Cara Menghilangkan Tanin Pada Kayu Bakau

Bagi yang belum tahu, tanin adalah suatu zat yang terdapat pada setiap kayu termasuk kayu bakau. Nah jika kita ingin menggunakan kayu bakau sebagai aquascape maka perlu kita proses dulu kayu tersebut sebelum digunakan untuk aquascape.

Karena selain dapat mengubah warna air menjadi kekuning-kuningan, zat tanin juga dapat membahayakan fauna yang ada di akuarium tersebut dikarenakan kebanyakan fauna yang dipakai dalam aquascape memang tidak bisa tahan dengan zat tanini ini, kecuali fauna yang memang habitat aslinya di sekitar hutan bakau.

Walaupun kayu bakau mempunyai kandungan zat tanin yang tinggi tetapi masih banyak aquascaper yang menggunakan kayu ini sebagai aquascape karena memang bentuk-bentuknya bagus. Oleh karena itu jika kita ingin menggunakannya untuk aquascape lebih baik kita proses dahulu agar kandungan tanin bisa berkurang atau bahkan hilang.

Dan disini saya akan bagi tips untuk menghilangkan zat tanin di kayu bakau, jika kamu melakukan sesuai step-step yang benar saya jamin kandungan tanin di kayu bakau akan hilang dan aman digunakan sebagai aquascape.

cara menghilangkan tanin pada kayu bakau

  1. Siapkan dulu panci atau soblok yang ukurannya cukup untuk dimasukkan kayu bakau yang ingin kamu hilangkan zat taninnya
  2. Masukkan kayu bakau ke dalam panci tersebut
  3. Isi air secukupnya hingga kayu bakau bisa terendam
  4. Rebuslah panci yang berisi kayu bakau tersebut hingga warna airnya berubah menjadi kuning ke merahan
  5. Ganti air yang sudah berwarna kuning dengan air bersih lalu ulangi lagi merebusnya sampai air tidak berubah warna saat direbus

Cara ini adalah cara yang paling cepat karena hanya butuh beberapa jam saja kamu dapat menghilangkan zat tanin pada kayu bakau tersebut. Dan cara ini efektif jika ukuran kayu bakau yang akan kamu pakai masih tergolong wajar.

Lalu bagaimana caranya untuk kayu bakau yang ukurannya jumbo? tentunya kamu akan kesulit mencari wadah untuk merebus kayu yang sangat besar. Sebenarnya ada cara lainnya namun ini akan memakan waktu lebih lama bisa berminggu-minggu karena dalam proses ini tidak melalui proses perebusan kayu, untuk caranya seperti ini :

  1. Siapkan tempat/wadah besar untuk bisa menampung ukuran kayu bakau yang besar, bisa menggunakan kolam dll.
  2. Masukkan kayu bakau kedalam kolam tersebut
  3. Lalu isi air hingga kayu bakau terendam air semua
  4. Sehari sekali angkat kayu bakau tersebut lalu jemur hingga kering
  5. Ganti air kolam ke air bersih, lalu ulangi caranya seperti tadi hingga air rendam an kayu tidak berubah menjadi kuning ke merahan

Cara ini memang agak memakan banyak waktu, sebenarnya tanpa dijemur pun bisa hanya kita ganti air setiap sudah berubah warnanya. Meskipun cara ini memerlukan waktu yang lama namun ini sangat efektif kalau kita ingin menghilangkan kayu bakau yang ukurannya besar atau kayu bakau dengan banyak jumlahnya.

Nah jika kamu melakukan cara menghilangkan tanin pada kayu bakau dengan benar sesuai step-step yang saya berikan, pasti akan aman jika kamu memasukkan kayu tersebut dalam aquascape yang akan kamu buat.

Beri Komentar