Panduan Lengkap Memelihara Ikan Lemon Cichlid

Ikan kuning cerah sangat mirip dengan warna buah lemon adalah jenis ikan yang lembut (non-agresif). Dalam dunia ilmiah, ikan lemon memiliki nama latin Neolamprologus Leleupi. Ikan ini juga biasa disebut dengan nama Lemon cichlid, cichlid Cichlid Emas atau Emas.

ikan lemon cichlid

Ikan ini sangat cocok untuk pemula yang masih memiliki sedikit pengalaman untuk memelihara ikan hias. Karena ikan diklasifikasikan sebagai ikan cichlid yang memiliki kemampuan untuk menjadi kebal terhadap penyakit ini. Selain itu ikan lemon mempunyai porposional tubuh dan indah. Jadi ini akan membuat Anda lebih percaya diri.

Merawat Ikan Lemon

Ikan lemon adalah ikan air tawar yang berasal dari Danau Tanganyika, Afrika Timur. Di habitat aslinya, ikan ini terbiasa dengan lingkungan air tawar berbatu dan cukup hangat.

Untuk warna dari ikan lemon ini terdapat 2 macam yaitu warna kuning yang cerah dan juga ada warna orange kemerahan. Namun yang paling populer dan banyak di jumpai di Indonesia adalah ikan lemon yang warnanya kuning cerah.

Ciri khas yang di miliki ikan lemon cichlid yaitu :

  • Memiliki tubuh berwarna kuning cerah atau orange kemerahan
  • Sirip punggung berwarna hitam
  • Dasar sirip punggung ada garis putih yang memanjang dari depan ke belakang punggung bawah
  • Ujung sirip biasanya warna kuning cerah

Setelah kamu tahu ciri khas dari ikan lemon cichlid diatas, ini pasti dapat membuat kamu lebih ingin untuk memelihara ikan lemon cichlid ini. Untuk mengetahui apa saja teknik dan cara memelihara ikan lemon cichlid, di sini saya akan share teknik dan cara memelihara ikan lemon cichlid.

ikan lemon di akuarium

1. Pakai Akuarium Yang Ideal

Akuarium adalah rumah bagi ikan lemon cichlid ini. Oleh karena itu, kamu harus melihat ukuran yang tepat untuk akuarium kamu. Karena jika kolam ikan atau ikan akuarium yang terlalu kecil akan mengalami perkembangan yang lambat dari tubuh.

Panjang maksimum lemon ikan cichlid adalah 13 cm atau sekitar – sekitar 4 sampai 5 inci. Jadi, Anda harus memberikan akuarium minimal dapat menampung 114 liter atau 30 galon. Dengan begitu ikan ini akan bebas bergerak.

Untuk ukuran air sendiri bisa disesuai, tapi jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Usahakan masih sisa 5-10 cm dari dinding kaca akuarium dibagian atas. Untuk airnya sendiri kamu bisa menggunakan air sumur atau air PDAM, tetapi jika memakai air PDAM harus di diamkan dahulu sekitar 1 hari.

2. Tambahkan Tempat Untuk Bersembunyi

Dihabitat aslinya, ikan ini senang sekali lingkungan yang banyak tempat persembunyiannya. Selain untuk melindungi diri dari pemangsa biasanya tempat persembunyian juga digunakan untuk proses pemijahan dan melindungi anak-anaknya.

Untuk membuat tempat persembunyian dari ikan lemon cichlid ini tidak sulit, cukup tambahkan beberapa tanaman air serta tambahkan batu/karang, jika tidak ada kamu bisa gunakan potongan pralon untuk media tempat bersembunyi ikan lemon cichlid ini.

3. Jaga Kondisi Akuarium

Hal yang tidak kalah penting yaitu kamu harus menjaga kondisi air di akuarium kamu, untuk memelihara ikan lemon cichlid ini diwajibkan menjaga kondisi suhu air yang ada diakuarium. Suhu yang ideal adalah berkisar antara 24 hingga 28 drajat celcius. Resiko jika suhu air terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat ikan lemon cichlid ini tidak sehat dan bahkan bisa mati jika kondisi suhu airnya terlalu panas.

4. Tambahkan Alat Filter dan Aerator

Untuk menjaga kebersihan air di akuarium maka kamu perlu menambahkan alat filter dan aerator. Karena dengan menambahkan dua alat tersebut akuarium kamu akan tetap bersih serta kandungan oksigen di dalam akuarium tetap terjaga, hal ini sangat penting untuk memelihara ikan lemon cichlid agar tetap sehat.

5. Memberi Pakan Yang Berkualitas

Faktor penting lainnya untuk memelihara ikan lemon cichlid adalah dalam hal pakan. Jangan salah milih makanan, kamu harus tahu makanan apa saja yang bagus untuk ikan lemon cichlid kamu. Karena setiap ikan hias kebutuhan nutrisinya beda-beda. Warna dari ikan lemon cichlid ini juga dipengaruhi oleh makanan yang di makannya.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu coba, yaitu seperti cacing sutera, kutu air, udang air asin, dan yang terakhir adalah pakan buatan yaitu pelet. Untuk pelet carilah merk yang sudah terbukti bagus kamu bisa menanyakan ke penjual pelet tersebut, pelet mana yang cocok untuk ikan lemon cichlid kamu karena pelet mempunyai beragam macam dan jenis.

Jika kamu memelihara ikan lemon cichlid dengan baik dan benar makan ikan kamu bisa bertahan hingga 9 tahun.

Leave a Reply