Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam

Lobster adalah keluarga dari Crustacea yang memiliki harga jual yang tinggi. Hal ini karena tingginya permintaan, selain dipelihara untuk ikan hias permintaan lobster untuk dikonsumsi juga sangat tinggi hal ini dikarenakan lobster memiliki rasa yang sangat lezat, kaya akan kandungan gizi dan tidak banyak mengandung air. Karena permintaan yang cukup tinggi banyak orang yang ingin mencoba budidaya lobster air tawar dikolam. Untuk belum tahu jenis-jenis lobster air tawar kamu bisa baca postingan 7 Jenis Lobster Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Dikolam.

Nah buat kamu yang memang ingin mencoba peruntungan dalam bidang usaha budidaya lobster air tawar ini saya akan membagi tips cara budidayanya, jika kamu memang sunggung-sungguh pasti hasilnya juga memuaskan. Berikut adalah cara budidaya lobster air tawar yang terbukti berhasil dan menguntungkan.

Keunggulan Budidaya Lobster Air Tawar

Budidaya lobster air tawar memiliki keunggulan teknis serta non-teknis daripada spesies udang lainnya adalah:

  • teknik budidaya yang sederhana
  • Pertumbuhan relatif cepat
  • Lebih tahan terhadap berbagai penyakit, terutama Virus Putih Spot Syndrome (WSSV)
  • modal relatif kecil
  • warna tubuh yang menarik
  • Memiliki kandungan gizi yang tinggi dengan kadar lemak rendah (<2%)
  • Daging tekstur lebih kenyal dan lebih gurih
  • Permintaan pasar masih sangat tinggi

1. Mempersiapkan Kolam Lobster Air Tawar

kolam lobster air tawar

Langkah pertama adalah mempersiapkan kolam sebagai tempat untuk pembesaran lobster, untuk jenis kolamnya itu terserah kamu bisa memakai kolam tanah, kolam senen ataupun kolam terpal. Yang perlu kamu perhatikan adalah pasokan air harus baik dan berkualitas. Air yang digunakan bisa berasal dari air sungai, air keran (PAM) atau air tanah (sumur).

Airnya harus bersih bebas dari pencemaran seperti pestisida serta kandungan oksigennya terjaga. Kamu juga diharuskan menambahkan tempat untuk bersembunyi lobster tersebut, bisa dari genteng atap rumah yang ditata, batu bata, pralon dan sebagainya.

Lalu tak lupa juga menambahkan aerator karena sangat dibutuhkan untuk budidaya lobster air tawar berfungsi untuk memberikan oksigen di dalam kolam tersebut. Dan biasanya sebelum dimasukkan lobster air tawar, air di kolam di endapkan selama 1 minggu.

2. Pemilihan Bibit Yang Berkualitas

Pada postingan ini saya tidak menerangkan mulai dari pemijahan lobster air tawar, karena untuk kamu yang pemula lebih baik mencoba usaha dari membesarkan dari bibit lobster air tawar. Untuk cara budidaya lobster air tawar yang mulai dari pemijahan akan saya bagikan di postingan selanjutnya.

Tempat beli bibit lobster juga sudah banyak, kamu dapat membelinya di kota kamu, untuk mencari informasi tentang penjual bibit lobster bisa kamu search google saja nanti pasti akan muncul tempat-tempat yang menyediakan bibit lobster.

Dalam budidaya pemilihan bibit lobster air tawar adalah faktor pertama yang harus kamu pertimbangkan. Karena perkembangan lobster gantung dari bibit lobster yang kita pilih.

Maka dari itu pilihkan bibit lobster yang sehat dan tidak terserang penyakit, lalu pilihkan bibit yang ukurannya sama karena nantinya akan berpengaruh dalam proses perkembangan dan pemanenan lobster air tawar kamu. Untuk Idealnya ukuran 1 meter persegi bisa kamu isi 5 hingga 10 ekor bibit lobster.

3. Proses Pembesaran Lobster Air Tawar

budidaya lobster

Pertumbuhan dan perkembangan lobster air tawar tergantung pada bagaimana kita merawatnya. Dan salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan bahwa makanan lobster itu sendiri. Jika lobster mengkonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi yang cukup pasti lobster kamu tetap sehat dan cepat besar.

Makan harus dilakukan 2 kali sehari. Juga pastikan bahwa Anda memberikan pakan sudah jatuh ke bawah. Karena lobster lebih suka makanan yang ada di dasar kolam. Selain memberinya pakan pellet kamu dapat memberikan makanan permentasi seperti dari parutan ketela pohon + parutan jagung muda + sayuran dan SOC GDM dengan dosis 10 ml/Kg campuran pakan.

4. Menjaga Lobster Tetap Sehat

Kematian bibit lobster kebanyakan diakibatkan oleh akumulasi ammonia terlarut karena banyaknya sisa pakan dan kotoran yang mengendap di dasar kolam. Jadi usahakan jangan memberi makan terlalu banyak dan jika sudah terlalu kotor kamu bisa membersihkan kolamnya

Hama yang perlu diwaspadai adalah predator, seperti kucing dan tikus, terutama saat molting dan mendekati panen oleh karena itu jaga baik-baik kolam kamu agar hama tersebut tidak bisa masuk ke kolam.

5. Pemanenan Lobster

proses panen lobster

Biasanya lobster dapat dipanen untuk konsumsi saat sudah berusia antara 6 sampai 8 bulan, atau ketika berat telah mencapai 10-12 ekor perkilogramnya.

Ini adalah ukuran standar panen lobster, dan perlu diingat bahwa semakin besar harga lobster juga akan lebih mahal.

Beri Komentar