Mudahnya Merawat Ikan Cupang Bagi Yang Masih Pemula

Posted on

Saya sepertinya tak perlu lagi untuk menjelaskan apa itu ikan cupang dan bentuknya bagaimana, karena sudah saya pastikan bahwa kamu sudah kenal dengan ikan cupang dan mungkin kamu sudah memeliharanya. Iya, jenis ikan hias kali ini memang sudah sangat terkenal.

Ikan cupang yang berjenis jantan lah yang mayoritas dikenal karena yang jantan terlihat lebih gagah dan ekornya pun terlihat lebih cantik dari yang betina, selain itu keunikan lainnya yaitu dari sifatnya karena ikan cupang ini tergolong ikan petarung atau dikenal sebagai pejuang teritorial terutama ikan yang jantan karena ikan cupang jantan itu tidak segan-segan untuk menghajar dan membunuh ikan jantan lainnya yang di anggap sebagai pengganggu.

Saya masih ingat waktu masih kecil dulu sekitar masih SD hampir setiap hari setelah pulang sekolah sering mengadu ikan cupang ini dengan teman saya sampai ada yang kalah. Tapi perbuatan itu tidak patut kamu contoh ya, lebih baik ikan cupang ini dirawat dengan benar agar tetap terlihat cantik dan agar tetap sehat.

Di rumah kebetulan ada sekitar 6 ekor ikan cupang yang selalu saya jaga dan rawat dengan baik agar saat di lihat tetap gagah dan indah, dan saya akan membagi cara sederhana merawat ikan cupang kesayangan saya ini.Disini saya akan bagi 3 tips mudah untuk merawat ikan cupang khususnya yang jantan, yaitu;

1.CUKUP 1 EKOR IKAN CUPANG DALAM 1 WADAH

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, jangan sesekali menaruh lebih dari 1 ekor ikan cupang jantan pada tempat yang sama, nanti jadinya malah menjadi arena pertempuran ikan. Karena ikan cupang ini cenderung lebih suka menyendiri

2. BERILAH MAKANAN YANG TINGGI PROTEIN

Kita tahu bahwa makanan alaminya ikan cupang ini jentik nyamuk dan cacing darah, namun tentunya jika kita membeli makanan itu akan sangat susah untuk menempatkannya karena itu semua juga hidup.Apalagi yang jentik nyamuk belum juga di makan semua udah berubah jadi nyamuk. Jadi memang makanan yang tepat untuk sekarang adalah pelet mudah didapat serta bisa tahan lama.

Tapi sebelum kamu membeli pelet untuk ikan cupang, ada baiknya kamu baca dahulu komposisi dari pelet tersebut. Setidaknya protein yang terkandung minimal 40% karena ikan cupang memang butuh protein yang tinggi. Dan jangan lupa juga sesekali tetap berilah ikan cupang kamu dengan jentik nyamuk,cacing darah, udang laut dll.

3. JAGA KEBERSIHAN AIR

Sebenarnya ini cuma untuk keindahan semata, karena ikan cupang sendiri dia itu kuat dan mampu beradaptasi walaupun dengan ikan yang keruh, namun kan alangkah baiknya agar kamu tetap menjaga agar air di akuariummu tetap bersih selain lebih indah untuk dipandang, menjaga air tetap bersih juga bisa mencegah datangnya kuman yang dapat menyebabkan ikan cupang kamu sakit.

Bagaimana, mudah bukan untuk merawat ikan cupang? dengan 3 cara sederhana itu sudah bisa membuat ikan cupang kamu sehat.Tetap kunjungi website ini karena akan saya ulas dengan lengkap di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *