Macam-Macam Jenis Makanan Ikan Arwana

Ikan arwana super red
arwana super red

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan hias yang mempunyai harga cukup mahal. Apalagi kalau warna ikan arwana tersebut terlihat merah menyala.

Menurut saya memelihara ikan arwana adalah salah satu pilihan yang tepat karena selain untuk tujuan hobi kamu juga bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dari pertama kamu membelinya.

Umur ikan arwana lumayan panjang yaitu sekitar 5 – 10 tahun. Salah satu faktor yang menentukan umur ikan arwana ini adalah dari lingkungannya, seperti kualitas air, suhu air, kandungan oksigen pada akuarium serta jenis makanan yang dia makan sehari-hari.

Untuk kualitas makanan ikan arwana ini sangat penting karena jika kita sembarangan memberi makan kualitas warna ikan arwana juga bisa berubah bahkan warnanya bisa pudar, jadi kita hari berhati-hati untuk memilih makanan yang cocok untuk ikan arwanan ini agar tetap sehat dan juga menjaga kualitas warna dari ikan arwana atau malah bisa menambah kualitas warna ikan arwana menjadi lebih bagus.

Oleh karena itu saya disini akan memberi informasi tentang makanan apa saja yang cocok untuk ikan arwana, sehingga ikan arwana kamu bisa tetap sehat dan warnanya juga bisa lebih bagus.

1. Cacing Darah Untuk Pakan Ikan Arwana

cacing beku
cacing beku

Cacing yang berwarna merah darah yang kecil itu adalah pilihan pakan yang tepat untuk ikan arwana karena kandungan protein yang tinggi dapat membuat pertumbuhan ikan arwana lebih cepat. Kamu bisa memberinya cacing darah yang hidup jika memang di daerah kamu dekat dengan penjualnya, tapi kalau daerah kamu jauh dari penjual cacing darah maka kamu bisa membeli cacing darah yang banyak lalu kamu bekukan.

Cacing darah beku juga tidak membuat kandungan protein di cacing berkurang, dan cara ini lebih efektif jika dibandingkan kamu pelihara cacing darah ini dirumah karena selain menghemat waktu dan kerjaan jika salah memelihara cacing darah ini akan mati dan membuat bau yang tidak sedap, jadi saya sarankan untuk membeli dalam jumlah banyak lalu kamu bekukan saja.

Perlu diketahui cacing darah hanya cocok untuk ikan arwana kecil hingga menjelang dewasa saja. Jika ikan arwana sudah besar kamu dapat memberikan makanan lainnya.

2. Memberi Makan Ikan Arwana Dengan Jangkrik

jangkrik
jangkrik pakan arwana

Jangkrik juga salah satu makanan yang cocok untuk ikan arwana yang sudah dewasa, menurut para penghobi ikan hias. Ikan arwana jika diberi makan jangkrik akan meningkatkan kualitas warna dari ikan arwana, khususnya ikan arwana yang berjenis golden red dan super red.

Dikarenakan selain mengandung protein, jangkrik juga memiliki kandungan yang bernama betacarote yang dapat meningkatkan kualias warna ikan arwana.

Jangkrik yang paling baik untuk makanan ikan arwana adalah jangkrik yang masih muda, dan sebelum kamu memberi pakan arwana usahakan kaki-kaki jangkrik kamu potong dahulu hal ini dikarenakan kaki-kaki jangkrik tajam yang dapat merusak mulut ikan arwana.

Kamu dapat dengan mudah untuk membeli jangkrik ini dipinggir jalan yang menjual makanan burung karena jangkrik juga salah satu makanan burung yang bagus.

3. Udang Untuk Makanan Arwana

udang beku
udang beku

Seperti halnya jangkrik dengan memberi pakan udang juga dapat membuat kualitas warna dari ikan arwana jadi lebih bagus. Arwana dapat diberi makan udang segar ataupun udang yang dibekukan, namun sebelumnya bersihkan dulu udang dari bagian yang tajam seperti dibagian sungutnya.

4. Ikan Kecil Untuk Makanan Sampingan Arwana

ikan kecil dari sungai
ikan kecil

Kamu juga dapat memberikan makanan berupa ikan kecil pada ikan arwana kamu, ikan kecil yang dimaksud ini bisa berbagai jenis ya, bisa ikan-ikan kecil yang ada disungai atau anakan ikan berbagai jenis yang ukurannya masih kecil.

Namun ini hanya makanan sampingan, hanya untuk variasi saja biar arwana tidak bosan. Namun beberapa jenis makanan yang diatas adalah makanan yang wajib agar ikan kamu tetap sehat dan memiliki warna yang bagus.

5. Hewan-Hewan Kecil

katak
katak

hewan-hewan kecil ini sebenarnya tergolong makanan pokok dari ikan arwana, tidak saya ulas satu-satu dikarenakan kandungan gizinya hampir sama dan pastinya diantara kalian ada yang kurang suka dengan hewan ini, atau bahkan takut untuk memegangnya.

Yang saya maksud disini seperti kecoa, cicak, kadal, kelabang, katak dan sebagainya. Meskipun sedikit geli dan mengerikan ternyata ikan arwana juga suka dengan makanan itu

6. Makanan Buatan

pellet
pellet

Makanan buatan atau yang lebih dikenal sebagai pellet ini adalah makanan yang paling praktis dan mudah untuk didapatkan dari makanan-makanan alami yang diatas, namun menurut saya ini tidak terlalu direkomendasikan karena tidak semua arwana mau memakan makanan buatan ini dan memang lebih disarankan untuk memberi pakan yang alami.

Tapi jika memang terpaksa karena sulit menemukan pakan alami atau takut untuk memberi ikan arwana dengan pakan alami. Memberi makan ikan arwana adalah salah satu pilihan yang tepat dan praktis

Leave a Reply