Memilih Warna Cat Kolam Ikan Koi Yang Tepat dan Membuat Nyaman

Terkadang memilih warna cat kolam ikan koi bisa membuat kita kebingungan, meskipun terdengan spele, tetapi dengan warna cat yang tepat dapat membuat suasana dan estetika kolam ikan koi kamu lebih indah.

Memelihara ikan koi pasti yang dinikmati utamanya adalah keindahan dari warna ikan koi tersebut, dan jika didukung dengan warna kolam atau lingkungannya yang tepat dapat meningkatkan keindahan dari ikan koi kamu. Perpaduan ini sangat penting agar saat kamu melihat kolam ikan koi suasana jadi nyaman.

Dinding dan dasar kolam pakai warna alami

Kolam ikan koi yang dibuat senatural mungkin dengan nuansa alami dapat membuat ikan koi kamu nyaman, dengan adanya batu-batuan didasar kolam. Cobalah memilih cat dinding yang warna hitam seperti warna batu-batuan hitam yang akan kamu masukkan di dasar kolam.

Warna hitam untuk dinding dan dasar kolam ikan koi

Warna hitam adalah warna yang netral, dan sangat cocok untuk menjadi warna kolam ikan koi dikarenakan ikan koi memiliki warna yang cerah, sehingga warna dari ikan koi akan terlihat jelas. Warna hitam ini sangat direkomendasikan karena dapat menampilkan warna ikan koi se maksimal mungkin.

kolam ikan koi warna hitam

Selain itu dengan memilih warna hitam juga dapat membuat kotoran ikan koi juga tidak terlihat, jadi kolam ikan akan terlihat tetap bersih. Meskipun begitu kamu tetap harus memasang filter air.

Kolam ikan koi dengan warna biru

Tak sedikit juga memilih warna dasar kolam ikan koi dengan warna biru, hal ini dimaksudkan agar ada kesan air yang biru. Selain itu juga agar sesuai dengan tema di sekitar kolam ikan koi agar nyambung.

cat kolam ikan koi warna biru

Membuat dasar kolam ikan koi warna biru bisa menggunakan cat, atau juga pakai keramik yang berwarna biru. Sedikit tips dari penulis jika memakai dasar warna biru, carilah ikan koi yang memiliki warna cerah dan cocok dengan perpaduan warna biru.

Selain itu, jangan lupa membuat filter air yang bagus. Karena kolam ikan koi dengan warna biru kotoran didasar kolam bisa terlihat dengan jelas.

Warna hijau agar terlihat alami

Dengan memilih warna hijau akan membuat kolam ikan koi terlihat alami, pilihlah warna hijau gelap. Karena kolam dengan warna hitam atau biru lama kelamaan warnanya akan berubah sedikit hijau, hal ini disebabkan oleh tumbuhnya lumut atau ganggang di dasar dan dinding kolam ikan koi kamu.

kolam ikan koi dengan warna hijau

Jadi jika kamu memilih warna hijau gelap, maka warna kolam ikan kamu tidak akan berubah banyak. Sebenarnya apapun warnanya tidak masalah, yang perlu kamu perhatikan adalah pilihlah warna yang dapat membuat ikan koi kamu nyaman dan juga enak untuk dipandang.

Kolam ikan koi tanpa cat

Tidak menambahkan warna cat di kolam ikan koi juga tidak masalah, dengan memilih untuk tidak menambahkan cat adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin membiarkan lumut tumbuh lebih cepat dikolam ikan koi. Nah kolam yang ditumbuhi lumut memang bagus untuk ikan koi tersebut.

Dinding kolam ikan koi pakai keramik

kolam ikan pakai kerami

Sudah sedikit saya singgung diatas, selain memakai cat kamu juga dapat memakai keramik di dasara dan dinding kolam ikan koi. Dengan memakai keramik kolam ikan kamu akan terlihat lebih bersih tetapi perlu jika didukung oleh filter air yang bagus, untuk warna keramik kamu bisa sesuaikan sendiri sesuai selera masing-masing.

Tetapi warna keramik yang paling banyak digunakan untuk kolam ikan koi adalah warna putih,hitam, biru dan hijau tua.

Tips Mengecat kolam ikan koi

Nah jika kamu baru mau membuat kolam ikan koi dan akan mengecatnya sendiri, berikut ini adalah tipsnya

  1. Pastikan kamu menggunakan cat yang bahan dasarnya air, bukan cat minyak atau yang berbahan thinner.
  2. Pilihkan merk cat yang sudah terbukti kualitasnya, karena ini bersinggungan langsung dengan ikan hidup, pastikan aman catnya.
  3. Tidak lupa untuk memilih cat yang mengandung anti air atau unsur acrylic karena cata akan terendam air terus-menerus.
  4. Sebelum mulai mengecat, pastikan dahulu dinding dan dasar kolam dalam keadaan kering. Dan juga pastikan permukaan yang mau dicat sudah dibersihkan agar cat dapat menempel dengan sempurna.
  5. Dalam proses mengecat pertama tipis saja, dibiarkan kering dan di timpa lagi. Untuk hasil maksimal timpa cat sampai 3 lapisan.
  6. Setelah selesain mengecat biarkan kering, tunggulah 3 hari agar kering dengan seumpurna.
  7. Setelah itu, cobalah di isi air dan pasang filter hingga beberapa hari dan memasikan agar filter air bekerja dengan baik.
  8. Jangan buru-buru untuk mengisikan ikan koi, karena kolam baru dicat, kamu bisa menunggu 1 minggu – 2 minggu agar kolam ikan benar-benar sudah aman untuk di masukkan ikan koi kamu. Karena jika kolam masih berbau cat yang menyengat dalam membuat ikan koi mati.

Nah itulah beberapa tips memilih warna cat kolam ikan koi, serta sudah saya kasih tips cara mengecat kolam ikan koi. Semoga ikan koi kamu akan selalu sehat.

Beri Komentar