Cara Merawat Ikan Koki Agar Awet Tidak Mudah Mati dan Sehat

Ikan koki adalah salah satu jenis ikan hias yang masuk dalam keluarga Cyprinidae atau Carrasius Auratus dalam bahasa latin dengan memiliki sekitar 130 jenis tersebar di seluruh dunia. Ikan Koki punya banyak penggemar sebab memiliki bentuk dan tampilan yang cantik. Namun cara merawat ikan koki memang cukup sulit apalagi bagi mereka yang masih pemula di bidang perikanan. Ikan koki salah satu jenis ikan air tawar yang jika kamu salah dalam merawatnya bisa mudah mati. Butuh perawatan ekstra.

Cara Merawat Ikan Koki Agar Awet dan Sehat

Ikan yang berasal dari China dan kemudian kini banyak berkembang di Jepang ini memang perlu perhatian khusus dalam perawatannya. Berikut di artikel ini kami berikan cara merawat ikan koki agar tidak mudah mati.

1. Persiapkan kolam atau akuarium yang luas

kolam ikan mas

Pada habitat aslinya ikan koki hidup di alam yang luas dan terbuka. Jika kamu ingin merawat ikan koki, memang sangat tepat jika menggunakan kolam ikan. Namun jika terpaksa atau ingin memelihara di akuarium kamu tetap bisa melakukannya. Hanya saja kamu perlu membuat akuarium yang mirip sesuai habitat asli dengan ukuran yang luas dan lebar.

Ukuran akuarium berdasarkan volume air yang cocok untuk ikan koki yaitu 38 hingga 55 liter per ekor ikan, tinggal kalikan jumlah ikan yang akan anda rawat maka akan kamu dapatkan ukuran ideal volume yang dibutuhkan.

Memperhatikan jumlah volume dan ukuran ikan sangat penting bagi perawatan ikan Koki. Sebab jika ikan terlalu sempit maka akan mudah keruh dan membuat ikan stress hingga mudah mati.

2. Perhatikan kualitas air untuk ikan Koki

kualitas air ikan koki

Pastikan air yang digunakan untuk merawat ikan koki bebas dari klorin. Endapkan terlebih dahulu atau gunakan anti klorin agar memberikan kualitas air terbaik untuk ikan.

3. Tambahkan filter

Menambahkan filter akan membuat air tetap bersih, sehat, dan cantik dilihat. Dan juga agar kandungan oksigen tetap terjaga, karena jika tanpa filter apalagi di akuarium ikan koki tidak bisa bertahan hidup lama apalagi yang akuariumnya kecil.

4. Jenis makanan ikan Koki

pakan ikan koki

Makanan ikan koki yang paling mudah diberikan adalah pelet. Dengan kandungan gizi yang dimiliki pelet, kamu bisa membuat ikan koki lebih indah sebab bisa membuat ikan lebih gemuk, cerah warnanya, bahkan dapat merangsang membentuk jambul ikan koki yang cantik.

Selain pelet kamu juga bisa memberikan cacing tanah untuk memberikan nutrisi tambahan bagi ikan.

5. Tambahkan tumbuhan air

akuairum ikan koki

Tumbuhan air dapat membantu perkembangan ikan koki. Selain itu juga dapat mempercantik kolam ikan koki ataupun akuariumnya.

6. Tambahkan alas akuarium

Beirkan alas akuarium berupa gravel berukuran agak besar untuk membuat kemiripan dari habitat asli ikan koki. Sebelum dimasukkan ke kolam atau akuarium, sebaiknya rendam gravel terlebih dahulu agar bisa memisahkan dari bahan berbahaya yang mungkin terkontaminasi. Jika kesulitan mendapatkan Gravel, kamu juga bisa menggunakan batu atau kerikil kecil untuk dijadikan alas akuarium. Pastikan ukurannya tidak terlalu halus dan lembut agar tidak tertelan oleh ikan.

7. Pasang lampu akuarium

Cahaya lampu akuarium membantu untuk menghantarkan panas. Sangat cocok digunakan untuk memelihara ikan koki dengan akuarium di dalam rumah. Pastikan penggunaan lampu ini cukup selama sepuluh jam saja untuk menggantikan siklus cahara di siang hari.

8. Lakukan biofilterasi

Teknik ini berguna untuk menyaring kotoran ikan ketika kamu tidak memiliki waktu untuk menguras air. Dengan teknik ini kamu tidak perlu melakukan pengurasan secara sering.

Itulah delapan cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai merawat ikan Koki agar tidak mudah mati.

Beri Komentar