Panduan Lengkap Memelihara Ikan Hias Neon Tetra

Ikan hias dengan nama ilmiahnya Paracheirodon innesi ialah salah – satu ikan hias yang sangat populer di Indonesia. Ikan hias air tawar ini masih sekeluarga dengan Characidae. Banyak yang memelihara ikan Neon Tetra karena mempunyai banyak keunggulan dibandingkan ikan hias lainnya.

ikan neon tetra

Tidak hanya berpenampilan menarik, ikan neon tetra mempunyai sifat yang tenang dan damai. Keahlian beradaptasinya pun luar biasa. Apalagi ikan ini mudah untuk dipelihara walaupun kamu aquarist pemula.

Habitat Ikan Neon Tetra

Asal Usul serta sejarah Ikan Neon Tetra bermula seseorang traveler asal Perancis, August Rabaut, menemukan ikan neon tetra di alam liar pada tahun 1934. Waktu itu ia lagi melaksanakan ekspedisi ke hutan Amazon. Di sanalah ia menemukan ikan tetra serta membawanya ke Eropa buat dijual.

Tak disangka sebelumnya ternyata orang- orang di Eropa menyukai ikan neon tetra tersebut. Tetapi saat itu ikan temuan tersebut belum diberi nama. Kemudian pada tahun 1936 , Biological Society Bulletin menerbitkan postingan formal perdana tentang neon tetra. Postingan tersebut ditulis oleh Dokter. George Myer, yang menamai ikan nama tersebut sesuai dengan keluarga rekannya, ialah Hyphessobrycon innesi. Tetapi saat ini, nama neon tetra diganti jadi Paracheirodon inessi.

Neon tetra ini merupakan penghuni asli Amerika Selatan. Tepatnya kawasan Brasil,  Rio Taquari, dan lembah sungai Paraguay. Sungai tersebut mengalir via hutan hujan lebat, yang jarang tersorot sinar matahari, sehingga airnya terkesan gelap. Alirannya juga cenderung tenang. Mereka biasanya hidup berkelompok dan senang memakan serangga.

Bentuk Ikan Neon Tetra

Ikan berkelompok ini berdimensi cukup kecil, hanya sekitar 4 cm. Dan bisa hidup sampai 3 hingga 4 tahun. Ikan neon tetra memiliki warna perak atau grey dibagian kelapa, dan setengah badannya lalu di bagian ekor warnanya agak gelap kemerahan.

Selain itu juga memiliki garis menyala mirip neon nampak membentang dari mata ke sejauh siripnya. Kemudian terdapat garis- garis dengan corak bermacam- macam, dari biru hitam hingga biru kehijauan. kalau yang jantan mempunyai garis lurus, yang betina mempunyai pola melengkung di tengahnya. Sebagian spesies ikan nampak mempunyai garis kehijauan, bukan kebiruan. Sebagian aquarist pemula menamainya bagaikan ikan neon hijau.

Cara Memelihara Ikan Neon Tetra di Akuarium

Neon tetra ataupun neon fish ini termasuk ikan yang pemalu serta kalem. Mereka lebih aman tinggal di akuarium berdimensi minimun 20 gallons ataupun kira-kira 80 liter air di suhu 21- 27 derajat Celcius. Dimensi pH- nya antara 6, 5- 7, 5.

Karena ikan ini sangat sensitif akan perubahan kondisi air, maka kamu harus hati-hati untuk pertama memasukkan air di akuarium. Jika kamu habis membeli ikan neon tersebut maka jangan buru-buru untuk memindahkannya ke akuarium.

Pertama-tama masukkan ikan neon tetra yang masih dibungkus plastik ke akuarium yang sudah ada airnya. Tunggu sekitar 45 menit setelah itu baru buka bungkus plastik dari ikan tersebut. Untuk merawatnya tidak terlalu rumit, kamu hanya cukup menjaga kualitas air dan suhu nya agar stabil. Jaga kehangatan air di angka 70- 81 derajat Fahrenheit ataupun 21- 27 derajat Celcius. Pakai filter internal ataupun eksternal. Lalu ganti airnya sekitar 25% dari total air yang ada diakuarium seminggu sekali.

Di habitat aslinya, ikan neon tetra hidup di air yang gelap dan dasarnya terdapat daun dan akar pohon. Oleh karena itu jika memelihara ikan neon tetra kamu juga dianjurkan menata akuarium kamu dengan menambahkan tanaman air, batu-batuan serta tempat untuk ikan bersembunyi. Metode ini biasanya disebut aquascape.

Makanan Ikan Neon Tetra

makanan ikan neon tetra

Untuk tentang makanan, ikan ini tidak banyak menuntut. Mereka bisa diberi makan seperti ikan hias lainnya. Mulai dari yang makanan hidup, buatan, hingga beku. Tetapi yang harus diperhatikan bahwa makanan tersebut memiliki ukuran kecil karena mulut dari ikan ini juga mungil. Ada pula santapan hidup favoritnya merupakan cacing darah, cacing putih, cacing tubifex, serta udang air asin.

Tapi jika menurutmu makanan hidup terlalu repot, kamu bisa memilih memberinya pakan buatan seperti pelet ikan hias, yang harus diperhatikan bahwa kandungan pelet tersebut sudah sesusai dengan yang dibutuhkan ikan neon tetra kamu selain itu pilih lah merk yang sudah terkenal dan bagus.

Perbedaan Jenis Kelamin Ikan Neon Tetra

Untuk membedakan ikan jantan dan betina tidak terlalu sulit kalau dilihat gambar diatas yang jantan ukuran badannya lebih kecil dari yang betina dan kalau garis yang jantan lurus sedangkan yang betina melengkung.

Leave a Reply