5 Jenis Ikan Hias Oscar Lengkap Dengan Gambar dan Harganya

Mungkin belum terlalu banyak yang mengenal ikan hias oscar ini, karena memang kalau di Indonesia ikan oscar kalah populer dengan ikan hias lainnya seperti ikan hias cupang, arwana, ikan mas koki dan lainnya. Akan tetapi corak warna yang dimiliki ikan hias oscar ini tidak kalah cantik dari warna ikan hias lainnya.

Ada pepatah mengatakan ‘tak kenal maka tak sayang’ jadi disini saya akan sedikit memberi informasi tentang asal usul dan bentuk fisik dari ikan hias oscar ini, selain itu saya juga akan memberi contoh 5 jenis ikan hias oscar lengkah dengan gambar dan harganya agar kamu bisa memilih ikan oscar yang jenis apa yang cocok dan kamu sukai.

Disini saya juga menginformasikan harga ikan hias oscar agar kamu bisa menentukan budget kamu untuk memelihara ikan hias oscar ini. Dari segi harga ikan hias oscar ini tidak mahal, sesuai dengan kecantikan dari ikan hias ini.

Ikan yang berasal dari sungai amazon ini mempunyai sifat yang sangat agresif, dia tidak segan-segan menyerang ikan lain yang dianggapnya mengganggu. Didukung lagi dengan ikan oscar ini termasuk jenis omnivora yaitu dapat memakan segala. Jadi sangat tidak disarankan untuk tidak mencampur ikan oscar dengan ikan hias lainnya dalam satu wadah / akuarium karena ikan oscar bisa menyerang ikan lainnya bahkan bisa memakan ikan-ikan hias kecil yang berada disekitarnya.

Namun jika akuariumnya berukuran medium kamu bisa mengisinya dengan beberapa ikan oscar yang masih kecil, bisa dicampur hingga 4-5 ekor per akuarium, namun jika oscar sudah tumbuh besar dan sudah mulai agresif menyerang temannya kamu dapat memisahnya. Atau ikan oscar juga dapat digabung dengan ikan lainnya yang sifatnya mirip seperti ikan yang dalam keluarga Cichlids .

Dalam bentuk fisik ikan hias oscar ini tidak terlalu unik, bentuknya sama seperti ikan lainnya postur tubuhnya menyerupai ikan nila. Dan panjang tubuhnya bisa sampai 45 cm serta berat tubuhnya bisa mencapai hinggai 1,5kg di habitat aslinya. Tapi jika sudah dipelihara di akuarium biasanya panjang maksimal dari ikan hias oscar ini hanya 30 cm saja.

Untuk warna ikan oscar ini bermacam-macam, dari yang warna gelap seperti hitam,coklat dan ada juga warna yang cerah seperti merah bahkan putih albino.

Perlu diketahui ikan hias yang mempunyai beragam warna pasti dia memiliki pigmen warna yang dapat membuat sisik dari ikan hias tersebut terlihat indah. Pigmen warna dari ikan hias ini biasanya dipengaruhi dari asupan nitrisi yang dikonsumsi oleh ikan hias tersebut. Selain dari makanan, perubahan warna juga diakibatkan oleh bertambahnya usia dari ikan hias oscar biasanya ikan hias oscar yang mengkonsumsi nutrisi yang cukup dan bertambah dewasa warna dari sisiknya pun semakin cerah dan terlihat makin indah.

Makanan Ikan Oscar

Seperti yang saya jelaskan diatas, ikan oscar dapat memakan tumbuhan air ataupun hewan/ikan-ikan kecil yang berada disekitarnya. Jika dihabitat aslinya ikan ini dapat memakan tumbuhan air di sungai, buah yang jatuh ke dasar sungai, serangga ataupun ikan kecil. Oleh karena itu banyak yang memberinya makan dengan makanan hewani, kamu juga bisa memberinya makan pakai pelet yang dibuat khusus sehingga komposisinya menyukupi kebutuhan nitrisi untuk ikan oscar.

Jenis Ikan Oscar

Setelah sedikit saya jelaskan apa itu ikan oscar kali ini saya akan share contoh 5 jenis ikan oscar yang banyak dipasaran, sebenarnya ada banyak sekali jenisnya tapi disini saja hanya akan membagikan sedikitnya 5 jenis yang mudah ditemui disini ;

1. Ikan Oscar Batik

Ikan Oscar Batik

Dari namanya juga pasti sudah tahu bahwa ikan oscar ini memiliki corak warna seperti batik di Indonesia. Ciri fisik yang bisa kamu lihat adalah ikan oscar batik ini memiliki warna utama hitam di semua badannya dan ada beberapa corak dan bintik yang menyerupai kain batik. Warna corak batik biasanya warnanya nyala seperti orange,merah dan sebagainya.

Untuk harga dari ikan oscar batik ini yang kecil biasanya dibandol dengan harga rata-rata 25rb/ekornya, sedangkan yang sudah tumbuh dewasa mulai dari harga 70rb hingga bisa 100rb untuk seekor ikan oscar dewasa.

2. Ikan Oscar Tiger

Ikan oscar tiger

Banyak yang bilang ikan oscar tiger ini juga ikan oscar batik atau sebaliknya, karena memang dari segi corak warnanya hampir mirip tapi jika di lihat dengan seksama ada perbedaan di coraknya.

Ikan oscar tiger ini masih jenis ikan oscar murni yaitu jenis yang belum terkena campur tangan manusia yaitu kawin silang. ciri-cirinya seperti pada oscar batik, ikan hias oscar tiger ini memiliki warna dasar hitam pekat dengan perpaduan warna abu, merah dan orange.

Untuk harganya sendiri tergolong standar yaitu untuk anak ikan oscar tiger dihargai rata-rata 35rb / ekor, lalu ikan oscar tiger yang dewasa harganya bisa mencapai 110rb per ekornya.

3. Ikan Oscar Red

Ikan Oscar Red

Nah, ikan oscar red ini adalah jenis yang termasuk jenis ikan oscar populer. Selain itu juga salah satu jenis yang paling mudah ditemui di berbagai toko ikan hias. Ikan oscar red atau oscar merah ini memiliki perpaduan warna merah agak oranye serta di beberapa tempat ada warna hitamnya seperti bagian kepala atas sirip dan ekornya.

Untuk menjaga agar warna dari ikan oscar merah ini tetap indah usahakan berikanlah makanan yang nutrisinya cukup untuk kebutuhan ikan oscar merah kamu, selain dengan pelet ikan oscar juga dapat dikasih makanan seperti ikan kecil, udang kecil ataupun kepiting.

Kalau dilihat dari sisi harga ikan oscar red / oscar merah ini masih termasuk murah tergolong terjangkau untuk masyarakat semua. Harga dari anakan ikan oscar red ini rata-rata dijual dikisaran 40rb per ekornya, Sedangkan ikan oscar red yang sudah dewasa dan warnanya sudah indah harganya bisa mencapai 125.000 untuk seekornya.

4. Ikan Oscar Albino

ikan oscar albino

Tidak semua jenis ikan oscar memiliki warna dasar hitam, seperti pada ikan oscar albino ini. Warna dasarnya putih bersih dengan beberapa bintik warna emas ke merahan.

Ikan oscar albino termasuk jenis ikan oscar tercantik dan memang harganya sedikit lebih mahal dari ikan oscar jenis lainnya. Untuk anak ikan oscar albino saja sudah mencapai 55.000 / ekornya. Sedangkan harga ikan oscar albino yang sudah dewasa bisa tembus sampai dengan 150.000 per ekor.

5. Ikan Oscar Lemon

ikan oscar lemon

Sesuai dengan namanya ikan oscar lemon ini memang memiliki warna mirip dengan buah lemon. Selain warna kuning nyala. ada beberapa perpaduan warna putih di beberapa bagian tubuhnya serta kadang juga ada warna lainnya seperti agak kemerahan atau hitam.

Untuk harganya mirip dengan ikan oscar albino, yaitu yang masih kecil sekitar 55.000 sedangkan yang sudah dewasa harga ikan oscar lemon mencapai 150.000 untuk per ekornya.

Leave a Reply