Ketahui Cara Memelihara Ikan Piranha Dengan Mudah

Ikan piranha adalah salah satu spesies ikan predator yang terkenal dengan kerakusannya. Ketika mendengar namanya saja, beberapa masyarakat pasti langsung membayangkan hal yang menyeramkan. Tapi tahukah kamu kalau piranha tidak seseram seperti di film, bahkan beberapa pecinta ikan predator pun berpendapat bahwa ikan ini memiliki pesona yang mampu menghipnotis siapapun. Yuk simak cara memelihara ikan piranha, untuk kalian yang hobi memelihara ikan predator berikut.

ikan piranha

Ikan Piranha Perut Merah, Pilihan Para Pecinta Ikan Predator

Ikan piranha merah adalah salah satu spesies yang paling terkenal dibandingkan dengan spesies piranha lainnya. Ikan piranha merah atau piranha perut merah memiliki nama lain yaitu Pygocentrus Nattereri, serta masuk dalam subfamily piranha Serrasalmidae. Pada habitat aslinya, ikan piranha merah hidup dalam kelompok besar. Sebagian waktu hidupnya digunakan untuk memburu mangsa, tak heran jika reputasi rakus sangat melekat dengan ikan ini.

Piranha perut merah sering ditemukan di beberapa tempat di hutan amazon, pada perairan dangkal, dalam, hingga berlumpur pun dapat ditinggali oleh ikan piranha ini. sehingga untuk Cara memelihara ikan piranha bagi kalian yang ingin memiliki piranha pastikan situasi akuarium disamakan seperti habitat aslinya. Tidak perlu benar benar penuh dengan berbagai rekorasi, cukup berikan tanaman, hiasan seucupnya seperti batu, tanah, kayu sebagai tempat bersembunyi piranha.

Hal yang Perlu Diketahui Dalam Memelihara Piranha

Ketika seseorang memutuskan untuk memelihara hewan predator, tentu permasalahan utama yang dipertimbangkan adalah makanan untuk hewan tersebut. Seperti yang kita tahu predator sangat gemar memakan daging, oleh karena itu pemilik hewan predator harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk memuaskan dahaga dari hewan – hewan predator ini. Begitu pula dengan pemberian pakan untuk ikan piranha ini.

Jika ikan piranha melihat ikan lain, kemungkinan besar nyawa ikan tersebut akan melayang dalam hitungan detik. Sehingga cara memelihara ikan piranha sudah pasti jauhkan dari ikan peliharaan lainya. Piranha memiliki gerakan yang gesit dan gigi yang tajam, sehingga dalam sekali gigit saja bisa merobek lapisan kulit. Ketika darah hasil cuilan tersebut meruak, piranha menjadi sangat agresif sehingga dapat menghabiskan targetnya dalam sekejap.

Menu utama piranha adalah daging, anda bisa memberikan ikan yang memang digunakan untuk pakan piranha. Selain ikan piranha juga dapat diberikan pakan berupa dagiing cumi, udang beku, fillet daging, dan mamalia atau ikan lainnya. Perlu diperhatikan bahwa ikan piranha perut merah yang anda pelihara tidak disarankan untuk mengonsumsi prosuk pakan ikan pada umumnya.

Anda juga perlu memastikan bahwa suhu air adalah suhu ruangan. Ketika suhu lebih panas dari suhu ruangan, justru membuat ikan mudah terkena stress. Hindari meletakkan akuarium di daerah yang terbuka dan terkena matahari langsung. Pastikan juga bahwa ikan terhindar dari berbagai macam burung di sekitar rumah yang memangsanya.

Piranha Bukanlah Ikan yang Pemberani

Di Indonesia, kita bisa melihat ikan piranha perut merah di Seaworld Indonesia. Kita dapat melihat sosok ikan yang agresif ini, dan merasakan auranya dari dekat. Namun meskipun tergolong ikan yang ganas dan agresif, bukan berarti ikan ini termasuk golongan yang berani. Sebenarnya ikan piranha adalah ikan yang cukup penakut, dan gampang panik. Sehingga cara memelihara ikan piranha adalah dengan memberikan tempat yang tenang dan jauh dari jangkauan binatang lain.  

Jika anda ingin memelihara ikan piranha ini, gunakan akuarium dengan ukuran yang cukup besar dan volume 25 galon air tawar. Dengan ukuran volume tersebut, memungkinkan anda untuk memelihara 1 hingga 2 ekor piranha saja. Apabila anda ingin memelihara 4 ekor ikan, maka tingkatkan kembali ukuran akuarium menjadi volume 60 galon.

Bagi pecinta ikan predator, tentu memelihara ikan piranha menjadi idaman mereka. Apalagi warna pada piranha merah memberikan pesona dan keindahan tersendiri. Biasanya kita dapat menemukan ikan piranha ini pada tempat tertentu seperti Seaworld Indonesia, namun bagi anda yang ingin memelihara sendiri ikan predatos ini, beberapa hal tersebut perlu diperhatikan untuk memberikan kenyamanan dan kesehatan piranha.

Leave a Reply