Yuk Kenali 6 Jenis Ikan Predator Air Tawar Paling Ganas

Beberapa tahun silam, publik sempat digemparkan perihal kasus pelepasan ikan predator air tawar di kawasan Sungai Brantas, Mojokerto. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, karena ikan air tawar endemik yang berasal dari sungai Amazon yakni Arapaima Gigas memang terkenal sebagai predator yang ganas. Tak hanya itu saja, masih terdapat beberapa ikan ganas lain yang harus anda tahu. Untuk itu, simak ulasan berikut ini.

Beberapa Jenis Ikan Air Tawar Yang Berjenis Predator

1. Ikan Kepala Ular (Snakehead)

ikan kepala ular

Ikan ini menjadi salah satu ikan yang cukup ditakuti. Hal ini dikarenan bahwa ikan kepala ular ini terkenal rakus  dalam memburu makanan, baik memangsa invertebrata, katak hingga ikan yang lebih kecil atau menyerang apapun yang bergerak. Para ahli biologi pun cukup sering untuk memperingatkan akan ganasnya ikan ini sehingga dapat menelan hewan-hewan jenis air tawar lain yang berada di Amerika Utara.

2. Ikan Piranha (Pygocentrus Nattereri)

ikan piranha

Hewan satu ini memang sudah terkenal untuk menjadi ikan predator air tawar yang sangat berbahaya. Hal ini terlihat dari beberapa film yang sering menampilkan ikan piranha sebagai karakter pembunuh yang sangat lihai. Ikan ini, termasuk salah satu jenis ikan predator yang paling ganas di sungai-sungai di Amerika Selatan. Dengan sifat hidup yang berkelompok, ikan piranha dapat melahap satwa di sekitarnya dengan cepat, bahkan hingga tanaman yang berada di sungai.

3. Ikan Pari Air Tawar Raksasa (Himantura Chaophraya)

ikan pari air tawar

Ikan yang diketahui menghuni sungai-sungai yang berada di kawasan Asia Tenggara dan Australia ini merupakan salah satu jenis ikan predator yang memiliki panjang mencapai 5 meter. Meskipun memiliki ukuran yang sangat panjang, namun keberadaan ikan pari raksasa ini sulit untuk dilihat. Hal ini disebabkan oleh seringnya ikan pari ini mengubur dirinya sendiri pada sedimen sungai.

4. Ikan Muskellunge (Esox Masquinongy)

ikan Muskellunge

Ikan predator air tawar ini merupakan raja pada habitat air tawar di Amerika Utara. Dengan berat yang mencapai 32 kilogram dan memiliki panjang 1,8 meter membuat ikan ini pantas untuk mendapatkan julukan tersebut. Ikan yang berbadan besar dan memiliki gigi tajam ini tentu saja memiliki tubuh yang kuat. Karena itu, tak susah bagi ikan Muskellunge untuk menarik mangsanya yang besar hingga ke bawah air untuk dimakan.

5. Belut Listrik (Electrophorus Electricus)

belut listrik

Belut listrik adalah salah satu ikan yang mendiami daerah perairan Amazon, tepatnya pada lembah Orinoco di Amerika Selatan. Ikan satu ini, memiliki cara bertahan hidup dan memburu mangsanya yang cukup unik, yaitu melalui semburan listrik yang kuat dan mematikan. Dengan organ internal khusus yang dimilikinya, belut ini dapat menghasilkan listrik lebih besar dari 500 volt yang bisa untuk membunuh manusia dengan ukuran dewasa.

6. Aligator Gar (Atractosteus Spatula)

merawat aligator

Jenis ikan ini merupakan aligator terbesar di dunia yang umumnya memiliki panjang 2,5 meter dengan kisaran berat 100 kg. Ikan ini juga termasuk jenis ikan predator air tawar yang cukup agresif dan untuk beberapa negara sangat dilarang untuk diperjual belikan. Karen hal tersebut bisa menyebabkan rusaknya ekosistem alami sungai. Menurut para ahli, aligator gar ini dianggap sebagai salah satu fosil hidup karena sudah ada sejak ratusan juta tahun yang lalu.

Dengan memiliki julukan predator, ikan tersebut tentu saja sangat berbahaya. Selain mengancam ekosistem sungai, tentunya ikan ini juga berbahaya untuk manusia. Namun, ada juga beberapa jenis ikan predator yang dapat anda jadikan untuk peliharaan. Hal ini terlihat dari adanya beberapa ikan yang menghuni akuarium untuk mempercantik rumah anda. Akan tetapi, anda perlu tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar sebelum memeliharanya.

Beri Komentar