Merawat Ikan Komet

Ikan komet merupakan ikan hias yang sangat mudah untuk ditemui di para penjual ikan hias. Dengan harga yang murah namun memiliki warna yang bagus sehingga sampai sekarang ikan komet masih banyak peminatnya. Apalagi jika kamu bisa merawat ikan komet dengan baik maka warna nya semakin cantik.

merawat ikan komet

Untuk memeliharanya pun cukup mudah bisa di pelihara dalam kolam maupun akuarium . Ikan komet juga mempunyai sifat yang damai jadi bisa hidup dengan berbagai jenis ikan hias dalam satu tempat.

Sejarah Ikan Komet

Ikan hias ini mulai terkenal di abad ke-19, banyak sumber mengatakan bahwa ikan ini berasal dari negara Amerika yang dikembangbiarkan di kolam milik pemerintah. Di sumber lain ikan komet dikembangbiarkan di china yang sudah mulai dari abad ke -18 .

Memang ada beberapa versi mengenai sejarah dari ikan ini , namun yang pasti sekarang kita dapat membelinya dengan mudah dan menikmati keindahan warnanya.

Ciri Ikan Komet

Bentuk fisik ikan ini sudah cukup familiar sehingga semua orang kebanyakan sudah mengenalnya, karena memang ikan hias ini pasti ada di toko ikan hias.

Secara umum, corak warna ikan komet seperti ikan koki dengan berbagai warna seperti putih, orange, merah, hitam , kuning dan lain sebagainya. Untuk postur tubuh ikan komet cenderung lebih ramping daripada ikan koki.

Perawatan Ikan Komet

Untuk merawat ikan komet agar tetap sehat caranya seperti merawat ikan koki. Filter dan aerator adalah alat penting untuk menjaganya tetap sehat. Karena jika ikan komet kekurangan oksigen akan lemas.

Untuk itu kamu perlu jika menyiapkan kedua alat tersebut jika ingin memelihara ikan ini. Jangan lupa untuk menyiapkan aerator DC agar saat pemadaman listrik ikan komet tetap bisa bertahan.

Selain dari pasokan oksigen, jaga juga kualitas airnya agar selalu bersih dengan memakai filter air , sesekali juga diharuskan mengganti sebagian air pada akuarium kamu supaya mendapatkan air yang segar.

Makanan Ikan Komet

Ikan hias ini merupakan golongan omnivora dan bisa memakan segalanya , disarankan untuk tidak selalu memberinya pakan berupa pelet ikan. Sesekali kamu harus memberinya makanan alami seperti, cacing, semut, jentik nyamuk, udang kecil, selada, alga, dan tanaman lainnya.

Memberinya makanan alami dapat membuat ikan komet kamu lebih sehat dan pertumbuhannya lebih bagus, selain itu juga dapat mempercantik kualitas corak warnanya.

Resiko Penyakit

Jika tak dirawat dengan baik maka ikan komet akan beresiko terserang penyakit. Penyakit ikan komet seringkali di sebabkan oleh infeksi dari parasit atau virus, jamur, bakteri yang dapat membuat perubahan warna sisik, susah gerak, stres, napas susah sehingga jika tidak dirawat di karantina maka ikan akan mati.

Nah itulah beberapa informasi mengenai ikan komet seperti merawat ikan komet , makanan ikan komet dan sebagainya. Kamu juga bisa memelihara ikan komet di akuarium dengan ikan hias lainnya seperti ikan koki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *