Cara Ampuh Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Hias Air Tawar

Dalam memelihara ikan hias pasti tidak akan selalu berjalan lancar, seperti halnya manusia ikan juga bisa terkena penyakit. Ada banyak jenis penyakit yang sering menyerang ikan salah satunya adalah white spot.

White spot atau bintik putih ini bisa menyerang berbagai jenis ikan hias air tawar. Seperti cupang, peacock bass, dan lainnya. White spot ini adalah semacam parasit yang hinggap di badan dan sirip ikan.

cupang kena white spot

Dampak penyakit ini pun sangat fatal, ikan yang terkena parasit ini akan lemas karena tidak mau makan dan sering berdiam diri hingga akhirnya akan mati.

Penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tempat tinggal ikan kurang bersih, ada sisa makanan yang menjamur dan juga makanan ikan yang sudah tidak bagus. Dan juga ini adalah penyakit yang menular, jadi kamu harus memindakan ikan yang terkena parasit ini ke dalam wadah khusus untuk di karantina terlebih dahulu.

Nah untuk mengobatinya kamu bisa melakukan beberapa cara dibawah ini agar ikan yang terkena penyakit ini bisa cepat sembuh :

Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Hias

1.Penggaraman

Setelah kamu memindahkan ikan ke tempat karantina hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah pemberian garam pada air tersebut. Tidak perlu banyak, untuk tempat dengan air 4 liter cukup beri garam 1 sendok teh saja.

Garam memang sudah dikenal untuk menyembuhkan berbagai penyakit ikan , karena garam memiliki kandungan yang dapat untuk membunuh penyakit seperti jamur dan parasit ini. Selain itu garam juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

2. Atur suhu ke 30 drajat celcius

Jangan lupa untuk mengatur suhu air dikisaran angka 30 drajat celcius hal ini di lakukan untuk mengendalikan parasit agar tidak cepat tumbuh dan juga pada suhu yang agak tinggi parasit tidak akan bisa bertahan hidup.

Untuk bisa membuat suhu air 30 drajat celcius kamu bisa mamakai water heater atau pemanas air. Kamu dapat membelinya di toko penjual ikan atau bisa juga beli online.

Akan tetapi efek dari meningkatkan suhu air yaitu akan membuat kandungan oksigen di air berkurang dengan cepat. Oleh karena itu kamu wajib juga melakukan cara yang ke 3 dibawah ini.

3. Meningkatkan oksigen

Menyambung dari poin nomor 2, setelah kamu meningkatkan suhu kamu wajib untuk menambahkan aerator pada tempat karantina ikan. Karena suhu yang tinggi akan membuat oksigen cepat melepas dari dalam air ke permukaan.

Fungsi aerator ini sebagai penyupai oksigen untuk ikan yang lagi terkena penyakit white spot. Dan juga ikan yang baru sakit ini pastinya akan terganggu untuk bernafas, oleh karena itu penambahan aerator ini juga dapat membantu ikan agar tetap bisa bertahan hidup untuk melawan penyakitnya.

4. Pemberian daun ketapang

Daun ketapang adalah obat alami untuk membasmi penyakit ikan yang sudah teruji. Kamu cukup menambahkan beberap daun ketapang kering kedalam tempat karantina ikan itu, maka nantinya airnya akan berubah kecoklatan yang menandakan kandungan daun ketapang sudah larut ke air. Cara lainnya kamu bisa menambahkan air larutan daun ketapang jika sudah punya. Cara Proses Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang Yang Benar .

Jika tidak memungkinan atau mengalami kesulitan dalam mencari daun ketapang kamu bisa memakai obat yang sudah jadi yang bernama Metil Biru cara kerjanya mirip dengan daun ketapang dan pastinya lebih mudah untuk mendapatkannya karena para penjual ikan hias juga menjual obat ini.

5. Ganti Air

Karena beberapa proses diatas maka dalam beberapa hari air akan mulai berubah warnanya, disini kamu bisa menggantinya dengan air bersih. Cukup ganti sekitar 25% saja dari total air yang ada di tempat karantina. Pada proses ini juga diharapkan ikan sudah mulai membaik dan penyakit white spot yang menyerang juga harusnya sudah mulai menghilang.

itulah beberapa cara untuk mengobati penyakit white spot pada ikan hias dan cara tersebut tidak bisa dilakukan dalam 1 hari, untuk lamanya tergantung dari penyakitnya seberapa parah. Nah setelah ikan sudah terlihat sembuh total maka bisa kamu pindahkan lagi ke tempat asalnya.

Categories Tips

Beri Komentar