Penyebab Umur Ikan Guppy Singkat dan Cepat Mati

Saat kamu bangun tidur, dan ingin melihat ikan hias kamu di aquarium tiba-tiba ada seekor ikan guppy kamu sudah mati mengambang. Pastinya kamu akan sedih dan kecewa kenapa ikan guppy cepat mati lalu penyebabnya apa?

Nah disini saya akan mengulas lengkap penyebab ikan guppy cepat mati serta akan saya bagi tips supaya ikan kamu bisa bertahan hidup lama dan selalu sehat.

ikan guppy diaquarium

Apa memang umur ikan guppy itu singkat ?

Pada umumnya memelihara ikan guppy sangatlah mudah, bahkan cepat sekali untuk berkembangbiak. Cobalah untuk memelihara beberapa ekor jantan dan betina di dalam kolam, gak butuh waktu yang lama nanti ikan guppy kamu secara tidak sadar akan berkembangbiak dan bertambah banyak.

Untuk umur ikan guppy sendiri bisa bertahan sampai 3 tahun kok, asalkan kamu memeliharanya dengan baik. Untuk pengalaman penulis, memelihara ikan guppy di kolam umurnya akan lebih panjang jika dibandingkan di aquarium.

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi umur dari ikan guppy

umur guppy

Agar ikan guppy kamu bisa bertahan lebih lama, maka kamu perlu untuk memperhatikan beberapa faktor dibawah ini. Karena beberapa poin ini sangat penting dan mempengaruhi umur dari ikan guppy kamu.

1.Coba perhatikan suhu air

Ikan guppy ini sebenarnya mampu bertahan di suhu air yang berubah-ubah, namun memang tidak boleh terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

Jika suhu air terlalu rendah dapat pempengaruhi pertumbuhannya yang lambat dan ekor indah dari ikan guppy ini tidak bisa tebentuk dengan sempurna. Lalu jika suhu terlalu tinggi akan membuat metabolisme yang bertambah sehingga banyak makan yang mengakibatkan pertumbuhan cepat sekali dan mudah mati.

Selain itu suhu yang tinggi juga dapat membuat ikan guppy ini stres dan tidak dapat bertahan hidup. Untuk suhu yang ideal bagi ikan hias guppy ini adalah diantara 25-28 derajat celcius.

2. Jangan membuat ikan guppy stres

Ini adalah kelanjutan dari yang pertama tadi, lonjakan suhu yang mendadak akan membuat ikan guppy bisa stres, selain itu faktor lainnya juga bisa dipiju oleh pencahayaan, pakan yang kurang tepat serta tempat pemeliharaan yang kurang bagus.

Untuk kamu yang memelihara ikan guppy di kolam usahakan kedalaman air nya cukup dan ada tanaman air untuk berteduh ketika siang hari terkena sinar matahari langsung.

Jika memelihara ikan guppy di aquarium usahakan suhu air dijaga dan jangan terkena sinar matahari secara langsung karena dapat membuat suhu air naik tinggi.

3. Kualitas air di aquarium wajib dijaga

Memelihara ikan guppy diaquarium memang perlu perhatian, beda dengan dikolam yang lebih mudah perawatannya. Untuk kamu yang memelihara ikan guppy di aquarium perhatikan kebersihan air di aquarium.

Kamu bisa menggunakan filter air dan aerator, lalu gantilah air di aquarium kamu 1/3 airnya setiap minggu. Kamu juga dapat memberi garam sedikit di air aquarium kamu untuk menjaga keasaman air.

Nah itulah beberap poin yang dapat mempengaruhi umur dari ikan guppy kamu, sebenarnya umur ikan guppy itu tergantung bagaimana kita memeliharanya. Asalkan kamu memelihara dengan baik, ikan guppy kamu tidak sakit pasti akan bertahan hidup lama ikan guppy kamu.

Beri Komentar