Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Untuk Ikan Cupang

Salah satu hobi yang memiliki nilai estetika tinggi adalah hobi Aquacaping, aquascape adalah metode memelihara ikan hias dalam akuarium dengan beberapa tambahan hiasan dan juga tanaman air. Ada banyak jenis-jenis tanaman aquascape yang bisa dipilih.

Banyak jenis ikan yang bisa dijadikan aquascape, namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan mengulas jenis tanaman aquascape untuk ikan cupang.

membuat aquascape dengan ikan cupang

Pasti yang menjadi pertanyaan adalah, apakah bisa membuat aquascape ikan cupang ? Ikan yang terkenal sebagai ikan galak dan sangat teritorial, tidak dapat hidup harmonis dengan ikan lainnya karena ikan cupang akan mengusir paksa ikan hias lainnya yang berada di wilayahnya. Inilah alasannya kenapa para aquascaper memilih jenis ikan lainnya.

Lalu mungkin kamu akan bertanya, apa bisa memelihara ikan cupang dengan metode aquascape? Jawabannya jelas bisa, namun kamu harus mengenal ikan cupang terlebih dahulu. Meskipun ukurannya kecil namun iki memiliki sifat yang berbeda dengan ikan hias yang seukurannya.

Untuk kamu hobbyist yang ingin memelihara ikan cupang dengan metode aquascape kamu perlu untuk memilih tanaman dan hardscape yang cocok untuk dimasukkan ke dalam tangki nantinya.

Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Untuk Ikan Cupang

Java Moss

tanaman air java moss untuk aquascape ikan cupang

Tanaman yang mempunyai nama latin Taxiphyllum Barbieri ini sangat cocok untuk ikan cupang, selain bisa untuk bersembunyi, dengan warnanya yang hijau jika disandingkan dengan ikan cupang yang memiliki warna yang cerah juga dapat mempercantik tampilan aquascape. Selain itu ikan cupang juga suka mengigiti daun-daun dari java moss ini, tetapi tidak usah khawatir meskipun ikan cupang suka mengigit daun-daunnya tanaman java moss ini mudah untuk hidup dan akan cepat tumbuh lagi.

Java Fern

tanaman air java fern cocok untuk aquascape bersama cupang

Selanjutnya tanaman yang bisa hidup bersama dengan ikan cupang adalah Microsorum pteropus atau Java Fern. Jenis tanaman air ini memiliki kebutuhan parameter yang sama dengan ikan cupang, seperti suhu air, tingkat keasaman pH nya, dan intensitas cahaya yang di butuhkan sama dengan ikan cupang. Tanaman ini juga tidak perlu perawatan yang khusus karena tanaman java fern juga mudah untuk hidupnya.

Amazon Sword Plant

Amazon Sword Plant adalah tanaman air yang mudah hidup

Jika ingin sesuatu yang lebih menantang bisa memilih tanaman Amazon Sword Plant ini. Karena tanaman ini harus ditanam agak dalam di substrat, jangan lupa untuk memberinya pupuk. Dengan memiliki daun yang lebar dan akar panjang, ikan cupang akan suka karena bisa untuk berteduh dan menggigiti akar yang panjang tersebut.

Amazon Frogbit

amazon frogit bisa menjadi tempat bersembunyi para ikan

Tanaman air yang satu ini adalah jenis tanaman yang mengapung diatas permukaan air. Dengan memiliki karakter yang mirip dengan teratai, namun dikarenakan tanaman ini cepat tumbuhnya yang dapat menutupi seluruh permukaan air jadi usahakan untuk mengurangi tanaman ini jika dirasa sudah terlalu banyak . Kegunaan dari tanaman ini adalah untuk bertedup ikan cupang.

Marimo Moss Ball

tanaman air yang berbentuk unik

Tanaman terakhir yang akan saya bahas adalah tanaman Marimo Moss Ball, untuk yang menyukai anime dengan mendengar kata marimo pasti kamu akan langsung ingat dengan karakter fiksi Zorro yang berambut hijau di dalam anime One Piece. Nah, sebutan Marimo untuk Zorro itu dikarenakan tanaman ini. Biasanya ikan cupang suka dengan tanaman ini untuk bermain-main.

Nah, itulah beberapa Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Untuk Ikan Cupang. Kamu tidak perlu untuk memilih semuanya dan meletakkan di dalam tangki aquascape, nantinya malah bikin aquascape mu terlihat penuh dengan tanaman air saja, cukup pilihlah beberapa tanaman air yang cocok dengan konsen aquascape yang ingin kamu buat dengan ikan cupang tersebut.

Beri Komentar