Harga Bibit Ikan Nila Terbaru

Nila merupakan jenis ikan yang banyak diperdagangkan di Indonesia, tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan ini pun selalu meningkat dari tahun ke tahun. Bukan tanpa alasan, ikan ini sering dipilih karena memiliki daging yang nikmat serta terjangkau bagi semua kalangan.

Berkat kondisi inilah permintaan akan bibit ikan pun tak pernah sepi, baik untuk keperluan konsumsi pribadi hingga dibudidayakan dalam jumlah besar. Karena setiap jenis ikan memiliki keunggulan yang berbeda, harga bibit ikan nila menjadi bervariasi. Informasi masing-masing bibit serta tips untuk memilih bibit unggulan dapat Anda simak dalam pembahasan berikut.

budidaya ikan nila

Harga Macam-macam Bibit Ikan Nila

Harga bibit nila menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan bagi siapapun yang ingin membudidayakannya. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk memperkirakan anggaran yang dibutuhkan serta mempersiapkan alokasi dana untuk segala kebutuhannya. Berikut adalah harga dari ikan nila dilihat dari jenisnya.

1. Bibit Ikan Nila Merah

Seperti namanya, ikan ini memiliki ciri khas sisik berwarna merah terang. Karena dagingnya yang terasa segar dan gurih, nila  jenis ini pun cukup diminati oleh masyarakat. Bahkan penggunaan ikan nila merah dalam bidang kuliner kini semakin marak dijumpai.

Bibit ikan ini lumayan terjangkau, untuk yang masih berbentuk lava biasa dijual dengan harga Rp 35 per ekor. Kemudian untuk ikan yang berukuran 1 – 2 cm dihargai Rp 50 per ekor, dan Rp 80 untuk ikan yang berukuran 2 – 3 cm. Sementara itu untuk ukuran yang sudah agak besar seperti 4 – 7 cm dihargai Rp 350 per ekor. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan tidak memberi jaminan bahwa harga akan sama antara penjual satu dengan lainnya.

2. Bibit Ikan Nila Gesit

Meski memiliki ukuran yang tidak terlalu besar namun harga ikan ini cukup terjangkau sehingga sangat laris di pasaran.  Dari segi keunggulan sendiri ikan ini memiliki masa pemijahan yang cepat serta perawatan yang mudah. Harga larva nila gesit per ekornya adalah Rp 15. Kemudian untuk bibit berukuran 1 – 2 cm ikan ini dihargai Rp 35, dan yang berukuran 2-3 cm memiliki harga Rp 55 per ekor. Selanjutnya ikan yang sudah mencapai 3 – 5 cm akan dihargai Rp 95, lalu untuk yang berukuran 4 – 7 cm memiliki harga Rp 95 per ekor.

Ikan nila gesit sering dijadikan pilihan bagi masyarakat yang ingin mencoba peruntungan dengan melakukan budidaya. Ikan nila jenis ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai beternak ikan dengan modal tipis.

3. Bibit Nila Hitam

Bibit ikan nila yang satu ini juga sangat mudah ditemui di berbagai daerah, hal ini dikarenakan penyebaran ikan nila hitam di Indonesia cukup merata. Bibit ikan ini memiliki tingkat hidup yang lumayan tinggi, serta dapat beradaptasi dengan mudah pada lingkungan barunya. Harga bibit ikan tersebut berkisar Rp 70 untuk yang masih larva. Untuk ikan yang berukuran 2 – 3cm dihargai Rp140, kemudian yang berukuran 3 – 5 cm dihargai Rp 190. Dan yang paling besar, ukuran 5 – 7cm dihargai Rp 400 per ekor.

Akibat permintaan ikan yang tergolong tinggi, harga bibit kadang bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari ketersediaan. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan harga jual ikan ini di pasaran, karena nila hitam punya nilai yang stabil.

4. Nila Larasati

Ikan ini merupakan hasil persilangan antara nila merah dan nila hitam. Saat dewasa ikan ini memiliki warna sisik berwarna jingga terang yang terlihat menarik di mata konsumen. Ikan ini punya beberapa keunggulan dapat berkembang biak dalam waktu singkat, dan menghasilkan banyak telur. Dengan memilih bibit ikan ini maka budidaya yang Anda jalankan akan selalu produktif.

Harga larva ikan ini dijual mulai dari Rp 30 saja per ekornya. Selanjutnya untuk yang memiliki panjang 2 – 3cm ikan ini dihargai Rp 50 per ekor. Kemudian ikan yang berukuran 3 – 5cm dijual dengan harga Rp 70 per ekor, dan ikan yang memiliki panjang 5-7 cm dihargai Rp 100 per ekor.

5. Bibit Nila GIFT

Ikan nila ini merupakan hasil persilangan dari ikan unggulan di berbagai negara sehingga mempunyai kualitas yang patut diacungi jempol. Dari hasil persilangan tersebut Ikan nila GIFT memiliki beragam kelebihan seperti memiliki daya tahan yang tinggi, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, memiliki masa produktif yang panjang, serta mampu menghasilkan bobot yang memuaskan saat panen tiba. Potensi keuntungannya yang besar ini membuat bibit ikan tersebut difavoritkan oleh para pembudidaya.

Bibit ikan ini umumnya dijual saat saat tubuh ikan sudah mencapai ukuran 2 – 3cm yang dibanderol dengan harga Rp 160 per ekor. Sedangkan untuk ikan yang sudah berukuran 3-5cm dijual dengan harga Rp 270 per ekor. Kemudian untuk ikan yang memiliki panjang 4,6cm dijual seharga Rp 350, dan yang terakhir ikan dengan panjang 5 – 7 cm dijual dengan harga Rp 450 per ekor.

Meski termasuk bibit yang bervarietas unggul namun harga nila GIFT masih lumayan terjangkau. Anda pun bisa menyesuaikan jumlah bibit yang ingin dibeli untuk menekan modal yang harus dikeluarkan.

Tips Dalam Memilih Bibit Nila Berkualitas

Selain memilih bibit ikan berdasarkan jenisnya, masih ada satu tahap lagi yang tak boleh Anda lewatkan saat memilih bibit, yaitu menilai dari kualitasnya. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap hasil panen Anda, oleh karena itu ikuti tips di bawah ini untuk mendapatkan bibit unggulan.

1. Bibit Ikan Sehat dan Tidak Memiliki Cacat Fisik

Karena jumlah bibit untuk keperluan budidaya cukup banyak mungkin agak sulit untuk mengecek tubuh ikan satu persatu. Namun, Anda tetap bisa melakukannya dengan melihat keaktifan ikan saat berenang.

Ikan yang sehat cenderung responsif dan bergerak dengan cepat, sedangkan ikan yang cacat akan bergerak lebih lambat. Anda bisa mengetesnya dengan menggertak ikan menggunakan tangan atau memberinya pakan.

Apabila terdapat nila yang bergerak lambat dari ikan lainnya maka sisihkan dan jangan digunakan sebagai bibit. Dengan memilih ikan yang sehat tentunya mereka akan dapat tumbuh dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Pilih Ikan Dengan Ukuran yang Sama

Salah satu cara agar hasil panen memiliki bobot yang yang ideal, adalah dengan memilih bibit yang seukuran. Hal tersebut dapat memungkinkan ikan nila yang hidup dalam kolam dapat berkembang dalam jangka waktu yang sama.

Sehingga pemberian makan akan lebih efektif, serta  tidak ada ikan yang tertindas akibat ukuran yang tak seragam. Dengan demikian tidak akan ada bibit yang tereliminasi dan kuantitas panen dapat dipertahankan. Itulah tadi ulasan mengenai harga bibit ikan nila dan sedikit tips memilih bibit ikan unggulan.

Seperti yang diketahui bibit ikan nila memiliki harga yang berbeda-beda, jadi sesuaikan jenis ikan dengan budget yang Anda miliki serta keunggulan yang dimilikinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *