Penyebab dan Cara Merawat Ikan Louhan Yang Stres

Seperti halnya manusia, ikan louhan juga bisa mengalami stres. Dampak dari ikan hias yang stres bisa mengakibatkan gangguan kesehatan dan pertumbuhannya, jika tidak di rawat dengan baik tidak menutup kemungkinan ikan louhan yang stres bisa mati.

Ikan louhan yang stres bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti, tempatnya kurang nyaman, kondisi airnya kurang baik, serta diakibatkan oleh makanan ikan louhan yang tidak cocok dengan seleranya.

merawat ikan louhan stres

Stres juga bisa disebabkan oleh pemindahan ikan louhan ke tempat lainnya, jika misalnya tempat awalnya di ruangan terbuka terang dan di pindah ke dalam rumah dengan suasa yang berbeda biasanya ikan louhan akan mengalami stres dan perlu beradaptasi dahulu.

Ada beberapa ciri-ciri ikan louhan yang sedang stres, saya akan kasih beberapa contoh yang dapat kamu lihat dengan mudah. Jika ciri-ciri dibawah ini cocok dengan kondisi ikan louhan kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah segera mencari solusi untuk merawat ikan louhan yang stres tersebut.

Ciri-Ciri Ikan Louhan Yang Lagi Stres

  1. Pertama bisa kamu lihat dengan nafsu makannya berkurang drastis dari yang biasanya, atau bahkan bisa tidak mau makan sama sekali.
  2. Dalam segi fisik, warna dari ikan louhan yang tadinya cerah bisa berubah menjadi warna yang agak pucat, pudar serta ada belang hitam di bagian tubuhnya.
  3. Ikan louhan juga mudah kaget saat ada sesuatu yang mendekat, seperti saat tangan kamu didekatkan dengan ikan tersebut.
  4. Jenong ikan louhan juga mengalami perubahan, yang tadinya menonjol bulat bisa berubah lebih kecil dan mengempis.
  5. Ikan louhan yang stres juga akan lebih sering menyendiri dan berdiam diri di sudut akuarium.

Jika memang ikan louhan kamu mengalami stres, saya akan membagi tips untuk merawat ikan louhan yang stres agar ikan louhan kamu segera sehat seperti biasanya. Untuk mewaratnya juga tidak terlalu sulit tapi memang perlu perhatian yang lebih

Cara Mudah Merawat Ikan Louhan Yang Stres Agar Cepat Sehat dan Lincah

  1. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan kondisi akuarium, misalnya seperti memasang water heater di akuarium agar suhunya stabil di anga 28-31 derajat celcius. Karena ikan louhan suka dengan kondisi lingkungan yang hangat.
  2. Jangan lupa untuk mengecek tingkat keasaman dari air akuariumnya. Kamu dapat menggunakan alat khusus yang dapat mengecek Ph air. Jika memang Ph air terlalu asam kamu bisa menambahkan air rebusan daun ketapang tetapi jangan terlalu banyak. Silahkan baca artikel : Cara Proses Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang Yang Benar selain untuk ikan cupang, proses ini juga bisa untuk semua jenis ikan hias.
  3. Kalau ikan louhan kamu stres karena tidak mau makan, cobalah untuk tidak memberinya makan dalam waktu 2 hari, lalu kembali diberi makan sedikit dulu.
  4. Jika memang belum berhasil cara terakhir bisa memindahkan ke tempat lainnya dengan suasana yang berbeda atau dikarantina daluhu dan biarkan ikan louhan sendiri tanpa ada ikan lainnya.

Nah itulah beberapa tips dari saya untuk merawat ikan louhan yang stres. Kebanyakan ikan louhan yang stres yang pernah saya alami adalah, stres karena memindahkan ke tempat lainnya dan juga tidak cocok dengan makananya, jadi kamu bisa memberikan makanan lainnya.

Beri Komentar