Yuk Cari Tau Cara Merawat Ikan Gabus Si Predator Populer

Terdapat ikan predator yang cukup populer di lingkup pencinta ikan pemangsa Indonesia, yaitu snakehead fish atau biasa dikenal dengan nama ikan Gabus. Tingkat kepopulerannya, membuat pecintanya memiliki forum khusus membicarakan predator satu ini. Bagi anda yang ingin memelihara ikan ini, ada baiknya mengikuti form tersebut agar bisa saling berbagi tips agar ikan dapat tumbuh sehat, berikut salah satu cara yang bisa dilakukan.

ikan gabus

Mengenal Hingga Cara Merawatnya

1. Memberikan Ruang Gerak Luas

Jika berbicara mengenai ikan hias, tentu anda memikirkan untuk membeli aquarium dengan ukuran yang biasa digunakan untuk ikan hias kecil. Namun hal ini tidak berlaku jika ingin memelihara ikan predator satu ini. Ketika memelihara predator populer ini, anda membutuhkan ruang yang cukup luas dan besar. Hal ini dikarenakana pertumbuhan ikan yang cukup cepat, sehingga anda perlu menyiapkan tempat ekstra agar ikan dapat berenang bebas tanpa halangan.

Tidak hanya ukuran aquarium atau kolam saja yang harus diperhatikan, namun anda juga perlu memperhatikan  tempat untuk persembunyian ikan Gabus. Tempat khusus ini harus ditata sedemikian rupa agar ikan dapat bertahan hidup dengan baik. Pilihlah tempat persembunyian ikan yang terbuat dari kayu dan tanaman air. Tempat ini bukan hanya sebagai tempat persembunyian, namun dapat digunakan sebagai tempat untuk menjaga wilayah hidup mereka.

2. Karakter Ikan yang Harus Diketahui

Berencana memlihara ikan predator ini, berarti anda harus menyiapkan ruang khusus bagi mereka, sebab karakter ikan ini yang primitif dan teritorial. Apabila anda memaksakan ikan untuk hidup berdampingan dalam satu aquarium, maka ikan akan saling berkelahi dan saling membunuh. Salah satu trik yang bisa dilakukan agar ikan predator ini bisa hidup berdampingan dengan yang lainnya adalah dengan menggabungkan mereka sejakmasih kecil.

snakehead fish

Trik ini memang tidak bisa dilakukan sembarangan dan tidak dapat dikatakan efektif, sebab karakter ikan Gabus yang kanibal membuatnya susah untuk disatukan dalam satu tempat. Karakter kanibal yang dimiliki, menjadikan mereka yang kuat dan tumbuh lebih cepat akan bertahan serta lebih dominan. Sedangkan untuk ikan yang lemah akan bersembunyi di balik dedaunan yang ada pada tanaman hias dan mendapatkan jatah makanan sedikit yang mengganggu pertumbuhan ikan.

3. Ukuran Tubuh yang Dimiliki

Pertumbuhan ikan predator ini beragam awalaupun dikenal memiliki pertumbuhan yang cukup pesat. Dalam beberapa spesies, ikan ini mampu tumbuh cukup besar sehingga membutuhkan ruang yang lebih luas. Bagi anda yang ingin memelihara ikan ini namun tidak memiliki ruang yang mencukupi, sebaiknya memilih ikan predator ini yang memiliki jenis tertentu  dengan ukuran yang tidak terlalu besar, seperti Channa Pulchra, Channa Panaw, Channa bankanensia, dan sebagainya.

Di bebrapa tempat di benua Asia, terdapat beberapa jenis ikan predator ini yang memiliki ukuran sangat besar jika dibandingkan dengan yang lainnya. Di Asia sendiri, terdapat berbagai jenis Gabus terbesar dengan ukuran panjang tubuhnya yang fantastis jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Posisi pertama diduduki oleh Channa Marulius yang dapat hidup hingga berukuran 180 cm.

Ikan Gabus berikutnya yang memiliki panjang terbesar kedua diberikan kepada Channa Micropeltes dengan panjang tubuh mencapai 250 cm. Pada posisi ketiga, ditempati oleh Channa Burmanica yang bisa memiliki panjang tubuh hingga 106 cm. Selain itu, ikan predator ini juga tersebar di beberapa titik di Afrika, seperti jenis Parachanna Africana, Parachanna Insignis, dan Parachanna Obscura yang memiliki panjang tubuh terbesar adalah 50 cm.

Memelihara ikan predator, bukan berarti anda bisa melepaskannya begitu saja. Justru karena keganasannya, ikan predator harus dirawat dengan cara khusus agar tidak menyerang ikan lainnya. selain itu, ikan predator diketahui memiliki bentuk tubuh yang besar jika dibandingkan dengan ikan hias lainnya, sehingga anda memerlukan ruang lebih luas agar ikan dapat berenang bebas dan tumbuh sehat.

Beri Komentar