Yuk Ketahui Cara Mudah Merawat Ikan Arapaima Gigas

Jika kamu menyukai ikan predator, tak ada salahnya untuk mengenal ikan arapaima gigas. Ikan predator satu ini mempunyai beberapa keunggulan dari ikan lainnya, dan untuk merawat ikan arapaima gigas pun tidaklah sulit.

Ikan ini dikenal sebagai ikan air tawar dengan ukuran yang  besar di dunia. Yuk simak cara mudah merawatnya di aquarium.

ikan predator Arapaima Gigas

Beberapa Tips Cara Merawat Ikan Arapaima Gigas

1. Memilih Aquarium Tepat

Sebaiknya anda menyediakan aquarium dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran sang ikan, agar ikan dapat bergerak lebih leluasa dan dapat hidup lebih besar. Agar lebih hemat, anda bisa membeli aquarium yang berukuran besar sekaligus agar bisa dipakai selagi ukuran ikan terus bertambah. Hal ini semakin perkuat dengan adanya pertumbuhan ikan yang cukup pesat. Untuk ukuran dewasa, mereka bisa mencapai lebih dari 5 meter.

Anda bisa memberikan ornamen pada aquarium bagian belakang, dimana hanya berbentuk foto  yang menggambarkan  panorama bawah air menawan.  Namun anda juga bisa membiarkan aquarium tampak polos agar Arapaima Gigas dapat bergerak leluasa. Bagi anda tidak ingin aquarium terlihat polos, bisa menambahkan bebatuan kecil yang diletakkan di pingguran aquarium. Sehingga, bagian tengah aquarium tetap lapang untuk pergerakan sang ikan.

2. Pilihlah Makanan yang Sesuai

Jika anda memperhatikan, ikan satu ini memiliki kemiripan dengan ikan predator yang populer di masyarakat, yaitu ikan Arwana. Selain bentuknya, ikan predator satu ini juga memiliki kemiripan lainnya dengan ikan Arwana, yaitu sama sama memakan daging dagingan. Anda bisa memberikannya pakan berupa udang kupas, jangkrik, ikan mas, hingga tikus putih. Untuk mempertahankan naluri berburunya, anda bisa memberikannya pakan yang masih hidup.

Walaupun dianjurkan untuk memberikan pakan hidup pada Arapaima Gigas, bukan berarti anda tidak diperbolehkan untuk memberikan pakan olahan. Anda bisa memberikan pakan olahan sesekali, saperti memberikan fillet ikan, daging yang telah dipitong potong, dan lainnya. Walaupun pemakan daging, sebaiknya hindari untuk memberikan pakan cicak atau kecoak. Sebab, dikhawatirkan bisa menularkan penyakit kepada ikan lain yang ada pada satu wadah.

3. Memilih Benih Ikan yang Sehat

Ketika hendak membeli benih ikan ini, sebaiknya pilih benih ikan yang berkualitas baik dan sehat. Hal ini bisa dilihat dari bentuk fisiknya yang tidak ada cacat ataupun sakit.  Saat ini, ikan satu ini mudah didapatkan di toko ikan hias terdekat, bahkan anda juga bisa menemukannya melalui toko online, dimana mereka menjajakan berbagai warna dari spesies yang berbeda. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya peminat terhadap ikan jenis ini.

Walaupun banyak ditemui di pasaran, ikan ganas ini termasuk ikan yang terancam punah. Sehingga, pastikan terlebih dahulu apakah anda akan mendapatkan berkas yang menunjukkan legalitas pembelian. Hal ini untuk meminimalisir kerugian akibat salah memilih benih ikan Arapaima Gigas. Selan itu, anda tidak disarankan untuk membeli ikan tersebut apabila tidak mampu merawatnya dengan benar dan sepenuh hati.

Bagi anda yang menyukai ikan hias yang hidup di air tawar daripada ikan air payau ataupun air asin, bisa mencoba memelihara ikan ganas satu ini. Ikan yang terkenal dengan keganasan serta keindahannya ini, ternyata berasal dari negara seberang yaitu Brasil. Tidak jarang ikan satu ini dipelihara untuk mengetahui sang ikan akan tumbuh, karena ikan tersebut dikenal dengan ukurannya yang besar untuk ukuran ikan hias air tawar.

Beri Komentar