Mengetahui Jenis Warna Pola Pada Koi Showa Sanshoku

Untuk para hobbyist , jenis koi showa sanshoku pasti sudah tak asing lagi. Karna menjadi salah satu jenis ikan koi yang wajib di miliki.

Corak warna yang dimiliki koi showa ini berupa kombinasi dari 3 warna yaitu merah, putih, dan hitam. Pola yang terbentuk pun bermacam-macam, dibawah ini akan saya ulas lengkap tentang pola ikan koi showa.

Pola Koi Showa Sanshoku

Balik sekilas kebelakang, koi showa ini adalah hasil perkawinan silang antara jenis koi showa, sanke dan kohaku pada sekitar tahun 1965 oleh Tomiji Kobayashi.

Showa merupakan koi yang memiliki warna dasar hitam dengan ciri (hi) merah serta putih. Ini merupakan penafsiran yang lumayan membingungkan apalagi jika melihat penampilan showa modern yang tampaknya malah mempunyai warna dasar yang putih, dengan corak hitam dan merah. Inilah yang menjadi pembeda dengan Sanke. Corak hitam pada Showa lebih dominan daripada pada jenis sanke dominan yang merah.

Koi showa mempunyai keunikan serta jadi tantangan tertentu untuk para hobbyist ikan koi, sebab corak warna ditubuhnya bisa berubah seiring pertumbuhannya. Jadi kita harus jeli untuk memilih pada saat ingin membelinya, untuk memprediksi corak warna yang nantikan berubah akan seperti apa.

Pada awalnya, corak warna di koi showa ini tidak menarik, warna merahnya pun agak kekuningan. Setelah proses panjang perkawinan silang dengan berbagai jenis koi akhirnya bisa menciptakan koi showa yang bagus.

Dengan warna merah yang menyala serta putihnya seputih salju seperti yang beredar sekarang.

Memastikan kriteria koi Showa yang bagus lebih susah dari Sanke atau Kohaku. karna kamu harus jeli untuk melihat menyeluruh tak hanya fokus pada corak tiga warna yang ada.

  Ikan Sumatra Cocok Untuk Aquascape

Tips memilih pola showa dari Dr. Arthur Lembke :

  1. Pola showa yang baik ini menentukan harga, kamu dapat memilih pola yang putihnya seputih susu, dan merahnya menyala yang mengkilap.
  2. Komposisi dari tiga warna putih, merah hitam harus sama.
  3. Pilih kepala yang memiliki warna merah (Hi).
  4. Warna hitam bisa berkembang mengikuti pertumbuhan ikan, jadi kamu harus pertimbangkan juga warna putih dan merahnya.
  5. Saat masih muda, warna merah di koi showa masih agak orange. Nanti akan menjadi merah menyala saat sudah dewasa.
  6. Untuk bagian sirip dada pilih yang berwarna ada corak hitam atau yang hitam full.
  7. Jangan memilih sirip yang ada warna merahnya.
  8. Untuk presentasi corak warna showa modern adalah sama dari tiga warna tersebut.
  9. Buat yang memilih showa muda, hati-hatilah karena corak atau pola bisa berubah seiring perkembangannya.

Pola Koi Jenis Showa Sanshoku

Jenis Showa Sanshoku

Awal mulanya Showa Sanshoku, ataupun showa merupakan sebutan yang diterapkan pada koi yang mempunyai warna dasar hitam dengan corak putih dan merah. Definisi ini membingungkan untuk showa modern karena corak warna berbeda dan hampir berbalik dari kriteria showa yang klasik, agar lebih mudah kamu bisa lihat gambar diatas untuk melihat corak warna dan jenis ikan koi showa.

Gallery for Mengetahui Jenis Warna Pola Pada Koi Showa Sanshoku

One thought on “Mengetahui Jenis Warna Pola Pada Koi Showa Sanshoku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *