Tips Memelihara Ikan Hias Air Laut

memelihara ikan hias air laut

Saat memelihara ikan hias, hal yang utama bukan hanya soal apa jenis dan harga ikannya. Tetapi yang utama malah keseluruhan keindahan yang ada di akuarium tersebut. Tidak perlu ikan yang mahal, asalkan kita pintar untuk menata akuarium tersebut akan enak dipandang.

Seni menata akuarium ini disebut dengan teknik aquascape. Yaitu dengan membuat akuarium seolah-olah seperti habitat aslinya. Memang yang paling populer di Indonesia adalah ikan hias air tawar yang dijadikan aquascape, karena dari segi manapun memang lebih mudah.

Perlu diketahui ikan hias air laut juga bisa dibuat teknik aquascape, dan menurut saya malah bisa lebih indah karena seperti kita melihat laut di akuarium kita.

ikan dory di laut

Tetapi untuk membuat aquascape dengan ikan hias air laut perlu keinginan dan tekat yang kuat. Karena untuk membuat aquascape air laut memang sangat berbeda sekali dengan aquascape air tawar, selain lebih mahal membuat aquascape air laut juga lebih rumit dan kompleks.

Tapi jangan khawatir disini saya akan membagi tips memelihara ikan hias air laut, jika kamu memahami dan melakukan semua tips yang akan saya bagikan saya percaya bahkan kamu akan berhasil untuk memelihara ikan hias air laut meskipun kamu masih pemula dalam bidang ini.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Menyiapkan Akuarium

Pastinya yang pertama yang wajib kamu siapkan adalah akuariumnya, untuk ukuran akuarium bisa kamu sesuaikan sendiri sesuai keinginan. Namun agar hasilnya maksimal usahakan panjang akuarium setidaknya sekitar 80 cm.

Menyiapkan Aksesoris Akuarium

Aksesoris yang dimaksud ini seperti pompa air yang berguna sebagai sirkulasi air dalam akuarium, dan skimmer yang digunakan untuk memecahkan kotoran lalu filter untuk menyaring kotoran tersebut.

Selain ini kamu juga perlu menyiapkan calcium reactor yang dapat menambah kandungan kalsium di akuarium dan coil denitrator biar bisa menetralkan nitrat yang berbahaya dari kotoran bisa di netralkan, kamu juga dapat menambahkan chiller untuk menurunkan suhu air dan jangan lupa juga menambahkan lampu sebagai pencahayaan di aquascape air laut kamu.

Menyiapkan Hiasan Akuarium

Setelah sudah menyiapkan aksesorisnya sekarang saatnya untuk menyiapkan hiasan untuk memperindah tampilan akuarium. Ini adalah hal yang terpenting dalam membuat teknik aquascape, hiasan yang dimaksud ini seperti pasir laut bisa yang kasar dan yang halus, lalu batu-batu karang.

Dan yang tak kalah penting adalah meyiapkan ait laut, untuk kamu yang dekat dengan laut pastinya tinggal ambil saya. Tetapi bagi yang jauh dari laut kamu bisa kok membeli air laut di penjual ikan hias air laut.

Dan untuk membeli ikan dan tanaman disarankan untuk membelinya belakangan karena proses pembuatan aquascape hingga siap untuk dimasukkan ikan dan tanaman hidup itu lumayan memakan waktu.

Menata Akuarium / Membuat Aquascape

terumbu karang

Ditahan inilah yang biasanya memakan banyak waktu apalagi untuk kamu yang masih pemula. Disini kita dituntun sekreatif mungkin dalam membuat aquascape atau menata semua aksesoris dan hiasan yang akan dimasukkan ke akuarium.

Seperti menata bagian filter air, penyedot kotoran serta memberi pasir laut, batu karang dan hiasan lainnya. Diproses ini kamu bisa juga bisa memasukkan dan menata tanaman air laut yang hidup dan memberi air laut.

Setelah itu hidupkan filter airnya agar air menjadi bening, agar proses maksimal kamu bisa mendiamkan aquascape kamu selama 3 hari sebelum memasukkan ikan ke dalam aquascape kamu.

Perawatan Ikan Hias Air Laut

Untuk merawat agar ikan hias air laut kamu tetap sehat, yang paling penting adalah rawatlah kondisi dan suhu air. Jangan memberi makan terlalu banyak dan setidaknya setiap bulan kamu membersihkan bagian filter air serta mengganti air laut.

Leave a Reply