Mengenal Ikan Peacock Bass Monoculus

ikan pbass monoculus

Jenis ikan peacock bass atau lebih mudah disebut ikan pbass ini sudah tak asing lagi di telinga para pecinta ikan hias yang khususnya ikan predator.

Di Indonesia sendiri ikan peacock bass sudah sangat terkenal dikalangan para pecinta ikan predator. Ikan pbass mempunyai banyak jenisnya, untuk yang paling populer adalah ikan pbass monoculus. Menurut wikipedia ikan peacock bass ini berasal dari sungai Amazon.

Biasanya jenis ikan yang populer itu harganya yang paling mahal dan paling bagus, tapi tidak dengan ikan peacock bass ini. Ikan peacock bass monoculus ini bisa digolongkan jenis ikan pbass yang paling murah. Walaupun paling murah tapi tetap mempunyai bentuk tubuh yang bagus.

Mungkin inilah sebabnya ikan pbass jenis monoculus ini bisa paling populer, karena harganya yang terjangkau dan dapat di beli oleh semua kalangan. Peacock bass jenis monoculus ini juga cocok untuk pemula yang mau mencoba memelihara ikan pbass, karena ikan pbass yang berjenis monoculus ini perawatannya mudah tidak seperti jenis lainnya.

badan ikan pbass

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, ikan pbass monoculus ini tubuhnya seperti roket yang mempunyai wajah mirip manusia. Memiliki warna hijau dengan perpaduan kuning serta terdapat warna orange dibagian bawah tubuhnya, terdapat juga warna hitam di beberapa sisi yang makin menambah kegagahan dari ikan pbass monoculus ini.

Ciri khas dari ikan peacock bass monoculus ini adalah memiliki sirip atas dan bagian dahi yang berwarna hitam yang membuat ikan pbass monoculus ini menyerupai wajah manusia.

Semakin bagus warna dan coraknya juga dapat membuat harganya makin mahal, dan ternyata marking atau warna corak pada tubuh ikan pbass ini dapat dipengaruhi oleh lingkungannya, jika ikan pbass ini dipelihara dalam akuarium maka bisa dipengaruhi oleh background pada akuarium.

Jika di alam liar, warna ikan pbass dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya seperti halnya ikan pari warna nya dapat berubah tergantung lingkungannya.

Penyebaran Ikan Peacock Bass Monoculus

penyebaran ikan peacock bass monoculus

Ikan predator ini pertama ditemukan di amazon dan daerah perairan dibenua amerika, untuk saat ini kamu sudah dengan mudah menemukan ikan peacock bass ini di penjual ikan hias yang juga menjual ikan predator.

Selain memiliki bentuk tubuh yang agak garang, ikan pbass juga memiliki katakter yang cukup agresif dan sangat lincah, keagresifannya bisa terlihat dia mempunyai nafsu makan yang tinggi hingga apapun didepannya pasti akan dimakan, seperti ikan-ikan kecil, udang dll.

Oleh karena itu ikan predator ini tidak cocok juga dicampur dengan ikan biasa, kalaupun dicampur dengan ikan jenis lain biasanya dengan ikan yang memiliki sifat dan ukuran yang serupa.

Makanan Untuk Ikan Peacock Bass Monoculus

makanan ikan pbass

Untuk jenis makanan ikan peacock bas monoculus ini sangatlah mudah, karena ikan predator ini bisa memangsa apapun jenis fauna di depannya. Kalau di alam aslinya ikan peacock bass ini memakan seperti ikan kecil, udang.

Jadi jika kamu memelihara ikan peacock bass ini kamu bisa memberinya makan ikan kecil, dan disarankan untuk ikan hidup agar ikan pbass tetap menjadi ikan predator yang gesit untuk menangkap mangsanya.

Kamu juga dapat memberi varian makan seperti potongan ikan, udang, cacing dan sebagainya, untuk pertumbuhan ikan pbass ini lumayan cepat maka usahakan tempat untuk memelihara ikan ini memiliki ukuran yang cukup luas.

Nah itulah sedikit ulasan tentang ikan peacock bass monoculus. Meskipun ikan ini adalah predator yang sangat agresif tapi bisa kok dicampur dengan ikan yang memiliki sifat yang sama seperti ikan pari, ikan arwana, aligator dan sebagainya.

Leave a Reply