Udang Hias Red Cherry Shrimp Cocok Untuk Aquascape

Red Cherry Shrimp tidak diragukan lagi ialah udang yang sangat terkenal untuk para penghobi ikan hias, dikarenakan mudah untuk berkembangbiak selain itu kemampuannya buat hidup dalam bermacam parameter air. Karena perawatannya yang mudah udang hias red cherry shrimp ini cocok untuk kamu yang masih pemula, serta juga sudah banyak penjual dan harganya pun cukup murah.

Udang Hias Red Cherry Shrimp

Udang Red Cherry merupakan tipe udang air tawar family Caridina yang berasal dari Taiwan. Udang yang bisa hidup hingga 2 tahun ini mempunyai corak merah transparan yg menawan. Untuk udang jantan Red Cherry memiliki corak lebih menyala dan berdimensi lebih kecil dibanding udang betina.

Udang Red Cherry merupakan omnivora yaitu pemakan alga sehinga sesuai buat membersihkan alga di akuarium kamu. Udang tipe ini menggemari ekosistem berbentuk tumbuhan dan rumput sehingga sangat cocok untuk penghuni aquascape.

Parameter Air

Red Cherry Shrimp bisa dipelihara dalam bermacam parameter air. Aku memeliharanya dalam kisaran pH dari 6, 0 hingga 8, 0, temperatur dari 72F/ 22C hingga 84F/ 29C serta di banyak substrat serta saya tambahkan batu-batuan. Udah menjadi rahasia umum kalau udah red cherry shrimp ini mampu bertahan walau kondisi air kurang bagus, bahkan bisa bertahan hidup tanpa adanya filter air. Tapi jika dipelihara diakuarium dengan metode aquascape saya tetap menganjurkan untuk memakai filter air.

Makanan Udang Red Cherry

Udang Red Cherry tak memerlukan jenis makanan yang khusus, karena udang ini bisa memakan hampir semua jenis makanan udan atau ikan hias biasanya. Dapat diberi makan mulai dari bayam, zucchini, wafer alga, pelet udang, serpih ikan, cacing darah, dan sebagainya. Pemberian makan dengan tertib merupakan kunci supaya Red Cherry Shrimp Kamu tumbuh dengan baik. Bila koloni Red Cherry Shrimp, ciri-ciri udang red cherry yang sehat saat diberi makanan dia akan langsung menghampiri dan menyantap makanan tersebut.

Pemberian makan udan tak perlu terlalu sering, cukup sekali sehari saja itu sudah cukup. Sehingga tidak ada makanan yang sisa yang dapat membuat keruh air di akuarium. Udang juga dapat memakan apapun yang berada di dasar akuarium sehingga jika kamu lupa memberi makan udang dalam 1 atau 2 hari itu tidak masalah, udang kamu tetap bisa bertahan hidup.

Tipe kelamin

perbedaan udang jantan dan betina

Membedakan tipe kelamin Red Cherry Shrimp sangat gampang. Betina gampang dikenali sebab ukurannya lebih besar dari pada jantan, mempunyai warna yang lebih gelap, serta pula mempunyai perut yang melengkung. Pada gambar diatas kamu dapat mengetahui perbedaaannya karena udang jantan terlihat lebih kecil.

Udang betina juga memiliki sebuah ‘pelana’ atau umumnya disebut telur yang masih berada dalam ovarium yang letaknya di bagian belakang kepala atas dari indukan udang betina. Disebut pelana dikarenakan bentuknya seperti punggung kuda. Warna pelana nya bisa hijau ataupun kuning.

Berkembangbiak

telur udang hias

Red Cherry Shrimp adalah udang yang sangat produktif, mereka dapat berkembangbiak dengan mudah. Bahkan udang betina bisa terus berkembangbiak tanpa ada musimnya. Untuk masa kehamilan dari udang red cherry betina ini sekitar 35-45 hari hingga menetas. Ciri-ciri udang betina mau menetas yaitu telur-telur di perutnya udah mulai nampak titik-titik hitam yang merupakan mata dari calon anak udangnya. Sekali menetas anak udang Red Cherry Shrimp bisa ratusan tetapi ada sebagian yang tidak bisa bertahan hidup.

Leave a Reply