3 Jenis Ikan Predator Nokturnal Yang Harus Kamu Tau

Pernahkan anda mendengar atau mempunyai teman yang dijuluki nokturnal karena lebih aktif di malam hari ? Hal ini juga berlaku pada hewan ganas yang biasa dipelihara di rumah. Pada beberapa ikan predator yang lebih aktif di malam hari, bahkan insting berburunya lebih aktif ketika menjelang malam hari. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui kebiasaan ikan peliharaan, sehingga bisa menyesuaikan jadwal untuk memberikan makan. Yuk intip predator apa saja yang nokturnal. 

Beberapa Jenis Ikan Ganas yang Aktif Di Malam Hari

1. Red Bellied Piranha

Red Bellied Piranha

Ikan satu ini memang sudah banyak dikenal di masyarakat karena keganasannya. Namun banyak yang tidak tau bahwa, hewan satu ini ternyata nokturnal alias lebih aktif di malam hari. Namun untuk ikan yang lebih muda, biasanya sudah aktif sejak sore hari. Sedangkan untuk ikan piranha yang lebih dewasa, akan mencari mangsa di malam hari, atau bahkan menjelang petang. Ketika ingin berburu, hewan satu ini lebih suka untuk berkelompok.

Makanan yang biasa diburu ikan predator ini adalah serangga, cacing, ikan, hingga krustasea. Namun tidak jarang pula, ikan ganas satu ini memangsa seekor capybara. Namun perlu diketahui bahwa, hewan satu ini ternyata tidak jarang untuk tidak memangsa apapun, sehingga mengharuskan mereka untuk memakan apa saja yang tersedia di habitatnya seperti siput, potongan daging, bahkan tanaman di sekitarnya.

Ketika anda memutuskan untuk memelihara ikan ganas tersebut, dirasa tidak perlu terlalu khawatir sebab anda bisa kpaan saja memberikan makan. Hal ini dikarenakan sang ikan bisa beradaptasi atau bisa menyesuaikan dengan jam makan apabila sudah dirawat di dalam aquarium. Hal ini sama saja seperti manusia yang terkadang lebih aktif di malam hari karena alasan tertentu, seperti kerja lembur, menjaga pasien, ataupun sekedar bersenang senang.

2. Ikan Palmas Si Naga Cantik

ikan palmas albino

Siapa yang menyangka bahwa ikan yang mirip dengan legenda naga dari China ini, ternyata cenderung pasif ketika matahari sedang terbit alias aktif di malam hari. Bahkan diketahui bahwa ikan predator ini telah di hidup sejak ratusan tahun lalu. Jika dilihat, memang bentuknya mriip dengan naga dari legenda, namun ukurannya lebih kecil daripada yang digambarkan. Ikan naga mempunyai beberapa spesies seperti Orna, Lapradei, Tali, Senegalus, dan masih banyak lagi yang lain.

Jika anda memelihara ikan prasejarah ini, anda tidak perlu khawatir tentang jenis makanan apa yang sebaiknya diberikan. Sebab, ikan satu ini ternyata fleksibel atau tidak pemilih untuk makanan. Bahkan mereka bisa diberikan makanan hidup maupun yang sudah mati. Apabila anda kebingungan mencari makanan hidup, anda bisa memberikan makanan dari potongan lele, cacing beku, udang, ataupun makanan khusus predator.

3. Wolf Fish yang Mirip Batu

ikan Wolf Fish

Seperti namanya, ikan ini lebih aktif di malam hari layaknya seekor serigala. Ikan ini akan mencari mangsa ketika malam hari, sedangkan ketika siang hari cenderung untuk tidur. Hal ini juga diperkuat dengan adanya insting berburu yang kuat serta kemampuan khusus pada penglihatan yang lebih tajam ketika melihat di dalam gelap. ikan predator ini bisa hidup mencapai 120 cm dan beratnya mencapai 40 kg.

Ketika malam hari, makhluk hidup cenderung memiliki tingkat kewaspadaan yang rendah, sebab malam hari merupakan waktu untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah. Namun hal ini tidak berlaku bagi beberapa makhluk hidup, terutama untuk beberapa spesies predator. Sehingga anda tidak perlu terkejut apa bila hewan peliharaan anda terlihat aktif di malam hari, karena bisa saja termasuk hewan nokturnal.

Beri Komentar