Cara Merawat Ikan Arwana

Ikan Arwana merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi incaran kolektor dan dibudayakan sebab memiliki nilai jual yang tinggi. Memiliki nilai ekonomis yang tinggi merupakan salah satu efek dari proses perawatannya yang memang tidak mudah. Bagi kamu yang mau mulai memelihara jenis ikan cantik ini, kamu perlu mengetahui cara merawat ikan arwana agar bisa hidup dan tumbuh dengan maksimal.

Karakter ikan Arwana

ikan arwana

Ikan Arwana merupakan golongan ikan mahal yang memiliki bentuk tubuh memanjang dan ramping. Gaya berenangnya memang sangat anggun sangat cantik menghiasi akuarium di ruangan kamu. Salah satu yang menjadi ciri khas ikan Arwana adalah kumis yang khas.

Cara merawat Ikan Arwana

akuarium arwana

Siapkan akuarium yang sesuai dengan ukuran Ikan

Sebagai ikan air tawar, ikan Arwana ini bisa dipelihara di akuarium dari mulai masih kecil hingga sudah dewasa. Penting untuk kamu menyiapkan ukuran akuarium yang sesuai dengan ukuran tubuh ikan Arwana.

Pastikan minimal ukuran akuarium sebesar tiga kali dari panjang ikan dari sirip belakang hingga bibir dengan lebar minimal satu setengah kali panjang ikan.

  • Untuk ikan yang berukuran lebih dari 20 cm siapkan akuarium berukuran 100 cm x 50 cm x 45 cm ketebalan 8 mm.
  • Untuk ikan berukuran 45 cm siapkan ukuran 120 cm x 60 cm x 55 cm ketebalan 10-12 mm.
  • Untuk ikan berukuran lebih dair 80 cm siapkan ukuran 200 cm x 100 cm x 75 cm ketebalan 30 mm.

Memperhatiakan ukuran akuarium ini sangat penting sebab akan mempengaruhi proses perkembangan tubuh ikan arwana dan tentu nilai estetika ketika dilihat.

ikan arwana sehat

Persiapkan fasilitas akuarium

kamu perlu melengkapi perlengkapan fasilitas akuarium, diantaranya sebagai berikut:

  • Filter yang berfungsi untuk menyaring air dalam akuarium agar selalu dalam kondisi bersih
  • Aerator untuk menyediakan hawa, menguapkan udara keluar
  • Lampu TL selain untuk memberikan sinar lampu TL bisa mempercantik akuarium dan ikan Arwana kamu.
  • Termometer dan heater untuk mengukur suhu air serta mengontrol suhu, sangat penting dipasang jika kamu di lokasi yang dingin

 Pilih jenis makanan

Makanan ikan arwana yang utama adalah kelabang yang divariasi dengan kecoa, jangkrik, udang, katak, lipan.

Pemilihan air

Pastikan kamu menggunakan air tawar yang bersih, tak bau, dan mengandung larutan oksigen.

Tambahkan tanaman air

Di habitat aslinya, ikan Arwana senang berada di tanaman-tanaman air. Sehingga sangat baik jika kamu melengkapi akuarium dengan tanaman air agar menyerupai habitat asli ikan Arwana.

Perhatikan proses penggantian air

Air harus rutin diganti, sebab jika tidak bisa mempengaruhi tingkat kesehatan habitat di akuarium pada akhirnya mempengaruhi kesehatan ikan Arwana. Ganti air ketika sudah berbau dan banyak sedimen. Untuk mengganti air pertama air baru harus diendapkan dulu selama satu hari, kemudian ganti secara bertahap pertama 20% lalu tambah 50% air. Jadi kurang lebih air baru sebanyak 70%.

Perhatikan penempatan akuarium

Ketika berpindah ke tempat baru, ikan Arwana butuh waktu kurang lebih satu minggu untuk menyesuaikan diri dari gerakan. Pastikan kamu meletakkan akuarium di lokasi yang tenang dan tidak banyak gangguan.

Demikian tujuh cara memelihara ikan arwana yang bisa kamu lakukan untuk mulai membudidayakan dan merawat ikan yang anggun dan cantik ini agar bisa dijadikan bisnis yang sukses.

Beri Komentar