Cara Merawat Burayak Anakan Ikan Cupang

Posted on

Dalam merawat burayak atau anakan ikan cupang kita tidak boleh sembarangan, karena dalam budidaya ikan cupang merawat buyarak inilah yang paling sulit.

anak cupang usia 5 hari

Saya waktu pertama kali mencoba budidaya ikan cupang juga mengalami kendala saat merawat burayak ini, bahkan sampai banyak sekali burayak yang mati sehingga dari ribuan burayak hanya beberapa saja ikan cupang yang berhasil sampai ke usia dewasa.

Setelah mencoba dan bertanya-tanya kenapa sesama penghobi ikan cupang akhirnya saya berhasil membudidayakan ikan cupang dengan lancar dan saya juga menemukan cara agar bisa meninimalisir kematian burayak.

Dan disini saya akan share kepada kalian semua yang ingin atau lagi mencoba budidaya ikan cupang yang sedang mengalami kendala dalam merawat burayak anak ikan cupang.

indukan cupang jantan sedang menjaga burayak

Perlu diketahui telur cupang biasanya menetas sekitar 2×24 Jam, setelah menetas burayak atau anakan ikan cupang ini belum bisa berenang dan hanya mengambang dipermukaan air. Bentuk yang sangat kecil dan transparan ini membuat kita susah melihatnya dengan jelas, pada saat ini burayak masih membutuhkan indukan jantan jadi jangan pindahkan dulu si jantan.

Pada saat burayak belum bisa berenang indukan jantan memiliki peran penting yaitu membantuk burayak agar tetap diatas permukaan, burayak yang jatuh ke dasar air maka akan dibawa keatas permukaan agar bisa mendapatkan oksigen.

Kita juga tidak perlu memberi makan burayak pada proses ini, karena burayak masih menyimpang cadangan makanan dari telur, lalu sekitar umur 2 hari kamu baru bisa mulai memberi makan burayak. Untuk pertama kali bisa memberi kuning telur rebus, tetapi jangan banyak-banyak karena jika terlalu banyak kuning telur bisa membusuk dan malah membuat burayak mati, dianjurkan jumlahnya sedikit saja.

anak ikan cupang usia 2 minggu

Pemberian makan dengan kuning telur cukup sekali saja, selanjutnya 2 hari kemudian kamu bisa memberinya makanan berupa air rendaman daun ketapang. Karena pada air rendaman daun ketapang itu biasanya akan ada plakton dengan ukuran yang sangat kecil sehingga pas jika diberikan kepada burayak ikan cupang, untuk cara memproses rendaman daun ketapang bisa membaca artikel Cara Proses Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang Yang Benar.

Untuk jumlah air rendaman daun ketapang juga jangan terlalu banyak, lalu pada hari ke 5 indukan jantan boleh kamu pisahkan dan memang wajib untuk dipisahkan dari burayak. Karena selain burayak sudah bisa hidup sendiri, indukan cupang jantan juga bisa memakan burayak itu walaupun itu anaknya sendiri.

Setelah itu jangan mengganti air dari tempat burayak tersebut, kalau biasanya saya tidak mengganti air anakan cupang sampai 2 minggu. Selama 2 minggu tersebut cukup memberi makan dengan rendaman air ketapang, jangan dulu memberi pakan kutu air.

Nah setelah usianya 2 minggu kamu bisa mengganti airnya tetapi jangan semuanya, kalau saya bisanya cukup sekitar 50% dari total air yang ada. Dan saat mengganti air juga hati-hati karena burayak masih kecil.

Pada usia 2 minggu ini kamu sudah bisa memberi pakan dengan kutu air, untuk takarannya pertama sedikit dahulu, lalu pemberian selanjutnya bisa ditambahkan lagi jumlahnya.

Di proses ini pertumbuhan burayak akan cepat dan bisa dirawat selayaknya cupang dewasa dan jangan lupa untuk memberi makan kutu air hingga dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *