5 Cara Mudah bersihkan Akuarium Agar Tetap Jernih

Akuarium bersih dan air yang jernih pasti akan menjadi daya tarik tersendiri dan bisa membuat dekorasi ruangan menjadi lebih nyaman di lihat, buat akuarium kamu yang kotor berikut adalah cara mudah bersihkan akuarium.

Tapi semua itu tidak akan terwujud kalau kamu malas untuk membersihkan akuarium karena walau sudah pakai filter air yang berguna untuk menyaring kotoran tapi lama-kelamaan kaca akuarium juga tetap akan kotor kalau lama tidak di bersihkan apalagi akuarium yang terdapat pula tanaman air yang hidup seperti ganggang atau lumut itu juga mengeluarkan kotoran alhasil kotoran akan menempel pada tanaman dan dinding-dinding kaca akuarium.

cara mudah bersihkan akuarium

Jika akuarium kamu sudah kotor itu bukan lagi membuat ruangan lebih indah, malah kesannya sekarang malah membuat ruangan kamu jadi kurang nyaman. Cobalah luangkan waktu untuk membersihkan akuarium kamu, dan akan saya bantuk kasih tips 5 Cara Mudah bersihkan Akuarium dan jika kamu melakukannya dengan benar saya yakin akuarium kamu akan terlihat bersih dan indah lagi karena sebenarnya membersihkan akuarium itu mudah, dan sebelum membersihkan akuarium siapkan dulu alat atau bahan pembantunya seperti;

  • Kain lap
  • Spons
  • Cairan Pembersih kaca
  • Jaring
  • Bak
  • Penyedot air akuarium

Sebenarnya gak harus semua bahan diatas disediakan karena yang paling penting adalah kain lap, spons, bak, pembersih kaca. Dengan ini saja sudah cukup bisa membersihkan akuarium jika memang bahan di rumah tidak tersedia atau tidak sempat untuk menyediakan. Lalu setelah menyiapkan bahannya sekarang kita tinggal eksekusi untuk pembersihannya, yaitu yang pertama adalah

Ikan mas koki di baskom

1.PINDAHKAN SEMUA ISI AKUARIUM

Pertama-tama amankan dulu alat elektroniknya seperti filter/pompa air, lampu di pindahkan ke tempat yang aman, sesudah itu mulailah untuk memindahkan semua ikan yang ada di akuarium ke bak penampungan sementara untuk memindahkannya harus hati-hati agar tidak membuah ikan tersebut stres. Bisa dengan tangan ataupun pakai jaring jika memang sulit untuk di tangkap atau ikannya kecil, oh iya untuk ikan yang mudah mati seperti ikan mas koki di bak sementara itu saran saya dikasih tanaman sedikit dan filter air agar tetap hidup.

Dan jika akuarium kamu pakai prinsip aquascape maka pindahkan juga tanaman/karang/pasir ke bak juga tapi jika bisa jangan dicampur karena nanti kita juga harus bersihkan semua tanaman airnya lalu kuras habis air yang ada di akuarium tersebut, untuk menguras air kamu bisa gunakan alat pompa air atau bisa pakai gayung karena tadi ikannya sudah kita ambil jadi bisa dikuras dengan gayung dan setelah air tinggal sedikit bisa memakai spons karena menyerap air.

bersihkan akuarium yang kotor

2. BERSIHKAN BAGIAN DALAM AKUARIUM

Sekarang saatnya tunjukkan keahlian kamu untuk membersihkan kaca akuarium di bagian dalam, jika ingin mudah kamu tinggal pakai cairan pembersih kaca agar lebih cepat prosesnya dan juga hasilnya lebih maksimal karena bisa membersihkan kotoran yang sampai berkerak tapi jangan sembarangan memakai cairan pembersih kaca karena ini tergolong cairan keras maka disarankan kamu konsultasi dulu/tanya kepada orang yang lebih pengalaman cairan pembersih kaca mana yang cocok dan baik untuk akuarium.

tanaman air yang kotor
tanaman air

3. CUCI TANAMAN DAN DEKORASI AKUARIUM

Jika kamu pakai tanaman air yang hidup maka cuci tanaman tersebut dengan hati-hati dan buang tanaman yang sudah mati atau sudah kurang bagus untuk di pajang lagi di akuarium. Bersihkan juga karang, batu, ataupun pasir yang kamu gunakan dengan cairan pembersih khusus yang aman untuk ikan karena juga memakai sabun deterjen takutnya bisa berdampak buruk bagi ikan kamu. Belilah cairan pembersih yang dijual di toko ikan atau toko akuarium

menata aquascape agar terlihat bagus
menata aquascape

4. TATA KEMBALI TANAMAN DAN PENDUKUNGNYA

Setelah proses pembersihan akuarium yang melelahkan selesai,sekarang saatnya untuk menata kembali atau mendekorasi akuarium kamu, kamu bisa mengembalikan suasana seperti semula atau bisa dengan tampilan yang berbeda. Sekarang kamu bisa lagi memasukkan Aquascape nya seperti pasir,krikil, batu, batang pohon, tanaman air dll. Sekarang untuk menatanya itu tergantung kreatifitas kamu sendiri atau kamu jika bisa mencari referensi internet seperti pada website ikanhias.id ini. Jangan lupa untuk kembali menata pompo air atau filter airnya dan jika sudah selesai dekorasi baru masukkan air bersihnya dengan hati-hati.

ikan koi konsep akuarium
akuarium jernih

5. KEMBALIKAN LAGI IKAN KE AKUARIUM

Nah inilah langkah terakhir, sekarang masukkan kembali ikan hias kamu kedalam akuarium yang sudah kamu bersihkan tadi tapi ingat untuk memasukkan ikan juga harus hati-hati agar ikan tidak stres setelah itu tunggu beberap saat dan lihatlah hasilnya. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti hasilnya juga akan memuaskan.

Untuk perawatannya agar tetap bersih ya harus rutin untuk membersihkannya, jika kamu pakai prinsip aquascape setidaknya beberapa hari sekali atau kalau memang kamu sibuk 1 minggu sekali ganti air yang di akuarium dengan air bersih yang baru tidak perlu semua air yang di ganti cukup sekitar 30% air dari akuariumnya.

Beri Komentar