Tips Simpel Memelihara Arwana di Akuarium

Siapa yang tidak kenal dengan ikan arwana ? ikan panjang yang memiliki sungut seperti lele ini menjadi incaran para kolektor ikan, karena nilai jualnya yang tinggi. Dengan memelihara ikan arwana di akuarium pun menjadi pilihan yang tepat.

Karena kamu dapat melihat dengan jelas keindahan ikan ini diberbagai sisi, untuk bisa mendapatkan arwana dengan warna yang bagus maka kamu perlu tahu informasi tentang memelihara arwana di akuarium .

Cara Memelihara Ikan Arwana dengan Mudah

1. Berikan Ukuran Akuarium yang Cukup Besar

arwana warna silver dengan sungut yang panjang

Ikan arwana memang dapat dipelihara di akuarium, namun ukuran akuarium ini harus diperhatikan mengingat ukuran tubuh arwana besar bisa melebihi 80 cm. Ukuran akuarium yang cocok untuk ikan arwana minimal tiga kali lebih besar, dari panjang seluruh tubuh ikan. Standarnya untuk ikan arwana yang mencapai 1 meter, maka ukuran akuarium adalah 1,5meter untuk panjang, 75 cm untu lebar, dan 60cm untuk tinggi.

Apabila kamu berniat untuk memelihara arwana di akuarium dari anakan, maka ukuran akuarium pun sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tubuh arwana. Meskipun memelihara dari anakan, langsung letakkan arwana kecil tersebut ke dalam akuarium yang berukuran besar untuk ikan arwana dewasa. Dengan begitu kita tidak perlu membeli akuarium yang baru setiap arwana mengalami pertumbuhan.

2. Bersihkan Air Secara Berkala

mempersiapkan akuarium untuk ikan arwana

Dalam pemeliharaan arwana, pastikan untuk selalu bersihkan air akuarium arwana. Bersihkan akuarium setiap hari, namun untuk membersihkan airnya jangan langsung menguras habis atau memindahkan ikan arwana ke dalam tempat lain. Cukup menguras air hingga tersisa 1/4 nya saja, dan menambahkan dengan air yang baru. Menguras dengan habis atau sering memindahkan ikan arwana justru berpotensi membuat ikan arwana kamu menjadi stress.

Untuk memelihara arwana di akuarium, berikan air yang serupa dengan habitat asli ikan arwana yaitu air tawar. Air yang digunakan haruslah air yang menganduk larutan oksigen, sehingga ikan akan nyaman berenang di dalam akuarium. Air yang bagus adalah air yang tidak berwarna, maupun tidak berbau. Keasaman air pun perlu diperhatikan, untuk arwana ukuran pH 6 hingga 7 adalah tingkat keasaman yang sesuai.

3. Berikan Pakan yang Cocok untuk Arwana

beberapa makanan ikan arwana yang alami

Ikan arwana menyukai pakan seperti jangkrik, ikan kecil, hingga udang. Namun kamu dapat memberikan makanan lainnya seperti lipan, cicak, hingga cacing. Pakan lipan memiliki khasiat yang baik untuk keindahan sisik arwana, namun berikan pakan tersebut hanya sesekali saja. Hal ini karena dalam memelihara arwana di akuarium, umumnya ikan arwana akan menyukai satu jenis pakan saja.

Perlu diperhatikan juga jenis pakan yang diberikan apakah pakan tersebut mengambang di air, atau justru akan jatuh ke dasar air. Dalam pemeliharaan akuarium, kamu dapat memberikan pakan seperti udang maupun cacing yang akan turun ke dasar air. Usahakan untuk tidak terlalu sering diberikan kepada ikan arwana, hal ini karena ikan arwana yang terbiasa melihat ke bawah bisa berakibat mata juling. Berikan makanan yang juga mengambang di air untuk menghindari hal tersebut.

4. Penempatan Akuarium Ikan Arwana

ikan arwana super red yang dipelihara di akuarium

Ikan arwana menyukai suasana yang tenang dan aman dari segala gangguan, oleh karena itu apabila kamu berniat untuk memelihara arwana di akuarium usahakan untuk meletakkan akuarium di tempat yang sepi dan tenang.

Umumnya, ikan arwana akan membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Untuk itu berikan sebuah kertas yang menutupi sebagian kaca akuarium, sebagai tempat bersembunyi.

Ikan arwana memang menjadi ikan primadona, bagi para pecinta ikan hias. Bentuknya yang memanjang dan ramping, terlihat begitu anggun ketika berenang sehingga akan sangat menarik untuk dipandang.

Tak heran banyak yang rela merogoh kocek yang dalam untuk memiliki ikan hias ini. Meskipun cantik, namun pemilik arwana pun harus melakukan beberapa perawatan yang khusus. Perawatan yang intensif tentu berpengaruh pada kesehatan serta umur dari arwana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *