Ikan Palmas, Si Naga Mungil Nan Rupawan

Naga digambarkan sebagai hewan yang memiliki panjang seperti ular, namun memiliki sirip pada punggungnya seperti berwujudan duri duri tajam, dan memiliki kaki mungil. Ada salah satu ikan predator bernama ikan Palmas, yang memiliki ciri seperti naga yang digambarkan dalam legenda China tersebut. Bedanya,  ikan ini memiliki bentuk tubuh yang mungil daripada yang digambarkan. Agar tidak penasaran, yuk simak ulasan naga mungil nan rupawan satu ini.

ikan palmas albino

Mengenali Naga Mungil Lebih Dekat

1. Ciri Khas Naga Rupawan

Ikan naga ini memang memiliki bentuk yang hampir sama dengan naga yang digambarkan dalam legenda China. Mulai dari tubuhnya yang sangat panjang dan dilapisi sisik kasar, sirip yang terlihat seperti duri, sirip bawah yang mirip dengan kaki naga, hingga kumis dan tanduknya dapat menggambarkan sebuah naga yang diceritakan. Ikan ini memiliki julukan lain, yaitu snake fish yang artinya ikan yang menyerupai naga.

Jika biasanya ikan mencari makan disaat siang hari, maka ikan Palmas satu ini tergolong hewan noktoral yang mencari makan di malam hari. Ikan ini juga terlihat lebih aktif berenang di malam hari, sedangkan pada siang harinya, sang ikan terlihat lebih pendiam dan lebih banyak bersembunyi. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa, ikan ini diperkiran sebagai salah satu ikan purba yang masih bisa bertahan hingga kini. Tidak mengherankan bila ikan ini disebut hewan primitif.

2. Cara Membedakan Jenis Kelamin dan Cara Melakukan Pemijahan

Ketika memelihara ikan , tentu anda memerlukan aquarium ataupun kolam khusus untuk sang ikan. Ketika memilih aquarium, pastikan terlebih dahulu ikan apa yang akan dipelihara. Jika anda memutuskan untuk memelihara ikan naga ini, maka anda perlu menyiapkan wadah berupa bak plastik, aquarium, kolam semen, ataupun sejenisnya. Semua tempat tersebut diharuskan memilki ukuran 100 cm x 50 cm x 40 cm.

Tidak hanya itu saja, anda perlu menyiapkan airatornya agar oksigen dapat tersikulasi dengan baik. Wadah yang telah disediakan, bisa diisikan air bersih dengan kedalaman mencapai 25 cm. Selain itu, anda perlu meletakkan substrat pada dasar wadah, yang berfungsi untuk meletakkan telur ikan Palmas ketika terjadi perkawinan. Apabila telur sudah terlihat, pindahkan substrat pada wadah khusus untuk penetasan.

Sebelum membelinya, anda perlu mengetahui jenis kelamin ikan yang akan dibeli. Terutama bagi anda yang ingin mengembangbiakkan ikan tersebut, tentu perlu mengetahui mana Palmas jantan dan mana Palmas betina. Cara membedakanya pun cukup mudah, yaitu dengan melihat lebar sirip bawah pada bagian belakang. Pada Palmas jantan, sirip belakangnya lebih lebar jika dibandingkan dengan Plamas betina, bahkan diketahui hampir 2 kali milik betina.

3. Cara Merawat Ikan Naga

merawat ikan palmas

Memelihara ikan naga bukanlah hal yang sulit, sebab ikan ini dapat hidup bahkan tanpa air dalam tenggat waktu tertentu dann dapat hidup di air yang kotor sekalipun. Namun jika anda mneginginkan ikan terus tumbuh dan brekembangbiak, ada baiknya untuk memberikan perawatan yang tepat pula. Anda dapat memberikan aquarium yang bersuhu 16 hingga 27 derajat celcius., dengan tingkat keasaman air berkisar pH 6.5 hingga 7.

ikan Palmas ternyata memiliki kemampuan untuk melompat, sehingga anda perlu mengantisipasinya dengan memberikan penutup untuk mengahalangi ikan mencuat keluar. Untuk makanannya sendiri, predator ini memakan predator kecil seperti cacing sutra ataupun jenis cacing lainnya. Ketika tidak ada stok cacing, anda juga bisa memberikan pakan pelet tenggelam.

Ikan naga memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh ikan lainnya, yaitu bisa bertahan tanpa air dalam tenggat waktu yang dirasa cukup lama. selain iut, predator satu ini bisa hidup dalam kondisi air yang keruh ataupun kotor, sehingga dapat dikatakan sebagai ikan yang mudah untuk dipelihara. Agar Palmas hidup dengan sehat, tentu saja anda tetap  perlu untuk melakukan perawatan.

Beri Komentar