Redtail Catfish, Si Predator Berwarna Unik

Berbicara mengenai tempat penghasil ikan hias terpopuler, tentu sungai Amazon tempatnya. Sungai ini mampu menghasilkan berbagai jenis ikan, bentuk, hingga warnanya yang begitu cantik. Salah satu ikan predator yang memiliki warna indah dari sungai Amazon adalah redtail catfish. Ikan satu ini, memiliki warna khas yang tidak boleh dilewatkan untuk dipelihara. Yuk kenali lebih lanjut tentang ikan predator unik tersebut.

Keunikan yang Dimiliki

keunikan Redtail Catfish

1. Miliki Warna Yang Kontras

Ikan predator ini memiliki perpaduan warna yang cukup kontras nan cantik, dimana warna dasar tubuhnya berwarna hitam pekat atau hitam sedikit keabu abuan, dan memiliki warna putih terbentang pada sisi perutnya. Selain itu, ekor pada ikan ini berwarna merah, sehingga membuatnya tampil menawan dan serasi. Karena kecantikan warnanya, tidak mengherankan jika predator cantik ini bahkan memiliki penggemarnya sendiri.

Jika anda perhatikan redtail catfish, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang unik dan sedikit aneh. Sebab, kepalanya termasuk besar jika dibandingkan dengan tubuhnya, bahkan hampir sama dengan ukuran batok kelapa. Selain itu, kepalanya dihiasi dengan lukisan batik yang membuatnya semakin menarik untuk dipelihara. Tidak hanya itu saja, ikan ini akan memiliki perut yang membuncit setelah makan.

2. Termasuk Ikan yang Mudah Dirawat

Ikan predator dari Amazon ini, adalah jawaban bagi anda yang ingin memelihara ikan bandel atau ikan yang jarang sakit ataupun mati. Bahkan untuk white spot ataupun pembusukan, tidak pernah menyentruh tubuh si predator unik ini. Perawatan ikan ini pun hampir sama seperti memelihara ikan lele lokal. Kelebihan memelihara ikan ini, adalah anda tidak perlu sering mengganti airnya setiap saat.

Anda memang tidak perlu sering mengganti arunya, namun pastikan kadar oksigen masih mencukupi agar redtail catfish tidak mati. Bahkan kelebihan ikan ini adalah tidak mudah mati bahkan ketika air sudah mulai keruh dan pH air turun. Walaupun begitu, pastikan bahwa filtrasinya masih bagus dan sirkulasi harus tetap dipertahankan. Agar kondisi ikan tetap prima, berikan suhu 22 hingga 26 derajat celcius dengan pH netral.

3. Termasuk Ikan yang Cukup Rakus

Gerakan ikan predator cantik ini termasuk lincah, bahkan cenderung untuk melenggak lenggokkan tubuhnya ketika berenang. Bahkan ikan satu ini melenggokkan tubuhnya ketika berenang dari dasar aquarium hingga permukaan air, dimana gerakan itu terlihat cantik. Namun jangan tertipu dengan kecantikannya, karena ikan ini ternyata sangat rakus. Hal ini dikarenakan ikan dapat memakan ikan apa saja, baik ikan yang masih hidup maupun ikan yang mati.

bentuk Redtail Catfish

Dalam sehari, ikan ini dapat dapat memakan sekitar 5 ekor ikan mas yang memiliki ukuran 2.5 cm. Ketika ikan sudah menginjak dewasa, ikan ini mampu memakan ikan mas sebesar 7.5 cm. Jika kehabisan pakan ikan hidup, anda bisa memberikan ikan kiloan yang ada di pasar dan dipotong sesuai dengan ukuran mulut si ikan predator. Karena kerakusan inilah yang menyebabikan tubuh ikan cepat besar daripada jenis ikan yang lain.

redtail catfish memang dikenal dengan kerakusannya, namun bukan berarti tidak bisa distukan dengan ikan lain. Jika ingin mencampurkannya, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting. Yang pertama, pastikan untuk mencampurkan ikan ini dengan sesama catfish dan memiliki ukuran tubuh yang sama. Yang kedua, ikan ini bisa dicampurkan dengan jenis cichlid dan belida. Yang ketiga, pastikan untuk tidak mencampurkannya dengan ikan yang lebih kecil ukurannya.

Memiliki ikan hias yang dipelihara di rumah memang terasa menyenangakn. Terutama jika ikan hias yang dipelihara, memiliki bentuk unik dan memiliki warna yang menarik. Ketika merasa bosan, anda bisa merawat ikan predator tersebut. Ketika ingin memelihara ikan predator satu ini, pastikan mengetahui beberapa tips agar ikan lain yang anda pelihara tidak ikut termakan.

Beri Komentar