan ikan, hingga pelet tenggelam yang memang dibuat khusus untuk predator sekalipun.

Memiliki ikan pari air tawar untuk dijadikan ikan hias di rumah memang terlihat menarik. Belum lagi sang ikan yang memiliki bentuk tubuh melingkar serta motif tubuhnya yang unik, membuatnya tampil eksotis di antara ikan hias lainnya. Anda bisa memanfaatkan ikan satu ini untuk membersihkan sisa makanan yang berada di bawah aquarium, sebab predator satu ini tipe bawah atau bottom cleaner.

Beri Komentar