10 Jenis Ikan Louhan Yang Cantik Beserta Harganya

Ikan louhan adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara, apalagi ikan ini sangat cocok untuk ditempatkan di akuarium.

Dengan menaruhnya pada akuarium kita bisa dengan mudah untuk melihat kecantikan dari warna ikan louhan ini. Ikan louhan juga mempunyai keunikan di bagian kepala atas yang menonjol atau sering juga disebut “si jenong”.

Ikan yang mempunyai nama latin Flowerhorn / Amphilophus Trimaculatus merupakan jenis ikan hias air tawar yang asalnya dari Malaysia dan taiwan, namun karena warna yang cantik dan mempunyai keunikan pada kepalanya sehingga ikan hias ini sudah menyebar di berbagai negara, bahkan di Indonesia sendiri ikan louhan sudah banyak digemari sejak dahulu.

Ikan louhan termasuk spesies Hybrid yang berarti ikan hias ini bukan spesies murni dari alam namun hasil campur tangan oleh manusia dengan perkawinan silang sehingga ada banyak sekali jenis ikan louhan, tapi pada kesempatan ini saya akan share 10 jenis ikan louhan yang cantik dan yang banyak dijumpai di Indonesia tercinta ini.

10 Jenis Ikan Louhan Yang Wajib di Ketahui

1. Ikan Louhan Strom

Ikan louhan jenis strom berasal dari para pembudidaya louhan di Thailand, ciri utama dari jenis ini yaitu biasanya memiliki tiga buah warna silver, biru, dan merah pada tubuhnya seperti pada gambar diatas, dengan perpaduan 3 warna tersebut menjadikan daya tarik bagi kita penggemar ikan hias.

Ikan louhan jenis ini memiliki harga yang lumayan mahal sekitar 2,5 juta dan di Indonesia sendiri masih agak jarang untuk dijumpai jenis ikan yang satu ini.

2. Ikan Louhan Golden Base

Louhan jenis ini cenderung berbeda dari yang jenis louhan strom, karena ikan louhan jenis golden base ini seluruh tubuhnya di penuhi dengan warna merah, agak sulit untuk mengenali ini karena ada beberapa jenis ikan louhan juga yang mempunyai warna merah pada seluruh tubuhnya.

Golden Base adalah jenis dari persilangan ikan louhan ed Devil Chichlid (Amphilophus Labiatus) atau Midas Chichlid (Amphilophus Citrinelus). Pada awalnya louhan jenis ini mempunyai warna hitam pekat, namun pada suatu fase warna itu pudar dan berganti menjadi warna kuning ke merah-merahan sehingga ikan louhan golden base tidak mempunyai warna hitam di tubuhnya atau sering disebut free marking.

Ikan ini biasanya dihargai sekitar 1,8 Juta per ekornya

3. Ikan Louhan Kemalau

Louhan jenis ini sudah tergolong langka karena banyak sekali peminatnya, ciri utama dari jenis ini mempunyai perpaduan warna yang berbeda pada bagian tubuh satu dengan lainnya selain itu juga mempunya bintik seperti mutiara pada seluruh bagian tubuhnya

Biasanya ikan houhan kemalau memiliki dua warna yaitu merah tua pada bagian kepala serta merah mudah pada bagian tubuhnya.

Di pasaran ikan louhan kemalau ini biasanya dihargai dikisaran 600 ribu per ekornya.

4. Ikan Louhan Super Red Texas

Walaupun nama jenis ikan ini Super Red Texas, tapi ternyata ikan ini berasal dari Thailand. Ikan louhan jenis ini juga hasil campur tangan manusia dengan persilangan dari ikan louhan golden red dengan ikan louhan texas child abu-abu.

Super Red Texas mempunyai dominan warna merah serta ada bintik-bintik seluruh badannya sehingga menyerupai buah strawberry.

Harga dari ikan louhan jenis Super Red Texas masih tergolong mahal dipasaran masih sekitar 2,3 juta untuk per ekornya tapi harga segitu juga sebanding karena memang ikan jenis ini mempunya corak warna yang cantik

5. Ikan Louhan Golden Red

Menurut saya ini jenis ikan louhan paling cantik karena memiliki perpaduan warna dari merah dan emas yang menjadikan warna pada ikan ini sangat cantik.

Harga ikan louhan jenis ini juga terbilang lebih mahal dari harga ikan louhan jenis yang lainnya. Untuk seekornya louhan jenis ini di bandrol dengan harga 3 juta rupiah.

6. Ikan Louhan Super Red Synspillum

Jenis ikan louhan memang kebanyakan dari Thailand, seperti jenis yang satu ini selain memiliki keunikan dari sisi corak warna yang indah bisa memanjakan mata ikan louhan jenis Super
Red Synspillum juga terkenal akan daya tahan yang bagus terhadap berbagai penyakit yang akan menyerangnya

Memiliki warna yang dominan merah bersih membuat banyak sekali peminat dari louhan jenis ini. Untuk bisa memiliki louhan ini kamu setidaknya harus mengeluarkan uang sebesar 2,5 juta rupiah untuk membeli satu ekornya.

7. Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Sesuai dengan namanya jenis louhan ini memiliki warna dominan merah menyala, selain itu yang unik dari jenis ini adalah memiliki jenong yang besar dari jenis ikan louhan lainnya

Super Red Dragon adalah jenis ikan louhan yang paling populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia louhan jenis ini juga banyak sekali peminatnya. Sebenarnya ikan louhan jenis SRD ini memiliki dua jenis lagi, yaitu louhan SRD dari lokal (Indonesia) dan dari Thailand, untuk harganya tentu lebih mahal yang dari Thailand karen bentuk warnanya lebih bagus

Untuk harga ikan louhan jenis ini dipasaran biasa di bandrol dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah.

8. Ikan Louhan Cencu (Zhen Zhu)

Ikan Louhan Cencu memiliki arti yaitu louhan mutiara, jenis louhan yang dihasilkan dari perkawinan dari Trimac Chichlid (Chichlasoma Trimaculatus) .

Jenis ikan louhan cencu ada 2, yaitu cencu klasik dan cencu modern, pebedaan mencolok pada dua jenis ini yaitu kalau yang cencu klasik tak begitu jelas bentuk mutiara nya dan jenongnya juga cenderung lebih kecil jika dibandingkan cencu modern.

9. Ikan Louhan Bonsai

Louhan bonsai adalah salah satu jenis ikan louhan yang bentuknya lebih kecil kalau dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya. Louhan jenis ini memiliki kelainan genetik sehingga membuat bentuk tubuh cenderung bulat, pendek, bantet tapi inilah yang menjadi keunikan dari ikan louhan jenis bonsai ini,

Jenong ikan louhan ini lumayan besar dan badannya dipenuhi berbagai warna seperti merah, kuning, silver, hijau, putih.

Untuk harga ikan louhan bonsai ini tergolong tidak terlalu mahal, hanya sekitar 800 ribu rupiah untuk satu ekornya.

10. Ikan Louhan Kamfa (Chinghwa)

Louhan jenis ini adalah hasil dari perkawinan ikan jenis flowerhorn dengan spesies genus Vieja atau juga dengan Parrot Cichlid sekitar tahun 2000 – 2001. Dan adanya yang varian baru yang memiliki mata cekung, mulutnya pendek, serta sirip menutup selain itu jenongnya juga lebih besar.

Ciri khusus dari louhan jenis Kamfa adalah warna pada sisiknya menyerupai bunga hal ini yang membuat daya tarik sehingga banyak penggemar ikan hias memeliharanya.

Bagaimana menurut kamu, lebih suka jenis ikan louhan yang mana? atau sekarang kamu sudah memiliki salah satu dari 10 jenis ikan louhan di atas? coba ceritakan pengalaman kamu di komentar ya tentang pengalaman memelihara ikan louhan ini.

Beri Komentar