Mengenal Ikan Hias Guppy Beserta Jenis-Jenisnya

Ikan Guppy pertama ditemukan di sungai sekitar bagian Venezuela, Guyana pada tahun 1859, awalnya ikan ini adalah ikan liar yang banyak ditemui di sungai-sungai namun karena bentuk dan warna ekor ikan yang lumayan bagus maka mulai ada yang tertarik dengan ikan guppy ini.

Pada awalnya ikan guppy ini jenisnya belum terlalu banyak dan warna ekornya juga belum se bagus ini, namun karena campur tangan manusia yang mengkawin silangkan beberapa jenis ikan guppy jadi makin kesini makin banyak jenis baru yang lahir dan dengan corak warna yang lebih bagus dan cantik.

Setelah lahir jenis-jenis baru dari ikan guppy maka makin banyak juga peminatnya, sehingga ikan ini masih dalam kategory ikan hias air. Ikan Guppy ini memiliki bentuk tubuh yang kecil untuk yang jantan biasanya sekitar hanya 2-3 cm saja, lalu yang betina ukuran panjangnya 4-6 cm.

Karena mudah untuk memeliharanya maka ikan hias guppy sudah banyak di temukan diberbagai negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah sangat terkenal karena selain mudah untuk mendapatkannya dan mudah untuk dipelihara bisa dicampur dengan ikan jenis lain dan yang pasti harganya terjangkau.

Nah untuk kamu yang belum begitu mengenal ikan hias guppy ini akan saya kasih beberapa contoh dari jenis-jenis ikan guppy, barangkali kamu tertarik dan ingin memeliharanya.

1. Ikan Green Red Dragon

Guppy jenis ini merupakan guppy yang mahal harganya, dikarenakan bentuk corak badan sampai ekornya yang bagus dengan perpaduan warna merah, orange, hitam, hijau kuning, putih biru yang menjadikan corak bagus apalagi dipelihara di akuarium yang bisa memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Green Red Gragon adalah jenis ikan guppy yang sangat digemari di Indonesia meskipun satu ekornya dihargai sekitar 300-400 ribu rupiah namun kamu tidak akan rugi karena memang corak ikan ini bagus dan cantik.

2. Ikan Guppy Blue Moscow

Sesuai dengan namanya guppy jenis blue moscow ini berasal dari Moscow, Rusia. Ciri khusus ikan ini mempunya warna yang dominan warna biru dengan perpaduan gradasi warna pink dan ungu yang menghasilkan warna yang cantik dan saat ikan ini menggoyangkan ekor panjangnya akan terlihat seperti menghilap. Oleh karena itu banyak pecinta ikan hias yang tertarik dengan guppy jenis blue moscow ini.

3.Guppy Blue Moscow Albino

Ikan guppy jenis ini masih satu saudara dari guppy blue moscow, yang menjadi perbedaan adalah warna birunya yang pudar namun tidak mengurangi keindahan dari ikan guppy blue moscow albino ini, disebut albino karena memang seluruh tubuhnya cenderung berwarna putih.

4. German Platinum Crown Tail

Guppy Platinum Crown Tail ini memiliki bentuk ekor yang agak berbeda dengan jenis ikan guppy lainnya, jika di cermati ekor dari ikan guppy jenis ini membentuk seperti mahkota. Harga ikan guppy ini juga masih tergolong mahal sekitar 300 ribu per ekornya, karena memang bentuknya yang agak beda dari guppy lainnya ini malah menjadi ikan jenis ini banyak peminatnya.

5. Guppy Red Singapore

Ikan yang berasal dari Singapore ini memiliki ciri fisik yaitu sirip ekor yang lebih lebat dan seluruh badannya diselimuti warna merah menyala sampai bagian matanya juga merah. Terlihat sangat cantik saat berenang bergerombol maka dari itu jika memelihara ikan jenis ini sebaiknya lebih dari satu, karena ikan guppy akan terlihat lebih bagus jika ada temannya.

Nah itulah sedikit ulasan tentang ikan hias guppy dan beberapa jenis ikan guppy yang mungkin berguna untuk kamu. Dan setelah kamu melihat beberapa jenis tersebut kamu lebih suka yang mana?atau kamu sudah memiliki jenis yang lainnya?boleh dong ceritakan pengalaman kamu di komentar dibawah

Beri Komentar