999 Orang Heran Mengapa Ikan Lemon Yang Mereka Pelihara Mati

Memelihara ikan lemon itu tidak semudah kelihatannya. Perlu cara perawatan yang tepat supaya ikan yang kamu pelihara itu bisa sehat.

Salah-salah kamu bisa bernasib sama dengan 999 orang, yang sudah merasakan ikan peliharaan mereka mati.

cara memelihara ikan lemon biar ga mati terus

Jangan sampai jadi orang yang ke 1000! Dengan membaca cara-cara yang kami bagikan ini dijamin ikan hias kamu akan sehat.

Tips pelihara ikan Lemon Cichlid

1. Ukuran akuarium

Oke kawan-kawan pecinta ikan hias air tawar. Supaya ikan yang kamu pelihara sehat maka kamu harus memakai akuarium dengan ukuran yang ideal.

Apabila masih belum menyiapkan akuarium dengan ukuran tepat. Misalkan ikan yang mau kamu pelihara jumlahnya cukup banyak. Maka sebaiknya jangan buru-buru memelihara, tunda dulu sampai kamu berhasil mendapatkan akuarium dengan ukuran yang pas.

Ditambah jika ukuran terlalu kecil, maka tumbuh kembang ikanmu pun akan ikut terganggu. Jadi tidak bisa optimal, kan sangat disayangkan.

Seekor ikan Lemon Chichlid ini punya panjang maksimal 13 cm.

Jadi akuarium yang kamu beli atau buat sendiri harus minimal bisa menampung air bersih 114 liter. Supaya ikan bisa bergerak dengan leluasa.

2. Suhu akuarium harus kamu kontrol terus

Sama saja nih dengan kamu. Kalau kamu disuruh tidur siang-siang di tengah terik matahari bagaimana rasanya? Kayak mau mati kan? Sama saja dengan ikan lemon yang kamu pelihara.

Supaya ikan bisa merasa nyaman, suhu akuarium wajib terus dikontrol.

  Mengenal Ikan Hias Guppy Beserta Jenis-Jenisnya

Suhu harus pas, jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas. Ini merupakan faktor penyebab terbesar banyak ikan lemon yang mati.

“Kontrol, kontrol, emang berapa suhu yang tepatnya?!” Wah jangan marah dulu dong kawan. Jadi suhu yang tepat itu antara 24 s/d 28 Derajat Celcius.

Ikan lemon termasuk ikan yang senang hidup di suhu air yang hangat. Di mana habitat asli ikan ini juga suhu airnya hangat.

Gunakan alat pengukur suhu yang banyak dijual di toko hewan. Atau bisa kamu beli di toko online. Namanya itu “Thermometer”, di apotik juga ada yang jual. Karena ini termasuk alat kesehatan juga.

3. Pelihara 7 ekor atau lebih jangan kurang

Mengapa? Bukannya kurang lebih baik karena nanti lebih luas?

Kamu salah besar. Karena ikan ini termasuk jenis ikan yang hidup secara berkelompok. Kalau terlalu sedikit yang dipelihara nanti akan berpengaruh buruk pada pertumbuhan ikan lemon.

Lagipula ukuran ikannya cukup kecil. Jadi kami rasa 7 ekor ya tidak terlalu banyak juga. Kalau ukuran akuarium kamu cukup besar bisa tambahkan lagi beberapa ekor. Tetapi pastikan jangan kepenuhan juga.

4. Siapkan tempat persembunyian

Jangan lupa menaruh tempat persembunyian. Boleh pakai batu, paralon bekas, dan lain-lain.

Sebelum dimasukkan akuarium pastikan kalau sudah dicuci hingga bersih. Hati-hati ada kotoran dan hewan lain yang ikut masuk dalam akuarium. Pastikan sudah benar-benar bersih.

5. Pakai alat penyaring (Filter) dan Aerator

Kotoran dalam akuarium harus dibersihkan. Tetapi kalau dikuras terus menerus tentu membuang tenaga. Karena itu gunakan kedua alat ini, filter dan aerator.

Alat ini bisa menyaring kotoran di dalam akuarium kamu. Selain itu juga berfungsi menambahkan oksigen dalam air.

  Panduan Lengkap Budidaya Ikan Molly Pakai Akuarium

6. Jangan lupa menyediakan waktu untuk kuras kolam

Tergantung seberapa banyak ikan yang kamu pelihara dan seberapa sering kamu beri makan pada ikan lemon kamu.

Kalau sekiranya akuarium menjadi cepat kotor. Boleh buat jadwal minimal 1 minggu 1 kali kamu kuras akuariumnya.

Jika malas dan mau mengikuti jadwal mainstream, maka kamu buat saja jadwal menguras akuarium 2 minggu 1 kali.

Oia, kami asumsikan kalau kamu sudah memakai alat filter dan aerator ya. Jadi kamu harus mengendapkan air sebelum digunakan untuk mengganti air akuarium. Endapkan 1 hari minimal.

Kalau di akuarium kamu tak memakai filter. Maka jadwal menguras akuarium harus lebih sering, yakni 4 hari sekali. Tetapi kuras seperempat bagian saja.

Setelahnya kamu isi lagi memakai air yang telah diendapkan tadi. Sampai ketinggian air akuarium sama seperti semula. Selisih sedikit-sedikit no problem lah ya haha.

7. Pemilihan pakan ikan

Apabila bingung, kamu langsung saja beli pakan pelet di toko online. Nanti pasti ada keterangan di label produknya. Apakah pakan tersebut cocok untuk ikan lemon atau tidak.

Nah kalau kamu berniat menjual ikan lemon kamu ke depannya, maka kamu harus mencari pakan ikan yang dapat mempercerah warna ikan tersebut.

Pakan tersebut antara lain (Selain pelet yang sudah disebutkan sebelumnya ya), adalah udang air asin, kutu air, dan cacing sutera. Kurang lebih hampir sama dengan pakan untuk ikan ukuran kecil yang lain.

Apabila kamu memelihara dengan cara yang tepat, pakan yang tepat, Insya Allah ikan lemon kamu bisa hidup sampai 9 tahun lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *