10 Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 Tetap Bisa Hidup

Dalam membuat aquascape, tanaman merupakan hal yang sangat penting. Biasanya tanaman memerlukan CO2 untuk hidup dan berfotosintesis. Namun ternyata ada juga tanaman aquascape tanpa CO2 yang tetap bisa hidup.

Sebelumnya, untuk memilih tanaman air itu tidak boleh sembarangan. Kamu harus tahu dahulu bentuk dan sifat dari tanaman tersebut. Dan untuk membuat aquascape kamu harus kreatif dalam menentukan tanaman, membentuknya dan meletakkan tanaman agar terlihat indah.

Perlu diketahui bahwa hampir semua tanaman air membutuhkan CO2 untuk fotosintesis, sehingga kita perlu menambahkan alat berupa CO2 Injection. Hal ini cukup memberatkan bagi kita yang hanya dengan budget sedikit.

Untuk mengatasi masalah tersebut , dapat memilih tanaman aquascape tanpa CO2 agar dapat bisa menekan biayanya. Nah disini saya akan memberi informasi beberapa jenis tanaman air untuk aquascape yang bisa hidup walau dengan CO2 yang minim ataupun tanpa CO2 sekaligus.

10 Jenis Tanaman Aquascape Tanpa Co2

Jenis jenis tanaman air dibawah ini bisa menjadikan referensi buat kamu yang lagi mencari tanaman air yang tidak memerlukan Co2 yang tinggi dan mudah dirawat untuk yang masih pemula sekalipun.

1. Peacock Moss

tanaman air peacock moss untuk aquascape

Walau tangki akuarium hanya memiliki co2 yang rendah, namun tanaman peacock moss ini masih tetap bisa hidup dengan baik, warna daunnya pun tetap hijau segar. Dengan bentuk daun agak besar dan bercabang-cabang sehingga sangat cocok untuk substrat/alas aquascape.

2. Java Moss Untuk Aquascape

tanaman air java moss murah

Java moss merupakan jenis tanaman air yang sudah banyak dikenal, perawatan yang mudah menjadi alasan memilihnya.

Bentuk menyerupai rumput laut dengan daun dan batang yang memanjang. Bisa hidup di suhu air 21-32 drajat celsius.

  Alat dan Bahan Lengkap Untuk Membuat Aquascape

Biasanya java moss ini diletakkan diatas batu-batuan atau kayu, apabila sudah tumbuh dengan sempurna maka akan terlihat indah dan juga bisa sebagai tempat persembunyian dari ikan hias kamu.

3. Christmas Moss

tanaman air mudah hidup christmas moss

Seperti pada namanya, tanaman air ini bentuknya mirip dengan pohon natal yang sering kita lihat. Namun karena tumbuhnya tidak beraturan jadi kamu harus pintar untuk meletakkannya dan juga jika berasa sudah terlalu banyak bisa kamu ambil sebagian.

Karena memang pertumbuhan dari tanaman ini sangat cepat apalagi jika mendapatkan cahaya matahari yang banyak. Seperti pada peacock moss, bisa diletakkan di dekat batu/atas batu pada tangki aquascape kamu.

4. Singapore Moss

tanaman aquascape pemula singapore moss

Tanaman yang satu ini, dengan co2 rendah atau tidak ada pun tetap bisa hidup. Selain itu juga bisa hidup di cahaya yang minim, namun agar tumbuhnya bagus tetap berikan pencahayaan .

Bentuk daunnya panjang dan longgar, untuk aquascape cocok diletakkan di bagian kayu.

5. Fissiden Moss

Fissiden Moss yang mudah dirawat

Pada aquascape tanaman fissiden moss biasanya diletakkan di atas ranting atau kayu, bisa juga di batu-batuan.

Dalam merawatnya juga mudah, walau tidak perlu co2 yang banyak namun agar pertumbuhannya sempurna pastikan tidak kekurangan co2.

Pertumbuhannya lambat dan rimbun, jika diambil sisi positifnya kamu tidak perlu repot2 lagi menata ulang.

6. java Fern

java fern tanaman aquascape murah

Tanaman air satu ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula, karena perawatannya cukup mudah. Bentuknya seperti rumbut yang tumbuh keatas.

Kamu dapat menenggelamkan semua bagian, atau bisa juga sebagian daunnya diatas permukaan air.

Dalam aquascape, tanaman ini dipakai untuk konsep aquascape yang sederhana.

7. Tanaman Anubias

tanaman aquascape tanpa co2 anubias

Tanaman akar ini juga bisa menjadi pilihan untuk menambah keindahan aquascape kamu. Mudah hidup dan juga bisa beradaptasi di berbagai kondiris air karena memang dialam aslinya tanaman ini bisa hidup di sawah, pinggir sungai dan sebagainya.

Harga tanaman ari ini juga cukup murah. Bahkan bisa mendapatkan secara gratis di sawah jika kamu beruntung.

  6+ Hiasan Untuk Mempercantik Aquarium Yang Murah

8. Amazon Sword

amazon sword tanaman aquascape

Tanaman yang dari amazon ini biasanya dijadikan backgrond di aquascape, untuk menutupi kabel atau selang dari alat seperti aerator/filter. Selain itu juga dapat sebagai tempat persembunyian dari ikan.

Tanaman ini bisa tumbuh besar hingga 50 cm, jadi jika tangki akuarium kamu kecil. Sesekali kamu harus merapikan tanaman amazon sword ini.

9. Eleocharis Parvula

Eleocharis Parvula tanaman tanpa co2

Jenis tanaman air ini adalah tanaman karpet, karena bisa tumbuh dengan merambat dan cocok sebagai dasar aquascape.

Bentuknya memanjang dan merambat. Bisa juga sebagai tempat bersembunyi ikan-ikan kecil.

Usahakan jangan terkena cahaya yang banyak, nanti pertumbuhannya akan sangat cepat . Jika terlalu banyak maka malah dapat membuat aquascape kamu terasa sempit.

10. Lilaeopsis

Tanaman Air Lilaeopsis

Tanaman terakhir adalah lilaeopsis, bentuknya mirip dengan rumput yang sering kita temui di halaman atau lapangan. Mudah hidup, apalagi jika kena sinar matahari yang banyak pertumbuhannya sangat cepat.

Jadi sesekali kamu harus memotongnya dan merapikan agar tetap terlihat indah. tanpa perlu pupuk yang banyak tetap bisa tumbuh dengan baik.

Nah itulah 10 jenis tanaman aquascape yang tetap bisa hidup tanpa co2 yang banyak. Sebelum memilih, persiapkan dahulu konsep aquascape yang ingin dibuat. Tak kalah penting kamu juga harus membersihkan aquascape secara berkala agar tetap indah dan bersih.

Kamu jika bisa memanfaatkan bantuan makhluk hidup untuk sebagai pembersih alga atau lumut yang akan tumbuh di aquascapemu.

Gallery for 10 Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 Tetap Bisa Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *